Tidak Mual Muntah Saat Hamil Tanda Bahaya? Ini Dia Faktanya

Gejala umum para Moms ketika hamil adalah rasa mual dan muntah yang berbeda-beda. Namun, ada juga yang tidak merasakan gejala mual muntah saat hamil. Menurut Dr. Fitriyana, mual muntah di awal kehamilan adalah kejadian yang lumrah terjadi pada setiap Moms.

Lalu, bagaimana dengan Moms yang tidak merasakannya? Apakah Moms perlu melakukan cek ke dokter? Berikut pemaparannya menurut Dr. Jeffry Kristiawan

Penyebab Mual Muntah Saat Hamil

Mual muntah pada saat hamil dialami hampir sebagian besar para Moms di seluruh dunia. Mual muntah ini  dikenal juga dengan istilah morning sickness. Mengapa kebanyakan Moms mengalaminya?

• Perubahan Hormon Saat Hamil

Pada saat hamil, terdapat perubahan hormon human chorionic gonadotropin (HCG), yaitu hormone yang dMomsat oleh plasenta dan dapat meningkat pada trimester pertama kehamilan. Hormon ini dapat terdeteksi melalui urin pada 1 atau 2 hari setelah proses implantasi.

Perubahan hormon inilah yang menyebabkan Moms menjadi mual muntah. Selain itu gejala morning sickness yang lain adalah pegal, letih, lesu, dan pusing sehingga membuat Moms tidak ingin beraktivitas seharian.

• Kenaikan Asam Lambung

Selain perubahan hormon, mual muntah saat hamil bisa terjadi karena adanya kenaikan asam lambung juga Moms. Moms bisa mengalami mual muntah di pagi hari karena keadaan perut yang kosong sehingga menimbulkan gas dan juga meningkatkan asam lambung.

Hal ini akan lebih parah dialami bagi Moms yang sudah memiliki riwayat penyakit lambung sebelum hamil. Jadi pastikan selalu makan teratur dan jangan diet berlebihan ya, Moms.

Rentang Waktu Mengalami Mual Muntah

Pertanyaan yang sering muncul juga adalah berapa mual dan muntah saat hamil? Jika dilihat secara teori, Moms akan banyak mengalami gejala mual muntah pada trimester pertama kehamilan, yaitu di usia 8 hingga 16 minggu.

Namun ada juga Moms yang mengalami mual muntah saat hamil hingga usia kandungan 4 sampai 5 bulan. Hal ini disebabkan oleh kurang dijaganya asupan gizi dan pola makan yang tidak teratur sehingga menyebabkan asam lambung naik.

Penyebab Tidak Mual dan Muntah Saat Awal Kehamilan

Ternyata, ada juga Moms yang tidak merasakan mual muntah saat awal masa kehamilan. Pada saat melakukan pengecekan ke dokter atau bidan telah dinyatakan positif hamil, namun sama sekali tidak mengalami mual dan muntah. Apakah berbahaya atau ada kelainan?

Setelah diteliti, ternyata hal tersebut wajar terjadi dan bukan pertanda adanya kelainan. Kebanyakan, Moms akan panik karena kondisi yang tidak seperti pada umumnya dirasakan oleh wanita hamil yang lain. Apa penyebabnya?

• Usia Kehamilan yang Masih Dini

Kenaikan hormon HCG terjadi di usia kehamilan delapan minggu atau dua bulan. Biasanya, kehamilan bisa dideteksi pada usia kandungan dua hingga empat minggu sehingga ketika dicek belum merasakan gejala mual muntah.

• Kondisi Tubuh Bisa Beradaptasi dengan Kehamilannya

Bagi Moms yang tidak merasakan gejala mual muntah saat hamil, hal ini bisa disebabkan karena tubuh sudah siap menerima perubahan hormonal saat hamil, sehingga Moms dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

• Kondisi Lambung yang Baik

Mual muntah juga dapat dipicu dari kenaikan asam lambung. Nah, bagi Moms yang tidak merasakannya berarti keadaan lambungnya baik. Moms mungkin saja dapat menjaga pola makan teratur dengan asupan gizi seimbang.

• Tidak Terlalu Sensitif Pada Bau

Pada saat hamil, biasanya Moms lebih sensitif terhadap bau. Karena kadar sensitivitas yang meningkat ini bisa menyebabkan Moms menjadi pusing jika mencium bau, baik yang kurang sedap maupun harum dan bisa menyebabkan mual muntah.

Banyak cerita Moms yang membuang parfum kesayangannya karena tidak tahan dengan baunya yang menyengat. Bahkan yang lebih menarik lagi, ada juga yang tidak mau dekat dengan suami karena bau badan yang dirasa terlalu mengganggu.

Ada beberapa wanita hamil yang tidak terlalu sensitif pada bau dan indera penciuman tidak berubah sehingga tidak mengalami mual muntah saat hamil.

• Masih Menyusui

Banyak juga Moms yang sudah hamil namun masih menyusui anak sebelumnya. Ternyata, posisi nyaman pada saat menyusui bisa mengurangi risiko mual muntah, loh Moms. Tidak jarang hal ini menjadi penyebab Moms menyusui telat sadar jika dirinya hamil lagi.

Hal yang Perlu Diwaspadai Jika Tidak Mual dan Muntah

Walaupun wajar terjadi, namun Moms harus tetap waspada jika tidak mengalami mual dan muntah. Apa saja yang perlu diwaspadai oleh Moms?

Moms yang tidak merasakan mual muntah kemungkinan bisa disebabkan dari kadar hormon yang tidak terlalu tinggi. Padahal peningkatan hormon itu cukup diperlukan dan penting karena hal tersebut sebagai tanda bahwa kehamilannya baik dan kuat.

Tentunya ada risiko yang bisa terjadi, seperti kelahiran prematur, janin keguguran, atau memang ada masalah pada kehamilannya. Sebaiknya, jika mengalami hal seperti ini memang perlu melakukan cek ke dokter agar tidak menjadi masalah serius dan dapat ditangani dengan baik.

Tips yang Perlu Dilakukan Jika Tidak Mual dan Muntah

Pada dasarnya, setiap Moms memiliki kondisi badan yang berbeda dan tidak bisa disamaratakan. Sehingga untuk berbicara apakah kondisi tidak mual saat hamil itu berbahaya atau tidak pun tidak bisa sembarangan.

Bisa saja hal tersebut adalah hal yang patut disyukuri karena bisa makan dengan tenang dan jarang mengalami gangguan saat kehamilan. Namun bisa saja karena kondisi tubuh tertentu menyebabkan hormon HCG kurang mengalami peningkatan.

Hal yang sebaiknya dilakukan oleh Moms jika mengalami hal seperti ini adalah segera periksa ke dokter. Jika dokter mengatakan bahwa tidak ada masalah pada kehamilan, justru sebaiknya harus bersyukur lebih banyak karena bisa menjalani kehamilan dengan tenang.

Namun ketika dokter mengatakan ada sesuatu, maka lebih baik menjaga kondisi tubuh dengan makan teratur, asupan gizi seimbang, melakukan aktivitas olahraga ringan, dan juga tetap berpikir positif. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan ke dokter secara berkala. Lebih baik mencegah, bukan?

Apapun itu keadaannya, baik mual muntah saat hamil ataupun tidak, kedua-duanya perlu disyukuri karena Tuhan sedang memberikan anugerah yang luar biasa terhadap kehidupan keluarga Moms. Tetap jaga dengan baik dan selalu berjuang bagaimanapun keadaannya.

Untuk Moms yang masih bingung dengan produk-produk bagus apa untuk si kecil, terutama botol susu anti kolik, Moms bisa mendapatkan informasinya di website drbrowns.id. Disitu banyak dijual botol susu dengan kualitas bagus dan dijamin aman untuk si kecil, serta bisa mencegah gejala kolik pada bayi.

Jadi, tetap menjadi pribadi yang positif, ya untuk para Moms diluar sana agar bisa menjadi Moms yang bahagia dan bisa melahirkan anak yang sehat, kuat, dan lucu nantinya.

Sumber :

Tanyakan Dokter. 2019, 29 Juni. Mual Saat Hamil Muda – Tanyakan Dokter – dr. Jeffry Kristiawan. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=1U3RuBc95IQ

Tanyakan Dokter. 2020, 17 Maret. Bahayakah Jika Bumil Tidak Merasakan Mual? – Tanyakan Dokter. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=lBV5mg-j9I0

Gue Sehat. 2020, 10 Februari. Apakah Mual Muntah Pertanda Kehamilan Lebih Sehat? – dr. Fitriyana M. Nuryadi, SpOG. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=qLTKxjRYpSk

Nakita Channel. 2020, 16 Agustus. Tidak Mual dan Muntah Saat Hamil Muda Apakah Normal? Tanda Bahaya pada Kehamilan? Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=WXJ8dmUZgyY