Obat Alergi Menyebabkan Kolik?

Obat Alergi Menyebabkan Kolik?

Alergi bisa saja terjadi pada siapapun, termasuk pada ibu menyusui. Penyebab alergi bisa karena berbagai alasan. Untuk meredakan alergi, biasanya dengan minum obat anti alergi. Namun pada ibu menyusui banyak yang mengatakan bahwa obat alergi menyebabkan kolik pada bayi.

Pada saat alergi menyerang memang membuat moms merasa tidak nyaman dengan rasa gatalnya. Hal inilah yang mendorong ibu untuk mengkonsumsi obat anti alergi. Namun benarkah bayi bisa menjadi kolik karena moms mengkonsumsi obat anti alergi ini.

Obat Alergi Menyebabkan Kolik

Untuk mengatasi gejala alergi yang muncul, biasanya dibantu dengan memberikan obat antihistamin. Seperti dilansir dari Web MD ditemukan bahwa, “alergi dapat terjadi ketika tubuh bersentuhan dengan pemicu alergi. Contohnya adalah bulu hewan, serbuk bunga, makanan, atau tungau debu”.

Ketika alergen tersebut sudah masuk ke dalam tubuh, maka akan membentuk zat kimia yang disebut dengan histamin. Akibat yang ditimbulkan dari histamin ini adalah jaringan hidung menjadi bengkak dan tersumbat. Selain itu juga mengalami ruam kulit dan gatal-gatal.

Obat antihistamin ini diperlukan untuk mengurangi histamin dan menghentikan gejala alergi. Namun ketika moms sedang menyusui, tentunya tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat alergi. Hal ini karena berkaitan dengan kandungan zat kimia pada ASI yang bisa saja berpengaruh pada bayi.

Menurut seorang dokter anak bernama Sylvia Romm, M.D., MPH dijelaskan, bahwa ada tiga pertimbangan yang harus moms perhatikan sebelum mengkonsumsi obat. Hal tersebut harus dipastikan aman agar tidak berdampak negatif pada bayi. Apa saja yang harus diketahui?

  • Apa efek samping obat terhadap ibu menyusui?
  • Apa pengaruhnya terhadap bayi?
  • Apakah kandungan obat dapat mempengaruhi tingkat produksi ASI?

Bolehkah ibu menyusui minum obat alergi? Lalu bagaimana juga dengan beberapa pernyataan bahwa obat alergi menyebabkan kolik pada bayi? Obat antihistamin ini memang digunakan untuk mengatasi keluhan alergi. Secara umum, obat ini terbagi menjadi tiga generasi yaitu:

1.Generasi pertama

Antihistamin generasi pertama ini terdiri dari diphenhydramine (Benadryl) serta chlorpheniramine (Chlor Trimeton). Jenis obat ini merupakan obat yang paling tidak disukai karena menyebabkan kelelahan.

2. Generasi kedua

Pada generasi kedua, yang termasuk dalam antihistamin ini antara lain fexofenadine (allegra). Jenis ini lebih sering dikonsumsi karena tidak membuat moms kelelahan, sehingga masih bisa mengasuh si kecil meski sedang mengkonsumsi obat.

3. Generasi Ketiga

Generasi terakhir dalam obat antihistamin adalah loratadine (Claritin). Moms juga masih bisa mengkonsumsi obat ini selama menyusui. Sama dengan generasi kedua, jenis ini juga tidak menyebabkan kelelahan.

Paparan antihistamin dalam jumlah kecil, memang tidak menyebabkan si kecil menjadi rewel maupun kolik pada bayi. Meskipun demikian belum juga terbukti bahwa obat tersebut tidak berbahaya. Akan lebih jelas lagi ketika moms berkonsultasi terlebih dahulu sebelum konsumsi obat antihistamin.

Dikutip dari Collage of Family Physicians of Canada menyebutkan, “antihistamin generasi pertama, dalam jumlah kecil dapat disekresikan dalam ASI”. Sejauh ini tidak ditemukan adanya reaksi yang memerlukan penanganan medis khusus yang serius.

Cara Mengurangi Alergi Secara Alami

Obat antihistamin memang menjadi salah satu cara yang umum digunakan ketika mengalami alergi dan gatal-gatal. Namun sebenarnya moms bisa melakukan pengobatan secara alami tanpa dengan obat kimia. Jika moms mengalami gatal atau alergi, cobalah beberapa cara berikut untuk mengatasinya.

1. Air Dingin

Mandi dengan air dingin atau kompres dingin pada area yang gatal, dapat mengurangi rasa tidak nyaman dan gatal ketika alergi. Kecuali moms memiliki alergi yang dipicu oleh flu, namun hal ini sangat jarang terjadi. 

Air dingin ini dapat bekerja efektif untuk mengecilkan pembuluh darah serta menghalangi pelepasan histamin yang lebih lanjut. Apabila rasa gatal masih terasa, tambahkan oatmeal halus dalam bak air mandi.

Gunakan campuran air tersebut untuk berendam paling tidak selama 10 hingga 15 menit. Apabila sudah dirasa cukup, hati-hatilah ketika keluar dari bak. Campuran oatmeal dan air cukup licin sehingga bisa berisiko jatuh atau terpeleset.

2. Kurangi Stres

Gatal-gatal yang muncul ketika alergi ternyata bisa diatasi dengan mengurangi stres. Ketika moms mengalami stres maka rasa gatal akan semakin buruk. Jadi langkah yang perlu dilakukan adalah meredakan ketegangan karena stres.

Salah satu cara untuk menjinakkan stres ini antara lain, relaksasi progresif atau bisa dengan meditasi, dan juga yoga. Moms bisa bersantai sebentar atau dengan tidur siang. Dalam hal ini tidur menjadi cara terbaik untuk meredakan stres.

Apabila si kecil sedang rewel, mintalah bantuan keluarga untuk membantu menjaganya. Berikan ASI perah menggunakan botol susu anti kolik https://drbrowns.id/products/botol-susu/. Apa saja penyebab kolik ini, bisa moms lihat di

http://drbrowns.id/kolik-pada-bayi-apa-penyebabnya-dan-bagaimana-mengatasinya/.

3. Gunakanlah Pakaian yang Longgar

Pilihlah pakaian yang longgar dan berbahan katun agar rasa gatal dapat mereda. Bahan katun ini cukup dingin serta membantu kulit untuk bernafas. Jangan menggunakan pakaian yang ketat karena akan membuat kulit tertekan dan justru semakin gatal.

4. Bubuk Soda Kue

Cara mengatasi gatal secara alami bisa menggunakan soda kue. Bahan ini telah secara turun temurun diyakini mampu untuk membersihkan kulit dan menenangkan kulit yang gatal. Sifat anti peradangannya efektif dalam mengurangi peradangan karena gatal.

Siapkan cangkir kecil kemudian tambahkan sedikit soda kue dan aduklah hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada bagian yang terasa gatal. Diamkan beberapa saat untuk menghentikan iritasi kulit dan mengurangi gatal.

5. Cuka Sari Apel

Bahan ini mungkin sudah banyak dikenal karena memiliki sifat antihistamin. Cuka sari apel ini mampu untuk meredakan peradangan serta mengatur respon dari sistem kekebalan tubuh. Cukup campurkan 1 sendok suka dengan 1 sendok air hangat dan dioleskan pada bagian yang gatal.

6. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit. Selain itu gel lidah buaya juga bisa mengurangi rasa gatal yang timbul karena alergi. Cukup oleskan gel ini pada bagian tubuh yang terasa gatal. Rasanya yang dingin bersifat menenangkan dan membuat moms lebih nyaman.

7. Ramuan Rempah

Ramuan rempah ternyata cukup efektif dalam meredakan dan mengatasi gatal alergi pada ibu menyusui. Moms cukup merebus satu sendok makan jahe segar, tiga perempat cangkir cuka, dan seperempat cangkir gula merah.

Setelah mendidih, dinginkan beberapa saat. Moms bisa menggunakan ramuan rempah ini dengan cara tuang sedikit ramuan rempah dan campurkan dengan air hangat. Oleskan pada tubuh yang dirasa gatal. Lakukan beberapa hari sekali agar lebih efektif.

8. Minyak Ikan

Moms bisa mengatasi alergi dengan menggunakan minyak ikan. Gunakanlah 1000 mg minyak ikan dalam kapsul dan gunakan tiga kali sehari. Kapsul ini mengandung asam lemak esensial yang bersifat anti inflamasi. 

Alergi memang menjadi sebuah kondisi yang sangat tidak nyaman bagi ibu menyusui. Apalagi ditambah dengan kemungkinan obat alergi menyebabkan kolik, pasti membuat semakin tidak mengenakan. Untuk lebih amannya, moms bisa berkonsultasi pada dokter apakah bisa mengkonsumsi obat alergi tersebut.






5 Tips Memilih Pompa ASI Manual Terbaik 2019
Mengapa Botol Susu Dr. Brown's Direkomendasikan oleh Para Dokter Anak?
fungsi pipa-min
Apa Kegunaan Internal Vent System?
Posted in Uncategorized.