Penyebab dan Tips Atasi Perut Gatal Saat Hamil

Saat sedang mengandung Si Kecil, pastinya Moms merasakan banyak perubahan pada kondisi tubuh. Bahkan tidak jarang perubahan fisik ini menimbulkan efek seperti gatal pada perut. Hal inilah yang membuat Moms harus paham apa saja penyebab dan tips atasi perut gatal saat hamil yang ampuh untuk dilakukan.

Seperti yang kita ketahui bahwa perut Moms akan membesar saat mengandung si kecil sehingga menyebabkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Namun masalah ini merupakan kondisi umum yang banyak dialami oleh ibu hamil lainnya. 

Penyebab Perut Gatal Saat Hamil 

Perlu Moms perhatikan bahwa saat kehamilan menginjak usia minggu ke 13 biasanya akan timbul rasa gatal di bagian perut, paha, kaki, hingga payudara. Untuk mengetahui apa saja penyebab yang membuat rasa gatal ini muncul, berikut penjelasannya.

  • Kondisi Prurigo

Prurigo merupakan masalah kulit pada ibu hamil yang ditandai dengan adanya benjolan kecil seperti gigitan serangga. Benjolan ini akan terasa sangat gatal bahkan menyebabkan luka saat digaruk. Jika Moms merasakan perut gatal saat hamil trimester 2, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh masalah ini.

  • Adanya Masalah ICP

ICP adalah singkatan dari Intrahepatic Cholestasis Pregnancy yang dimana ini merupakan gangguan pada hati yang biasa muncul pada wanita yang sedang mengandung. ICP akan menyebabkan aliran empedu dipengaruhi oleh hormon kehamilan sehingga mengalami peningkatan.

Meskipun begitu, kondisi ini tidak akan menimbulkan masalah berat dan bisa hilang dengan sendirinya asalkan Moms bisa mengatasinya dengan tips atasi perut gatal saat hamil. Moms hanya perlu mengenal gejala yang akan muncul seperti menurunnya nafsu makan, kelelahan, warna urine berubah, dan gatal perut.

  • Perubahan Hormon Pada Tubuh

Selain ICP, perut terasa gatal juga dapat disebabkan karena adanya perubahan hormon pada tubuh. Seperti kasus lainnya, masalah ini juga merupakan hal yang wajar terjadi pada ibu hamil. Saat sedang mengandung hormon estrogen akan meningkat dengan pesat.

Pada kondisi ini akan membuat perut terasa gatal dan juga kering. Namun saat masa kehamilan selesai rasa gatal tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

  • Kulit Meregang

Penyebab perut gatal saat hamil muda yang selanjutnya adalah karena kulit meregang. Seiring dengan bertambah besarnya janin dalam perut, maka perut Moms pun akan ikut membesar dan menyebabkan gatal. Kondisi ini juga membuat kelembaban kulit berkurang dan bagian perut akan semakin kering.

Hal ini sejalan dengan Obgyn yang bersertifikat di Rumah Sakit Winnie Palmer, Christine Greves, MD, menyatakan bahwa semakin besarnya perut maka kulit akan meregang dan menimbulkan gatal serta stretch mark

  • Penggunaan Parfum 

Perlu Moms perhatikan juga dalam menggunakan parfum apakah kandungan didalamnya bisa menyebabkan iritasi pada perut atau tidak. Pasalnya jika Moms menggunakan parfum yang bisa membuat iritasi kulit, hal ini akan meningkatkan risiko perut gatal saat mengandung si Kecil.

  • Kulit Sensitif

Saat sedang hamil biasanya sensitivitas akan meningkat. Jika Moms sering berada di kondisi udara dingin, sering berkeringat, atau hobi renang di kolam yang mengandung klorin hal ini bisa membuat perut gatal saat hamil 4 bulan. Sehingga akan lebih baik jika menghindari beberapa kegiatan sensitif seperti ini. 

Perut gatal yang menghampiri tentunya menjadi masalah yang menimbulkan keluhan bagi para ibu hamil. Untuk mengatasinya, maka Moms harus tahu apa saja tips atasi perut gatal saat hamil seperti yang akan kami bahas selanjutnya. 

7 Tips Atasi Perut Gatal Saat Hamil

Meskipun terbilang masalah umum yang biasa dialami oleh ibu hamil, tetapi perut gatal harus diatasi dengan cara dan tips yang ampuh. Adapun di bawah ini adalah 5 tips yang harus Moms lakukan agar rasa gatal pada perut hilang permanen.

  • Oleskan Pelembab

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa kulit yang gatal dapat disebabkan karena kulit yang kering. Dengan demikian, untuk mengatasinya rajinlah mengoleskan pelembab pada kulit perut. Jangan lupa juga untuk mengoleskan pada bagian sensitif lainnya.

Dengan menggunakan pelembab, hal ini akan membuat perut Moms terasa nyaman dan memberikan sensasi dingin. Pastikan untuk menggunakan pelembab ini secara rutin dan ketahui kandungan yang aman untuk ibu hamil.

  • Oleskan Krim Anti Gatal

Tidak hanya pelembab, Moms juga wajib menggunakan krim anti gatal untuk menghilangkan rasa gatal pada perut. Selain krim, Moms juga bisa menggunakan bedak dingin yang memiliki kandungan anti gatal yang sama ampuhnya untuk menyembuhkan gatal.

Sebelum itu, alangkah lebih baiknya jika berkonsultasi terlebih dulu ke dokter. Hal ini bertujuan agar Moms mendapatkan rekomendasi produk dengan kandungan yang aman digunakan oleh ibu hamil.

  • Pastikan Tubuh Selalu Terhidrasi

Tips atasi perut gatal saat hamil yang paling ampuh adalah dengan menjaga tubuh agar selalu terhidrasi. Bukan tanpa alasan, cairan yang cukup akan membantu kulit tetap terawat sehingga risiko gatal akan semakin rendah.

Moms wajib mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya atau bisa juga menyesuaikan dengan kebutuhan asal jangan kurang cairan. Selain untuk menghindari rasa gatal, minum air mineral juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh bagi ibu hamil.

  • Ganti Parfum dan Deterjen Pakaian

Rasa gatal pada kulit perut dapat disebabkan karena parfum atau deterjen pakaian yang digunakan memiliki kandungan yang menyebabkan iritasi kulit. Oleh karena itu, sebaiknya ganti deterjen atau parfum dengan yang ramah untuk ibu hamil.

  • Mandi Air Hangat

Saat sedang mengandung Si Kecil sebaiknya Moms rutin mandi menggunakan air hangat dibandingkan air dingin. Dengan menggunakan air hangat hal ini akan membuat kulit relax dan rasa gatal pun perlahan hilang. Ingat, jangan gunakan air panas tetapi air hangat.

  • Gunakan Humidifier

Menyalakan AC untuk membuat ruangan segar memang nyaman, tetapi kebiasaan ini malah akan membuat kulit semakin kering dan gatal. Sebagai gantinya, Moms bisa menggunakan humidifier yang lebih aman dibandingkan menggunakan AC.

  • Gunakan Pakaian Longgar

Pakaian yang ketat akan menyebabkan kulit iritasi dan juga gatal karena bergesekan dengan kain. Dengan demikian, pastikan untuk menggunakan pakaian yang lebih longgar karena bisa membantu Moms terhindar dari rasa panas yang mengakibatkan rasa gatal muncul.

Tidak hanya mengetahui apa saja penyebab dan bagaimana tips atasi perut gatal saat hamil, Moms juga harus mempersiapkan kelahiran si Kecil dengan baik bersama Dr. Brown’s yang siap membantu Moms dalam merawat Si Kecil dengan baik.

Salah satu produk unggulannya adalah botol susu anti kolik yang merupakan sebuah produk makanan inovatif untuk mempromosikan kesehatan yang baik dan nutrisi yang optimal untuk si Kecil.

Kolik pada bayi merupakan masalah serius sehingga Moms harus siap sedia menggunakan botol susu yang dapat menurunkan risiko kolik pada Si Kecil. 

Moms juga bisa menjadi bagian dari Dr. Brown’s Parenting Club untuk merawat Si Kecil dengan maksimal. Jadi yuk segera kunjungi website resmi Dr. Brown’s dan siapkan diri untuk menjaga Si Kecil. Jangan lupa juga untuk melakukan tips atasi perut gatal saat hamil diatas agar masalah kulit teratasi dengan cepat. 

 

5 Tips Memilih Pompa ASI Manual Terbaik 2019
Mengapa Botol Susu Dr. Brown's Direkomendasikan oleh Para Dokter Anak?
fungsi pipa-min
Apa Kegunaan Internal Vent System?
Posted in Uncategorized.