Rekomendasi Sayur dan Buah Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi merupakan langkah tepat untuk menunjang perkembangan janin dalam kandungan. Misalnya saja sayur dan buah untuk bumil, kandungan nutrisinya sangat lengkap mulai dari serat, vitamin, mineral, serta zat besi.

Dikutip dari Alina Health, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi sayur dan buah dalam bentuk utuh agar nutrisi yang didapatkan lebih tinggi. Selain itu, hindari konsumsi makanan cepat saji karena kandungan garamnya berlebih dan dapat memicu penumpukan cairan di tubuh.

Daftar Sayuran Apa Saja yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil?

Walaupun sayuran termasuk jenis makanan yang aman dikonsumsi oleh bumil. Namun, ada beberapa kasus mengkonsumsi beberapa jenis sayuran justru menimbulkan rasa tidak nyaman bagi bumil. Adapun jenis sayuran yang tidak boleh dimakan oleh bumil di antaranya adalah:

  • Lalapan yang Tidak Dicuci Bersih

Lalapan merupakan jenis sayuran mentah yang dijadikan pelengkap menu tertentu. Ada baiknya selama hamil Moms menghindari jenis sayuran ini. Karena permukaan sayuran lalapan yang tidak dikupas bahkan tidak dicuci dengan bersih, bisa memicu timbulnya bakteri serta parasit.

Jika Moms ingin tetap mengkonsumsi lalapan, sebaiknya dikupas semua kulitnya dan cuci bersih menggunakan air mengalir. Moms juga bisa mengolahnya menjadi matang agar bakteri dan parasit yang menempel bisa mati.

  • Tauge Mentah

Tauge mentah banyak dijadikan sayuran pelengkap pada beberapa jenis menu makanan seperti soto, gado-gado, dan asinan. Tauge yang masih dalam kondisi mentah mengandung banyak bakteri yang berbahaya bagi janin.

Dikutip dari U.S. Food and Drugs Administration, bumil yang ingin mengkonsumsi tauge sebaiknya mengolahnya sendiri agar tingkat kematangannya lebih terjamin. Tak hanya tauge saja, Moms juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi jenis sayuran lain yang masih dalam kondisi mentah.

  • Pare

Sayuran berwarna hijau ini juga tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Menurut WebMD, ibu hamil yang mengkonsumsi pare akan merasakan beberapa gejala efek samping mulai dari kram, diare, dan sakit perut.

Selain itu, pare juga berpengaruh pada kadar gula dalam darah. Konsumsi pare saat hamil yang dikombinasikan dengan obat diabetes akan membuat gula darah menjadi sangat rendah. Karena itulah, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi pare.

7 Jenis Sayur dan Buah untuk Bumil yang Aman Dikonsumsi

Saat hamil, Moms membutuhkan asupan serat yang cukup untuk mencegah sembelit. Kebutuhan serat bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah dan sayuran dengan takaran yang tepat. Berikut ini adalah daftar buah dan sayuran yang dianjurkan dikonsumsi oleh bumil:

  • Pisang

Buah dengan rasa manis ini sangat aman dikonsumsi oleh bumil. Nutrisi yang terkandung di dalamnya juga lengkap mulai dari kalium, vitamin B6, vitamin C, dan karbohidrat.

Selain itu, pisang juga kaya akan kandungan serat sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Konsumsi pisang setiap hari juga bermanfaat untuk mencegah susah buang air besar yang kerap dialami oleh bumil.

  • Brokoli

Ada banyak jenis sayur dan buah untuk bumil yang juga bermanfaat untuk menjaga kondisi janin agar tetap sehat. Salah satunya adalah brokoli. Sayuran hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti kalium, zat besi, folat, vitamin A, C, dan K, serta serat.

Berdasarkan sumber yang didapat dari All About Women MD, disebutkan bahwa brokoli juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan sistem imun bumil. Tak hanya itu, kandungan serat yang sangat tinggi juga membantu mencegah sembelit selama kehamilan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi brokoli setiap hari bisa meminimalisir risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

  • Bayam

Janin dalam kandungan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya. Karena itu, Moms harus mengkonsumsi sayuran yang sehat dan bergizi seperti bayam yang terkenal memiliki kandungan folat dan zat besi yang cukup tinggi.

Bayam juga mengandung vitamin A, C, dan K yang sangat dibutuhkan oleh janin agar bisa berkembang dengan optimal.

  • Jeruk

Buah-buahan apa yang baik untuk ibu hamil? Salah satunya adalah jeruk. Buah yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi. 

Konsumsi jeruk setiap hari sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh agar kondisi bumil tetap terhidrasi. Kandungan folat dalam jeruk berkhasiat untuk mencegah kerusakan sumsum tulang belakang serta saraf otak pada janin dalam kandungan. 

Buah dengan rasa asam manis ini juga diperkaya oleh vitamin C yang sangat baik untuk memudahkan penyerapan zat besi.

  • Wortel

Wortel memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menangkal bahaya radikal bebas. Selain itu, sayuran berwarna orange ini mengandung beta karoten. Senyawa ini berkhasiat untuk mendukung perkembangan jaringan saraf serta sel pada janin.

Tak hanya itu, wortel juga diperkaya kalsium yang sangat membantu pembentukan tulang dan gigi pada calon buah hati. Konsumsi wortel setiap hari juga dapat meningkatkan sistem kekebalan bumil sehingga kondisi badan tidak gampang sakit.

  • Apel

Dalam satu buah apel, terdapat kandungan prebiotik yang baik untuk asupan bakteri dalam usus. Dengan begitu, sistem pencernaan bumil menjadi lebih sehat. Buah ini juga diperkaya kandungan kalium, vitamin A, vitamin C, dan serat.

Apel juga memiliki kandungan cairan yang cukup banyak sehingga bisa menghidrasi tubuh. Konsumsi apel bisa dengan memakannya secara langsung atau diolah menjadi jus. Jangan lupa cuci bersih apel menggunakan air mengalir agar tidak ada bakteri serta kuman yang menempel pada kulit apel.

  • Tomat

Kondisi hormon yang mengalami peningkatan secara drastis berpengaruh juga pada keadaan kulit bumil. Banyak ibu hamil yang mengalami perubahan pada tubuhnya, termasuk kondisi kulit dan wajah yang tampak kusam.

Untuk mengembalikan kecantikan kulit dan wajah, Moms bisa mengkonsumsi sayur dan buah untuk bumil seperti tomat. Kandungan antioksidan dalam tomat cukup tinggi sehingga bisa membantu merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Selain itu, tomat juga kaya akan kandungan zat besi serta vitamin C. Kedua nutrisi penting ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel pada ibu hamil.

  • Mangga

Banyak ibu hamil yang mengalami fase ngidam dan salah satunya ingin mengkonsumsi mangga. Buah yang memiliki rasa segar ini ternyata banyak memiliki manfaat bagi bumil. Salah satunya merawat sistem pencernaan bumil agar tidak mengalami sembelit.

Mangga juga kaya akan kandungan vitamin A yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun janin dalam kandungan. Asupan vitamin A yang cukup sangat diperlukan oleh calon buah hati agar ketika dilahirkan tidak mengalami masalah komplikasi seperti diare dan infeksi pada saluran pernapasan.

Sembari mengisi waktu luang, Moms bisa memikirkan menu sehat apa saja yang akan dikonsumsi setiap harinya. Selain itu, jangan sampai ketinggalan menyiapkan perlengkapan untuk si Kecil nanti mulai dari baju bayi, popok, hingga botol susu anti kolik.

Jika Moms mencari botol susu yang terbukti aman dan terbuat dari bahan berkualitas serta lembut, maka Dr. Brown’s Natural Flow Bottle menjadi pilihan tepat. Botol susu ini juga bisa mencegah kolik pada bayi. Untuk mengetahui produk lain dari Dr. Brown’s, silakan kunjungi website resmi di sini

8 jenis sayur dan buah untuk bumil sangat aman dikonsumsi setiap hari dan memiliki kandungan nutrisi lengkap. Dengan mengkonsumsi menu makanan yang sehat, tidak hanya berdampak baik bagi kesehatan Moms tetapi juga bisa mendukung perkembangan janin dalam kandungan.

5 Tips Memilih Pompa ASI Manual Terbaik 2019
Mengapa Botol Susu Dr. Brown's Direkomendasikan oleh Para Dokter Anak?
fungsi pipa-min
Apa Kegunaan Internal Vent System?
Posted in Uncategorized.