7 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil

Banyak manfaat mendengarkan musik saat hamil yang bisa dirasakan oleh ibu-ibu saat mengandung. Tidak hanya membantu mengurangi rasa cemas, mendengarkan musik juga menjadikan ibu hamil lebih rileks dan tenang. 

Irama yang terdapat dalam musik dipercaya mampu mempengaruhi pikiran dan suasana hati seseorang yang mendengarkannya. Itu sebabnya ibu hamil yang rentan terkena rasa cemas dan suasana hati yang kurang stabil sangat dianjurkan untuk mendengarkan musik.  

Mitos Seputar Mendengarkan Musik Saat Hamil

Sejauh ini, banyak beredar mitos yang menyatakan bahwa mendengarkan musik semasa kehamilan mampu memberikan pengaruh yang baik untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan. 

Bahkan sebagian orang juga mempercayai bahwa mendengarkan suatu genre musik tertentu bisa meningkatkan kecerdasan Si Kecil. 

Meski demikian, sampai saat ini belum ditemui penelitian para ahli yang menyatakan bahwa mendengarkan musik selama masa kehamilan dapat berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan si kecil. Terlepas dari hal tersebut, mendengarkan musik selama hamil memang memiliki manfaat yang cukup beragam. 

Apa Saja Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil?

Terdapat beberapa manfaat mendengarkan musik saat hamil yang bisa dirasakan, baik itu oleh ibu hamil ataupun oleh si kecil di dalam perut. Berikut ialah beberapa diantaranya:

  • Mampu Mengurangi Stres dan Cemas

Selama mengandung, ibu hamil sangat rentan mengalami stres dan cemas berlebihan, terlebih pada ibu hamil yang baru pertama kali mengandung. Kedua hal ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut ya Moms karena dapat memberikan efek yang kurang baik. 

Stres dan cemas yang terjadi berkelanjutan dapat memicu terjadinya kelahiran prematur dan meningkatkan risiko anak terkena ADHD yang mengganggu perkembangan kognitifnya saat dilahirkan.

Dengan mendengarkan musik, maka stres dan depresi pada ibu hamil bisa berangsur-angsur berkurang. Dalam hal ini, banyak penelitian yang menyatakan bahwa musik dengan irama pelan dan lembut bisa mengurangi stres dan depresi ibu hamil. 

  • Mengatasi Masalah Insomnia

Alunan irama musik yang lembut dan tenang bisa menjadikan tubuh dan pikiran lebih rileks dan tenang. 

Dalam salah satu penelitian juga disebutkan bahwasannya ibu hamil yang telah mendengarkan musik selama 4 minggu berturut-turut, maka kualitas tidurnya akan meningkat dibandingkan ibu hamil yang tidak pernah mendengarkan musik sama sekali. 

Dengan begitu, masalah insomnia atau sulit tidur bisa coba diatasi dengan mendengarkan musik ya Moms. 

  • Membantu Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Efek tenang dan rileks yang muncul setelah mendengarkan musik mampu membantu menjaga tekanan darah ibu hamil tetap stabil. Dengan begitu, efek komplikasi kehamilan akibat tekanan darah seperti Preeklamsia bisa diminimalisir. 

Dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine juga disebutkan bahwa musik dapat berfungsi sebagai media untuk menurunkan tekanan darah ibu hamil yang bisa memicu munculnya Preeklamsia. 

Itu sebabnya, mendengarkan musik saat hamil menjadi suatu hal yang sangat dianjurkan.

  • Membantu Meredakan Nyeri

Disamping berkhasiat untuk membantu menjaga kestabilan tekanan darah, mendengarkan musik saat hamil juga bermanfaat untuk meredakan nyeri yang muncul saat hamil seperti misalnya nyeri perut, nyeri punggung, ataupun sakit kepala. 

Mendengarkan genre musik yang disukai dipercaya mampu menghasilkan hormon Endorphin secara alami yang berkhasiat untuk meredakan rasa sakit dan nyeri. 

  • Menstimulasi Janin

Manfaat mendengarkan musik saat hamil tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil, melainkan juga dirasakan oleh janin di dalam kandungan. Hal ini terjadi ketika usia kandungan telah memasuki trimester ketiga dimana kemampuan mendengar si kecil sudah mulai berkembang. 

Dalam hal ini, banyak ahli yang menyatakan bahwa janin bisa menerima informasi sensoris yang besar kemungkinan nantinya akan diingat pada tingkatan tertentu. Bahkan, janin juga bisa melakukan respon dari suara musik yang didengarkan melalui gerakan ataupun tendangan.

Tidak hanya selama berada dalam kandungan, musik juga bisa memberikan efek relaksasi pada si kecil. Biasanya bayi yang didengarkan musik akan memberikan respon dan reaksi tertentu seperti misalnya berhenti menangis, membuka mata ataupun melakukan gerakan. 

  • Berperan dalam Membentuk Kepribadian

Manfaat mendengarkan musik saat hamil juga dipercaya berperan dalam membentuk kepribadian si kecil sejak masih berada di dalam kandungan. Jenis musik yang didengarkan selama masa kehamilan dinilai berpengaruh dalam pembentukan kepribadian si kecil.

Seperti misalnya genre musik yang lembut dan tenang bisa membantu memunculkan sikap tenang. Berbeda dengan musik keras yang nantinya akan membawa sikap agresif pada si kecil.

  • Mencegah Depresi Pasca Melahirkan

Mendengarkan musik saat hamil juga dipercaya dapat mencegah depresi pasca melahirkan, terlebih jika ibu hamil kerap mendengarkan musik di akhir-akhir kehamilan atau memasuki trimester ketiga. 

Mendengarkan musik semasa kehamilan memang banyak memberikan manfaat, baik untuk ibu hamil sendiri ataupun untuk Si Kecil di dalam perut. Terlepas dari itu, terdapat beberapa hal yang tetap harus diperhatikan ya Moms. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mendengarkan Musik ke Janin

Apakah janin bisa mendengar suara hati ibunya ataupun suara musik dari luar kerap kali dipertanyakan. Tidak jarang janin yang didengarkan musik akan memberikan respon berupa gerakan ataupun tendangan. Dengan hal ini, besar kemungkinan jika janin memang mendengar suara yang didengarkan dari luar.

Namun, hal tersebut belum bisa membuktikan bahwasannya musik yang kerap didengarkan mampu mempengaruhi sistem pendengaran ataupun tingkat kecerdasan ketika si kecil telah dilahirkan. 

Banyak ibu hamil yang berusaha mendengarkan musik kepada si kecil dengan cara menempelkan headphone di perut. Hal ini baik untuk dilakukan selagi masih dalam batasan volume dan durasi yang normal ya Moms. 

Hal tersebut perlu diperhatikan mengingat suara kebisingan dalam waktu yang lama justru akan memicu kelahiran dini atau prematur, gangguan sistem pendengaran saat bayi dilahirkan ataupun berat badan rendah. 

Meski belum terbukti mampu meningkatkan kecerdasan pada si kecil, namun manfaat mendengarkan musik saat hamil yang lainnya tetap bisa diperoleh ya Moms. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan beberapa hal seperti volume dan durasi agar musik yang didengarkan tidak berbahaya.

Mulai Siapkan Perlengkapan Si Kecil

Tidak hanya memperhatikan soal mendengarkan musik untuk si kecil. Dalam usia-usia akhir kehamilan atau trimester ketiga, juga termasuk waktu yang tepat bagi ibu hamil untuk mulai mempersiapkan segala kebutuhan dan perlengkapan penunjang persalinan. 

Berbagai produk unggulan dengan teknologi terbaru kini bisa diperoleh dengan mudah melalui Dr. Brown’s Indonesia. Seperti salah satunya yakni botol susu anti kolik yang telah didesain khusus untuk mencegah munculnya kembung atau kolik pada bayi. 

Selain itu, terdapat pula botol susu khusus yang telah didesain dengan teknologi venting sistem sehingga mampu memberikan pengalaman menyusui layaknya menyusui langsung dari payudara. 

Untuk informasi selengkapnya terkait produk perlengkapan Si Kecil, Moms dapat langsung mengunjungi laman resminya di sini.

5 Tips Memilih Pompa ASI Manual Terbaik 2019
Mengapa Botol Susu Dr. Brown's Direkomendasikan oleh Para Dokter Anak?
fungsi pipa-min
Apa Kegunaan Internal Vent System?
Posted in Uncategorized.