Salah Kaprah Perihal Haid Saat Hamil, Ini Beda Flek Darah Haid dan Hamil

Salah Kaprah Perihal Haid Saat Hamil, Ini Beda Flek Darah Haid dan Hamil

Salah satu tanda kehamilan yang umum terjadi pada setiap wanita adalah terlambat mengalami haid pada saat tanggalnya di siklus menstruasi. Namun, ternyata ada beberapa kasus seorang Ibu mengalami haid saat hamil. Nah, kok bisa?

Menurut Dr. Jeffry Kristiawan, masih banyak orang yang awam mengenai pendarahan di awal masa kehamilan. Banyak yang masih salah paham dengan mengatakan bahwa keluarnya bercak darah itu adalah haid, padahal sebenarnya bukan. Berikut informasi seputar pendarahan di awal masa kehamilan. 

Apa Itu Flek Implantasi?

Suatu proses kehamilan dimana telah terjadi pembuahan antara sel sperma dengan sel telur akan membentuk bakal janin. Bakal janin yang ada dalam saluran tuba akan dibawa ke rahim setelah proses pembuahan. 

Saat awal kehamilan akan terjadi perubahan hormon yang menyebabkan dinding rahim menebal sehingga banyak pembuluh dan juga lapisan darah baru yang dapat memudahkan bakal janin untuk menempel pada dinding rahim atau proses implantasi. 

Lalu mengapa flek implantasi bisa terjadi? Hal ini sebagai akibat dari proses bakal janin yang menempel pada dinding rahim sehingga menyebabkan beberapa bagian darah di dalam rahim menjadi luruh. Jadi inilah yang disebut dengan haid saat hamil.

Perbedaan Flek Saat Haid dan Hamil

Dikutip dari kanal Youtube Tanyakan Dokter, flek saat hamil disebut dengan flek implantasi. Flek ini yang sering disalah artikan oleh beberapa Ibu sebagai flek haid, padahal sebenarnya bukan. Lalu, apa saja perbedaan dari kedua flek tersebut?

  • Dari Kemunculannya 

Dalam siklus menstruasi, biasanya para wanita masuk ke dalam Premenstrual Syndrome (PMS) dua minggu sampai seminggu sebelum haid. Tidak jarang juga wanita yang mengalami flek sebelum haid. 

Flek implantasi biasanya muncul 5 hingga 12 hari setelah pembuahan. Jika mengalami hal tersebut setelah proses pembuahan, maka ada baiknya melakukan tes kehamilan terlebih dahulu untuk memastikan apakah hal tersebut dikarenakan haid atau hamil.

  • Dari Warnanya

Flek yang muncul karena haid biasanya berwarna merah, merah tua, dan pink yang kadang menggumpal kemudian disusul dengan haid. Jika flek terjadi karena implantasi, maka warna bercak darahnya adalah merah kecoklatan dan merah muda dalam jumlah yang lebih sedikit. 

  • Dari Jumlahnya 

Flek atau bercak darah yang diakibatkan dari haid akan muncul sedikit di awal namun setelahnya menjadi banyak. Biasanya kebanyakan wanita mengalami masa menstruasi selama tujuh hari, dimana pada hari pertama sampai ketiga darah yang keluar dalam jumlah yang banyak. 

Sedangkan untuk flek implantasi memiliki jumlah atau volume yang sedikit. Biasanya berupa bercak saja dengan durasi satu hingga dua hari. 

  • Gejala yang Menyertai 

Perbedaan darah saat haid atau hamil dapat diketahui melalui gejalanya, yaitu telat haid, mual muntah, payudara menjadi agak tegang, kram ringan perut, perubahan mood, mudah mengantuk dan juga lelah. Jika terdapat gejala seperti di atas pada saat flek, kemungkinan hamil bisa terjadi. 

Ketika akan haid, banyak wanita juga mengalami kejadian seperti perubahan mood, payudara menegang, dan kram perut dengan intensitas kuat. 

Menurut Dr. Ferry, membedakan kedua hal ini tidak mudah karena dari warna maupun gejala yang dialami hampir serupa. Saran yang diberikan adalah ketika muncul flek sebaiknya menunggu terlebih dahulu sebelum melakukan tes kehamilan selama paling tidak seminggu setelah telat haid.

Jika flek muncul sehari atau dua hari setelah berhubungan, maka dipastikan hal tersebut bukan flek implantasi. Nah, dari sini apakah sudah cukup mengerti mengenai haid saat hamil? Hal yang perlu digaris bawahi adalah mengenai persepsi darah keluar dari vagina yang kerap diartikan sebagai haid. 

Padahal, Moms tidak mungkin haid saat hamil. Menurut Dr. Erfenes Ho dalam kanal Youtube Erfenes Ho, flek implantasi terjadi sebelum minggu keempat pada masa kehamilan. Namun, jika terdapat darah yang keluar pada minggu keempat atau kelima, maka ada kemungkinan mengalami keguguran. 

Kemungkinan Lain Adanya Pendarahan Saat Hamil

Pendarahan yang terjadi pada saat hamil muda disebabkan dari berbagai hal. Walaupun dianggap haid saat hamil namun kenyataannya tidak demikian. Pendarahan yang terjadi pun bisa karena memang lumrah terjadi tapi ada juga sebagai tanda ancaman. 

Kenapa hamil muda keluar darah seperti haid? Menurut Dr. Abi Noya, tidak semua pendarahan yang terjadi pada saat hamil muda disebabkan dari kondisi serius. Namun begitu, Moms tetap harus waspada dan hati-hati, ya. Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan ketika mengalaminya. 

  • Perhatikan Banyak Darah Keluar

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika mengalami pendarahan adalah cek banyaknya darah yang keluar. Darah yang keluar bisa saja hanya sedikit berupa flek atau bercak yang menempel pada pakaian dalam. Ini adalah keadaan yang sudah dibahas secara rinci di atas. 

Selain flek implantasi, darah dapat keluar karena adanya gesekan organ intim pada saat melakukan pembuahan atau juga karena adanya perubahan hormon. Ketiga hal ini pada umumnya tidak berpotensi buruk terhadap Ibu dan juga janin. 

  • Perhatikan Warna Darah 

Warna darah yang keluar juga perlu diperhatikan. Apakah warnanya pink muda, merah terang, merah kecoklatan, atau merah kehitaman.

Apabila jumlah darah yang keluar semakin lama semakin banyak seperti pada saat haid atau malah lebih dari itu, maka Moms wajib untuk waspada. Bisa saja hal ini menandakan bahwa kehamilan Moms sedang ada gangguan. 

Risiko yang dapat terjadi diantaranya adalah kehamilan ektopik (kehamilan diluar kandungan), hamil anggur, atau bahkan keguguran. Selain itu, perlu diperhatikan apakah ada gejala lain yang mengiringinya.

Misalnya seperti kram atau nyeri pada perut bagian bawah, keluarnya jaringan seperti gumpalan daging dari vagina, pusing atau pingsan, dan demam tinggi. Jika mengalami hal tersebut, sebaiknya segera mencari pertolongan pada dokter terdekat. 

Perlunya Kesehatan Fisik dan Mental yang Prima

Dari berbagai hal yang dapat terjadi disebabkan pendarahan yang sering disalah artikan sebagai haid saat hamil maka Moms perlu sangat memperhatikan kondisi kesehatan fisik dan juga mental.

Hal ini bisa didapat dari olahraga teratur, makan bergizi, relaksasi, mendekatkan diri kepada Tuhan, dan mendapatkan dukungan dari orang-orang tercinta. 

Untuk menjaga kesehatan fisik, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan, ya Moms. Karena kondisi setiap Ibu berbeda-beda dan memiliki porsinya masing-masing. Jangan asal olahraga saja yang bisa menyebabkan burnout dan bisa berakibat fatal baik bagi Ibu dan juga calon bayi. 

Dukungan psikis dari suami dan juga orang terdekat juga sangat penting bagi perkembangan kehamilan Ibu karena hal tersebut sangat mempengaruhi mood dan kondisi kesehatan si Ibu, loh. Jadi biasakan untuk selalu berbagi cerita kepada suami tercinta juga, Moms. 

Bagi Moms yang sedang menanti kelahiran si kecil, ada baiknya mulai mencari produk-produk yang bagus dan aman digunakan untuk bayi, khususnya botol susu anti kolik, yaitu botol yang bisa mencegah kolik pada bayi.

Salah satu rekomendasinya adalah produk dari Dr. Brown’s yang memberikan solusi dan memudahkan Moms dalam merawat si kecil. Jadi, tidak ada keadaan haid saat hamil, namun yang terjadi adalah karena adanya perbedaan persepsi dalam memandang pendarahan yang sedang terjadi. Stay positive always, para Ibu hebat!

Sumber :

https://drbrowns.id/

https://www.alodokter.com/tidak-mungkin-mengalami-haid-tapi-hamil

Alodokter. 2018, 16 Desember. Keluar Darah Saat Hamil Muda, Apa yang Harus Dilakukan? Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=oEqCIgtq8Mg

Tanyakan Dokter. 2019, 28 September. Perbedaan Flek Karena Hamil dan Karena Haid – Tanyakan Dokter. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=jLv9luYyl4w

Erfenes Ho. 2020, 30 April. Mens Tapi Hamil Dr. Erfenes Ho. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=Fm3kKutnTo8



5 Tips Memilih Pompa ASI Manual Terbaik 2019
Mengapa Botol Susu Dr. Brown's Direkomendasikan oleh Para Dokter Anak?
fungsi pipa-min
Apa Kegunaan Internal Vent System?
Posted in Uncategorized.