9 Tanda Usia Kehamilan Masuk 6 Minggu

Usia kandungan 6 minggu atau lebih tepatnya 1-2 bulan merupakan kondisi dimana gejala-gejala kehamilan mulai bermunculan. Pada masa ini, kebanyakan wanita hamil pada umumnya akan merasakan berbagai tanda kehamilan. Lantas, apa saja tanda-tanda hamil 6 minggu?

Meski secara fisik, kandungan belum terlalu terlihat, namun ibu hamil mulai merasakan beberapa tanda seperti rasa mual, mudah merasa lelah, dan adanya rasa emosi yang tidak stabil.

Tanda-Tanda Hamil 6 Minggu

Berikut di bawah ini ialah tanda-tanda hamil 6 minggu yang biasa dialami oleh banyak ibu hamil. Tanda hamil dengan PMS memang kadang-kadang terasa sama, tapi sebenarnya berbeda.

Itu sebabnya, beberapa hal di bawah ini penting untuk Moms ketahui sebagai acuan untuk membedakan mengenai tanda kehamilan dan tanda PMS.

• Mudah Merasakan Lelah

Mudah merasa lelah seusai melakukan aktivitas merupakan salah satu fenomena wajar yang kerap dialami oleh ibu hamil 6 minggu atau usia kandungan 1 menginjak 2 bulan. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon kehamilan seperti tingginya kadar progesteron.

Sebagai cara alami untuk mengatasi gejala kehamilan trimester pertama ini, Moms dianjurkan untuk melakukan istirahat dengan cukup dan banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi pemicu rasa lelah.

• Rasa Mual

Pada awal kehamilan, mulai dari usia kandungan 6 minggu sampai dengan akhir trimester pertama, hampir 70% ibu hamil mengalami mual. Kondisi ini dinilai akibat tingginya produksi hormone estrogen dan human chorionic gonadotropin (HCG) dalam tubuh.

Rasa mual biasanya akan terasa lebih serius ketika pagi hari atau kerap juga disebut sebagai morning sickness. Adapun cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala ini ialah menghindari makanan dan minuman pemicu mual.

Selain itu, biasakan makan dalam porsi kecil namun sering serta pastikan waktu istirahat benar-benat tercukupi. Jika beberapa hal tersebut telah dilakukan, namun kondisi belum juga membaik, maka alangkah baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Kondisi tersebut mengandung 2 kemungkinan, yakni adanya komplikasi kehamilan ataupun hamil bayi kembar.

• Payudara Terasa Nyeri

Rasa nyeri pada kedua payudara termasuk salah satu tanda-tanda kehamilan yang biasa dirasakan sejak 6 minggu kehamilan. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan aliran darah ke daerah payudara sehingga menyebabkan adanya rasa nyeri.

Selain itu, terjadinya perubahan dalam tubuh yang menandakan bahwa payudara sedang mempersiapkan diri untuk mulai memproduksi ASI dan menyusui. Itu sebabnya, seiring bertambahnya usia kandungan kemungkinan nyeri akan semakin terasa.

• Sering Buang Air Kecil

Ketika usia kandungan memasuki 6 minggu, maka intensitas buang air kecil pada ibu hamil akan meningkat. Kondisi ini dipicu adanya peningkatan hormon kehamilan yang mengakibatkan munculnya aliran darah ekstra di daerah sekitar panggul.

Kondisi ini termasuk suatu hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Namun, jika terjadi secara terus-menerus disertai rasa nyeri dan sakit maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

• Kembung

Usia kandungan 6 minggu merupakan kondisi dimana hormon progesteron dalam tubuh ibu hamil akan mengalami peningkatan dengan cepat. Kondisi tersebut dapat berakibat pada gangguan pencernaan seperti misalnya banyaknya kandungan gas dalam usus.

• Kram Perut

Kram perut akan terasa semakin serius ketika kandungan menginjak usia 6 minggu. Gejala ini juga bisa dijadikan sebagai indikator pembeda antara hamil normal dengan hamil ektopik. Dalam kandungan normal, kram biasanya muncul dalam waktu singkat dan bisa hilang sendiri.

Sedangkan dalam kehamilan ektopik, rasa kram akan terus muncul dalam durasi yang cukup lama dan membutuhkan penanganan khusus untuk meredakannya.

• Pendarahan Ringan

Selain kram perut, sebagian ibu hamil juga mengalami pendarahan ringan sejak 6 minggu kehamilan. Dalam hal ini, bercak darah yang keluar biasanya berwarna terang dan jumlahnya tidak banyak.

Moms tidak perlu khawatir karena kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya atau tidak membutuhkan penanganan khusus.

• Sembelit

Dalam usia kehamilan muda, ibu hamil masih rentan mengalami sembelit atau kesulitan dalam buang air besar karena feses yang terlalu keras. Kondisi ini tidak lain dipengaruhi hormon yang dapat memperlambat proses kinerja usus untuk menyerap sari-sari makanan.

Ketika mengalami kondisi ini, Moms tidak perlu khawatir karena seiring berjalannya waktu dapat hilang dengan sendirinya. Selain itu, Moms juga bisa mengonsumsi makanan mengandung banyak serat untuk memperlancar pencernaan seperti buah dan sayur.

• Mood Swing

Suasana hati yang tidak menentu dan sulit diprediksi menjadi gejala kehamilan yang banyak dialami oleh ibu hamil. Dalam kondisi ini, ibu hamil bisa merasakan bahagia secara berlebihan ataupun emosi dan cemas yang berlebihan.

Dilansir dari Pregnancy Birth Baby, munculnya perubahan suasana hati oleh ibu hamil merupakan suatu fenomena kehamilan yang sangat wajar. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan hormonal dalam tubuh.

Setelah mengetahui mengenai tanda-tanda hamil 6 minggu, maka penting juga untuk Moms ketahui mengenai kondisi si Kecil dalam kandungan ketika usia kandungan menginjak 6 minggu atau berjalan 2 bulan.

Kondisi Janin Berusia 6 Minggu

Hamil 6 minggu belum memberikan gambaran jelas saat USG dilakukan, namun terdapat beberapa hal yang mulai terlihat seperti:

• Ukuran Janin Sekitar 0,25 inchi

Meski belum terlihat jelas dalam pemeriksaan USG hamil 6 minggu, namun kondisi embrio sudah bisa diperkirakan sebesar 0,25 inci dengan bentuk menyerupai kacang polong ataupun kecebong.

Dalam ukuran tersebut, beberapa organ seperti mata, telinga, hidung, lengan, dan kaki sudah mulai terbentuk.

• Detak Jantung Mulai Terasa

Salah satu hasil penelitian menyebutkan bahwa detak jantung bayi mulai berdetak sejak kehamilan memasuki usia 5 minggu. Namun, pada umumnya upaya deteksi akan dilakukan di akhir trimester pertama melalui ultrasound karena dinilai lebih mudah.

Adapun detak jantung bayi yang normal berkisar antara 110–160 setiap menitnya atau hampir 2 kali lipat kecepatannya dari detak jantung orang dewasa normal.

• Adanya Perkembangan Otot, Tulang, dan Otak

Memasuki usia kehamilan 5-6 minggu, otot, syaraf, tulang dan otak Si Kecil mulai terbentuk. Itu sebabnya waktu ini kerap dinilai sebagai periode penting dalam trimester pertama kehamilan.

Selain mengetahui tanda-tanda hamil 6 minggu beserta beberapa kondisi janin di dalamnya, tidak ada salahnya juga jika Moms mulai mencari tahu informasi terkait perlengkapan dan kebutuhan Si Kecil yang berkualitas dan bermutu tinggi.

Kini, Moms bisa dengan mudah mendapatkan berbagai produk keperluan Si Kecil. Dr. Brown’s menawarkan berbagai produk Si Kecil dengan bahan yang aman dan berkualitas. Produk unggulan yang ditawarkan adalah botol susu anti kolik, yang mana botol susu ini didesain khusus untuk mencegah kolik pada Si Kecil.

Untuk informasi lebih lanjut seputar produk dari Dr. Brown’s, Moms dapat langsung mengunjungi laman resmi di sini.