Sumber Protein yang Baik untuk Ibu Menyusui

Setelah melahirkan, perjuangan Ibu belum selesai. Moms, harus menyusui, memberikan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Oleh karenanya, Moms harus tahu sumber protein yang baik untuk ibu menyusui.  

Mengetahui sumber protein dan nutrisi ASI sangat penting untuk Ibu Menyusui. Tumbuh kembang si kecil banyak dipengaruhi oleh ASI. Maka dari itu, semua masalah atau kendala tentang proses menyusui bisa dihindari jika Moms memiliki wawasan tentang hal-hal penting ini.

Pantangan Ibu Menyusui

Makanan apa saja yang harus dihindari Ibu menyusui? Pasca melahirkan, perjuangan Moms masih berlanjut yaitu menjaga nutrisi makanan yang dikonsumsi untuk menjaga kualitas ASI. Sering terjadi, jika si kecil sakit, sumber utama masalahnya ialah dari ASI, bukan? 

Ada beberapa makanan yang dilarang dikonsumsi. Misalnya seperti alkohol, makanan pedas, minuman yang berkafein, susu sapi dan produk olahan, semuanya berpotensi menimbulkan alergi pada si kecil. Selain itu, coklat juga kurang baik bagi busui karena ada kandungan yang mirip kafein. 

Sumber Protein dan Nutrisi ASI 

Hasil Penelitian dari Saskiyanto M., dan Anto J. Hadi menyebutkan pola makan mempengaruhi terhadap kelancaran prodeksi ASI pada Moms yang sedang menyusui. Ada beberapa sumber protein yang baik untuk ibu menyusui, diantaranya:

  • Buah-buahan

Buah-buahan yang baik untuk pemenuhan gisi dan nutrisi ASI diantaranya:

  •  Alpukat 

Buah alpukat memiliki kandungan yang baik untuk ASI. Ia mengandung lemak sekitar 80% dan bisa membuat perut cepat kenyang. Kandungan buah alpukat terdiri dari vitamin B, Vitamin K, Folat, Potassium, Vitamin C, dan Vitamin E.

  • Jeruk

Moms pasti tahu bahwa kandungan vitamin dari buah jeruk ialah vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Nah, untuk ASI jeruk juga sangat  penting dikonsumsi oleh Moms yang sedang menyusui. 

Mengonsumsi Jeruk, akan melancarkan ASI juga lho. Pada setiap harinya, Moms harus mengonsumsi jeruk sekitar 120 miligram atau setara dengan dua jeruk kecil. 


  • Blueberry 

Protein yang terkandung dalam Blueberry ini sangat baik untuk tubuh. Buah ini juga sebagai pelancar ASI yang baik bagi Moms yang sedang menyusui. Buah Blueberry memiliki kandungan antioksidan paling tinggi dibanding buah lainnya.

Fungsi antioksidan ini sangat baik untuk tubuh bayi. Ia berperan membantu mencegah penyakit masuk ke tubuh bayi. 

  • Pisang

Protein yang baik untuk ibu menyusui berikutnya ada pada buah pisang. Pisang dipercaya sebagai buah pelancar ASI. Untuk Moms yang sedang menyusui, kandungan nutrisi dan vitamin pada pisang berperan membantu sebagai penjaga keseimbangan cairan pada tubuh. 

Kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi dalam setiap hari disarankan 5.100 ml. Namun, perlu Moms ketahui, mengonsumsi pisang jangan sampai berlebihan. Karena harus diseimbangkan dengan kebutuhan nutrisi lainnya.

  • Ara

Moms harus tahu kandungan buah Ara ini kaya akan vitamin dan mineral. Misalnya magnesium, mangan, kalsium, tembaga, kalium, dan zat besi. Adapun vitamin yang terkandung di dalam buah ara ini yaitu vitamin B6 dan Vitamin K. Buah ara juga termasuk buah yang mengandung serat. 

  • Mangga 

Buah Mangga, selain rasanya manis dan sering dikonsumsi untuk rujak atau “lotis”, Mangga juga bagus untuk Moms yang sedang menyusui.  Buah mangga mengandung serat dan kalium yang baik serta berperan sebagai pelancar ASI. 

  • Buah Sawo

Menurut Departemen pertanian Amerika Serikat, kandungan nutrisi dari buah sawo baik untuk ibu menyusui. Moms harus tahu bahwa nutrisi yang terkandung dalam buah sawo ini memiliki kalori yang tinggi. Sehingga bagus untuk pemenuhan energi harian Moms.

  • Buah Kurma

Buah kurma memiliki rasa yang manis. Tidak hanya baik dikonsumsi ketika berpuasa., buah kurma juga baik untuk Moms yang menyusui.

Dalam pernyataan Stanfordhealth.org bahwa, kurma merupakan buah yang baik dikonsumsi, karena berperan sebagai pembantu tubuh menciptakan hormone Prolactin yang berfungsi sebagai hormon pemberi sinyal dalam memproduksi ASI.   

  • Kacang-Kacangan

Moms yang sedang menyusui perlu tahu kandungan kacang. Kacang mengandung Vitamin E, protein, dan omega-3. Kandungan nutrisi ini bagus untuk memperlancar produksi ASI dan menghasilkan ASI yang berkualitas.

Ada beberapa jenis kacang sebagai sumber protein yang baik untuk Ibu Menyusui, diantaranya:

  • Kacang Hijau

Kacang hijau disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena dapat membantu memperlancar ASI. Ia mengandung karbohidrat sebanyak 100 gram. Kacang hijau juga bagus untuk membantu perkembangan otak si kecil. Si kecil menjadi cerdas dan aktif dalam tumbuh kembangnya.

  • Kacang tanah

Kacang tanah disarankan untuk dikonsumsi bagi Moms yang menyusui. Cara mengkonsumsinya bisa dengan direbus atau digoreng. Kandungan nutrisi dari kacang tanah bagus sebagai pelancar ASI.  Kacang tanah memiliki beberapa manfaat.

Manfaatnya yaitu memperlancar ASI, memenuhi kebutuhan kalium, serat dan asam folat. Zat-zat kalium dan asam folat tersebut bagus untuk tumbuh kembang bayi. Jika bayi kekurangan nutrisi pada kacang, kemungkinan efek yang diderita, si kecil akan mengalami malnutrisi. 

  • Kacang Merah

Moms, kacang merah juga bagus untuk dikonsumsi ketika menyusui. Kandungan nutrisi dari kacang merah meliputi protein, asam folat (jenis vitamin B), dan zat besi. 

Untuk tumbuh kembang si kecil, protein sangat dibutuhkan dalam pembentukan DNA pemeliharaan bagian tubuh seperti perkembangan otak, otot, dan tulang si kecil.

Hasil Penelitian dari whfoods.com yang membandingkan perilaku konsumsi antar negara menyebutkan, bahwa penduduk yang mengkonsumsi kacang merah kemungkinan kecil terkena penyakit jantung. Selain untuk kesehatan jantung, kacang merah juga bagus dikonsumsi bagi Moms yang menyusui.  

  • Mete

Mengapa kacang mete bagus dikonsumsi Ibu menyusui? Karena kacang mete mengandung banyak zat baik, diantaranya yaitu kalsium, magnesium, vitamin K dan zat besi. Zat-zat tersebut merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh ibu menyusui agar ASI yang dihasilkan berkualitas.

  • Almond

Kacang almond sering kita temukan dicampuran coklat, bukan? Selain untuk dibuat cemilan biasa, kacang almond bagus dikonsumsi untuk ibu menyusui. ASI menjadi lebih berkualitas karena kandungan nutrisi-nutrisinya. 

Diantara nutrisi yang dimaksud yaitu vitamin E, kalsium, protein, lemak esensial, zat besi, dan zinc. Untuk memperkaya nutrisi ASI, Moms tidak perlu mengonsumsi makanan cepat saji. Kacang almond dapat membantu memperlancar ASI secara alami dengan cara dipanggang atau oven.

  • Edamame

Kacang edamame selain enak untuk dijadikan cemilan, ternyata juga berperan sebagai sumber protein yang baik untuk ibu menyusui. Kacang ini juga bagus untuk pertambahan nutrisi ASI sehingga ASI menjadi lebih berkualitas karena kaya nutrisi.

Kacang edamame mengandung asam folat yang cukup tinggi. Nutrisi-nutrisinya terdiri dari vitamin C, kalsium, magnesium, kalium, antioksidan, dan beta karoten.

Selain memperhatikan protein yang baik untuk Ibu Menyusui, Moms juga perlu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan si kecil, seperti botol susu. Dr. Brown’s Natural flow adalah solusi tepat sebagai salah satu produk botol susu anti kolik untuk si kecil. 

Tumbuh kembang si kecil memang utama, namun hal lain yang harus diperhatikan ialah kesehatan Ibu. Saat Moms mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya protein, ASI akan semakin berkualitas dan Moms semakin sehat. Ibu Sehat, si kecil pun turut sehat.



Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019
Posted in Uncategorized.