Jangan Asal Pilih! Inilah Jenis Susu Sesuai Usia Anak

Tumbuh kembang anak membutuhkan banyak asupan nutrisi penting agar pertumbuhannya dapat optimal. Salah satu caranya adalah dengan memberikan susu pada si kecil. Akan tetapi pemberian susu ini tidak boleh sembarangan. Moms harus tahu tentang jenis susu sesuai usia anak. 

Kenapa harus disesuaikan dengan usia anak? Alasannya adalah masing-masing susu diproduksi dengan bentuk dan takaran nutrisi yang berbeda. Hal tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan pada usia tertentu. Jadi apabila memberikan susu yang tidak sesuai usianya, maka tidak akan optimal kinerjanya.

Jenis Susu Sesuai Usia Anak

Susu apa yang baik untuk balita? Saat ini terdapat banyak sekali produk susu. Seorang ahli nutrisi Emilia E Achmadi, MS, RD mengemukakan bahwa, “ASI menempati urutan teratas susu yang baik dikonsumsi oleh anak. Selanjutnya pilihan susu akan tergantung dari kesiapan pencernaannya”.

  • ASI

Seorang pakar bernama Maria Ulfa, S.Keb., BD berpendapat bahwa, “ASI merupakan susu terbaik bagi bayi, sebab ASI memiliki protein whey. Fungsi dari protein tersebut adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi, sehingga mampu mencegah alergi atau infeksi”.

Kandungan protein whey ini tidak dapat ditemukan pada produk susu yang lainnya. Kelebihan lain dari ASI yaitu kandungan laktosanya. Dari penelitian ditemukan bahwa kandungan laktosa dalam ASI memiliki jumlah yang paling tinggi serta bersifat alami. 

Masih ada juga kandungan lemak esensial yang sangat penting dalam membantu dalam proses tumbuh kembang si kecil. Meskipun termasuk dalam golongan lemak, namun lemak esensial ini lebih mudah diserap oleh pencernaan si kecil.

  • Susu Murni Pasteurasi

Jenis susu sesuai usia anak selanjutnya adalah susu pasteurasi. Susu murni yang diolah dengan cara pasteurasi ini juga baik dikonsumsi oleh anak. Proses pasteurasi susu dilakukan dengan sangat cepat, sehingga zat  gizi yang rusak selama proses tersebut cenderung lebih sedikit.

Komposisi dari susu pasteurasi ini juga terbukti sangat mendekati dengan susu yang diproduksi oleh sapi pada umumnya. Jadi akan cukup aman apabila si kecil mengkonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harinya.

  • Susu UHT

UHT merupakan singkatan dari Ultra High Temperature. Susu UHT ini cukup aman karena tanpa memiliki bahan pengawet, namun mampu untuk bertahan pada suhu ruang yang tinggi. Namun untuk bisa mengkonsumsi susu UHT ini ini lebih disarankan diberikan pada anak berusia 5 tahun ke atas.

Anak yang berusia dibawah 1 tahun memang tidak disarankan untuk minum susu murni termasuk susu UHT. Terdapat perbedaan dari bentuk protein ASI dengan protein yang terdapat dalam susu murni, termasuk kesiapan pencernaan anak yang berbeda.

Emilia E Achmadi, MS, RD mengungkapkan, “cobalah berikan sedikit demi sedikit. Apabila terdapat reaksi seperti perut kembung dan pup cair, maka pencernaan anak belum siap mengkonsumsi susu pasteurasi, namun apabila baik-baik saja maka dapat dilanjutkan

  • Susu Bubuk

Dalam mengkonsumsi susu bubuk, hanya boleh dikonsumsi apabila Moms tidak menemukan susu segar. Alasannya adalah dalam susu bubuk perlu adanya fortifikasi untuk melengkapi kandungan nutrisi susu yang hilang selama proses pengeringan.

Bagaimana dengan kental manis? Dalam hal ini para pakar tidak menyarankan anak-anak mengkonsumsi kental manis. Pada dasarnya kental manis bukanlah masuk dalam kategori susu, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak.

Manfaat dan Kandungan Susu 

Produk susu merupakan salah satu jenis asupan yang banyak dikonsumsi oleh anak-anak di Indonesia. susu juga menjadi sumber kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Lalu apa manfaat susu? Menurut artikel 5 nutritional benefits of milk for kids disebutkan manfaat susu antara lain.

  • Mampu untuk Melawan Penyakit

Anak yang minum susu secara teratur, dapat dikatakan bisa digunakan untuk menjaga tekanan darah serta mengurangi risiko terjadinya stroke di kemudian hari. Termasuk didalamnya adalah segala masalah yang berhubungan dengan jantung.

Susu tersebut juga dapat mengurangi migrain dan menurunkan jumlah kolesterol yang diproduksi oleh tubuh. Kolesterol yang berlebihan dapat menyumbat arteri dan berakibat fatal dalam kehidupan.

Konsumsi susu secara teratur akan mempertahankan bakteri baik dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini akan baik untuk mencegah masuknya kuman, virus, dan bakteri penyebab penyakit.

  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Banyak orang yang telah mengetahui bahwa susu merupakan salah satu sumber kalsium yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan, serta memperkuat tulang dan gigi. Pada masa anak-anak, kebutuhan kalsium ini sangat penting dan harus tercukupi.

Kalsium juga berperan untuk mencegah terjadinya beberapa keluhan yang berhubungan dengan tulang. Contohnya saja risiko osteoporosis, kondisi kelainan tulang akibat kekurangan vitamin D atau juga kalsium. Dengan konsumsi susu, hal tersebut dapat dicegah sedini mungkin.

Seperti dikutip dari drg. Kartini Rustandi, M.Kes yang mengatakan bahwa, “untuk mencapai pertumbuhan tulang dan gigi anak yang baik, maka diperlukan kecukupan kalsium. Sejak anak kecil, biasakan untuk minum susu agar kebutuhan kalsiumnya tercukupi”.

  • Menjaga Kesehatan kulit

Dalam susu terdapat banyak kandungan nutrisi yang bisa membantu kulit agar terlihat lebih sehat dan bercahaya. Salah satunya adalah kandungan asam laktat yang berfungsi sebagai exfoliator atau pengangkat sel kulit yang mati. 

Enzim-enzim yang terkandung didalamnya juga mampu untuk membuat kulit agar terlihat lebih halus. Kandungan asam amino dalam susu mampu untuk membantu menjaga kelembaban kulit agar tidak kering dan tetap terlihat sehat.

Kulit yang sehat juga bisa menjadi indikator kesehatan tubuh. Anak yang memiliki kulit sehat akan cenderung tidak mudah sakit karena terlindungi dari penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh. Selain sehat juga membantu kulit terasa lebih lembab dan tidak kering.

  • Meningkatkan Kekuatan Otot

Susu memiliki kandungan protein yang akan membantu tubuh untuk membangun kembali fungsi dari otot. Anak-anak ketika telah selesai berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya, akan membantu menghindarkan dari rasa nyeri dan sakit.

Protein susu juga dapat menggantikan kembali cairan yang hilang selama anak terus bergerak dan beraktivitas. Minum susu di pagi hari dapat memenuhi kebutuhan protein untuk menjaga kekuatan otot pada anak-anak.

  • Berguna untuk Memacu Energi

Susu juga memiliki kandungan vitamin serta mineral yang dapat memacu energi dalam tubuh. Selain itu juga berguna dalam merevitalisasi tubuh setelah beraktivitas seharian penuh. Minum susu hangat juga dapat membantu mengurangi ketegangan saraf dan menghilangkan stres.

Memberikan susu hangat pada anak-anak atau bayi membantunya untuk terlihat lebih tenang. Pada usia yang lebih kecil, Moms bisa menggunakan botol susu anti kolik dari Dr. Brown’s. Kolik pada bayi berpotensi membuatnya rewel seharian. Penyebab kolik ini seperti yang tertuang dalam http://drbrowns.id/kolik-pada-bayi-apa-penyebabnya-dan-bagaimana-mengatasinya/.

Memberikan susu pada anak adalah pilihan yang tepat untuk tetap menjaga kesehatan dan kebutuhan nutrisi harian. Namun hal yang paling penting adalah Moms memberikan jenis susu sesuai usia anak. Pastikan dengan benar apakah susu tersebut cocok dan sesuai untuk si kecil.






Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019
Posted in Uncategorized.