MPASI First Golden Years

Ketika memasuki masa First Golden Years, maka stimulasi dari ibu dan lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan Si Kecil di masa mendatang. Demikian juga dengan makanan yang diberikan. Untuk itulah dibutuhkan MPASI first golden years sebagai pendukung perkembangan anak.

MPASI yang diberikan pada usia 6-12 bulan ini tidak hanya mengandung gizi yang tinggi, tapi juga wajib terbebas dari kandungan yang membahayakan bayi. Dengan begitu, masa keemasan Si Kecil bisa lebih optimal dan bermanfaat hingga dewasa.

MPASI First Golden Years yang Disarankan Ahli Gizi

Bayi 6 bulan pertama makan apa? Terkait pertanyaan ini, semua ahli kesehatan sepakat bahwa makanan padat yang lunak boleh diberikan bayi ketika memasuki usia 6 bulan.

Adapun MPASI yang diberikan pada bayi minimal harus terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Pernyataan ini diungkapkan langsung oleh dr. Nanggrani Sp.A. sebagai dokter spesialis anak.

Selain itu, ada beberapa asupan lainnya yang masih boleh diberikan pada Si Kecil di usia keemasan nya. Beberapa MPASI yang baik untuk tahun pertama perkembangan bayi adalah:

· Makanan Lembek yang Mengandung Karbohidrat

Pemberian bubur pada bayi sebagai MPASI sudah menjadi hal yang sangat lumrah di masyarakat. Sumber makanan ini bahkan banyak dijual secara instan ataupun diolah secara manual dari rebusan nasi. Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam bubur nasi ini sangat efektif menunjang pertumbuhan anak.

Dilansir dari artikel kesehatan alodokter tinjauan dr. Marianti, ada juga beberapa sumber karbohidrat lainnya yang sangat baik untuk bayi usia 6-12 bulan, yaitu:

  • Kentang
  • Jagung
  • Pasta
  • Beras putih
  • Ubi dan singkong

●Daging yang Dihaluskan

Daging tidak hanya mengandung protein, tapi juga lemak hewani yang dibutuhkan tubuh. Protein bisa membantu membentuk jaringan tubuh dan sumber energi pada bayi. Sementara lemak sangat penting bagi bayi karena berperan menyerap vitamin ke tubuh dan meningkatkan nafsu makan anak.

Inilah alasan mengapa banyak dokter spesialis anak yang lebih mewajibkan lemak sebagai makanan MPASI dan bukan sayur. Untuk mendapatkan lemak, bisa dengan membuat olahan daging yang dihaluskan dan dicampur pada menu MPASI bayi.

●Ikan

MPASI selanjutnya yang sangat baik untuk masa tahun keemasan bayi adalah olahan ikan. Jenis ikan yang disarankan oleh Menteri Kesehatan RI adalah ikan yang kaya protein. Beberapa kandungan ikan sangat baik untuk tumbuh kembang otak bayi seperti Omega 3, 6, zat besi dan masih banyak lagi.

Tapi pastikan untuk memilih ikan yang tingkat merkurinya rendah, sehingga tidak merugikan kesehatan. Jenis-jenis ikan rendah merkuri yang baik diolah sebagai MPASI adalah:

  • Lele
  • Gabus
  • Salmon
  • Tuna
  • Cod
  • Bandeng
  • Gabus
  • Belut
  • Teri
  • Nila
  • Kembung

Meski ikan di atas memiliki kandungan merkuri yang rendah, tapi bayi juga tidak disarankan untuk mengonsumsi ikan secara berlebihan hingga melewati takaran.

●Sayuran dan Buah

Walaupun sayuran dan buah tidak begitu diutamakan dalam MPASI bayi, namun keduanya yang menjadi sumber serat dan vitamin juga wajib diberikan pada anak untuk mendukung asupan gizinya. Selain itu, sayuran dan buah juga baik untuk sistem imun bayi serta menjaga pencernaan agar tetap sehat.

Buah dan sayur yang diberikan setidaknya juga mengandung vitamin A, B, C, K, dan serat. Berikut beberapa jenis sayur dan buah yang sangat disarankan untuk diberikan pada Si Kecil:

  • Pisang
  • Bayam
  • Brokoli
  • Wortel
  • Labu
  • Buncis
  • Ubi-ubian
  • Alpukat

●Yoghurt

Yoghurt ternyata juga sangat baik dijadikan olahan MPASI first golden years untuk tumbuh kembang bayi. Namun, yoghurt lebih disarankan diberikan pada bayi yang telah memasuki usia 8 bulan ke atas. Adapun usia 6-7 bulan sebaiknya jangan diberikan yoghurt dulu mengingat organ pencernaannya belum berkembang.

Pemberian yoghurt sebagai menu MPASI bayi bisa membantu mengatasi semua masalah lambung, mengatasi diare, insomnia, hingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, sebaiknya yoghurt yang diberikan berupa yoghurt khusus bayi yang rasanya lebih tawar dan mengandung lemak.

MPASI First Golden Years yang Harus Dihindari

Selain mengetahui jenis-jenis MPASI yang baik untuk bayi, Moms juga harus mengetahui berbagai jenis olahan yang kurang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil di masa keemasannya.

Menurut dr Allert Benedicto Noya, ada beberapa jenis makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi anak di bawah 1 tahun, yaitu:

● Mengandung Banyak Garam

Makanan yang mengandung banyak garam sangat tidak disarankan untuk bayi di tahun-tahun pertamanya. Ini disebabkan karena ginjal bayi di masa ini masih sangat lemah sehingga tidak mampu mengolah senyawa garam dengan baik.

Jika tetap dipaksakan, bayi berpotensi terkena masalah gangguan pencernaan dan parahnya dapat menyerang organ hati. Contoh makanan tinggi garam yang paling mudah ditemui adalah makanan cepat saji dan jajanan kemasan.

●Pedas

Makanan pedas juga tidak disarankan untuk bayi dengan alasan yang sama dengan makanan asin. Oleh karenanya, beberapa kebiasaan orang tua yang melatih makanan pedas pada anaknya sejak dini sangat tidak disarankan.

●Buah yang Asam

Buah yang asam sangat sensitif dengan lambung bayi yang baru berkembang. Ini bisa menimbulkan sensasi mual dan muntah yang membuat bayi tidak nyaman. Jadi, beberapa jenis buah yang asam seperti anggur, jeruk, dan lemon sebaiknya tidak diberikan pada bayi di rentang usia 6-12 bulan.

●Makanan atau Minuman yang Mengandung Kafein

Selain makanan pedas, beberapa orang tua juga banyak yang melatih anaknya minum kopi atau teh. Padahal dua minuman yang mengandung kafein tersebut bisa menyebabkan bayi mudah sakit kepala serta meningkatkan risiko kekurangan kalsium.

●Sayur dan Buah yang Keras

Tentu saja semua jenis sayuran dan buah yang keras tidak disarankan untuk bayi yang baru memasuki tahap makan MPASI.

Gigi bayi yang belum lengkap akan kesulitan menghaluskan makanan sehingga menelan bentuk makanan yang beras. Akibatnya, bisa tersedak atau bahkan melukai organ pencernaan yang ada di dalam tubuh.

●Kacang

Sama dengan makanan keras lainnya, kacang juga tidak disarankan untuk Si Kecil yang masih dalam rentang usia 6-12 bulan. Alasannya karena kacang sulit dilumatkan dan menyebabkan tersedak.

Meski begitu, kacang sebagai sumber protein nabati tetap bisa diberikan dengan kadar yang cukup setelah dihaluskan terlebih dahulu.

●Madu

Salah kaprah pemberian madu pada bayi baru lahir hingga 1 tahun ini paling sering ditemui. Kebiasaan orang tua zaman dulu ini sebenarnya sangat membahayakan anak di usia keemasan nya. Pasalnya, madu mengandung bakteri yang memicu kelainan botulisme pada anak di bawah 1 tahun.

Hal Lain yang Wajib Diperhatikan Setelah Memberikan MPASI

Banyak orang tua yang hanya fokus memberikan MPASI terbaik untuk bayi namun lupa memperhatikan hal lain yang juga sangat mempengaruhi perkembangan kesehatannya. Salah satu yang paling sering dilupakan adalah menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Dengan alasan sikat gigi masih terlalu keras untuk bayi, akhirnya setelah makan mulut dan giginya dibiarkan begitu saja. Padahal ada alternatif lain yang bisa menjadi solusi mudah membersihkan mulut bayi usia 6-12 bulan, yakni dengan finger toothbrush.

Bahannya yang sangat lembut dan terbuat dari silikon sangat membantu membersihkan sekaligus memijat gusi pada bayi. Untuk mendapatkan finger toothbrush yang benar-benar aman dan berkualitas.

Dr. Brown’s Silicone Finger Toothbrush terbukti ampuh membersihkan kotoran yang menempel pada gigi bayi yang masih sensitif. Desainnya juga sudah disesuaikan dengan bentuk dan ukuran jari orang dewasa sehingga mudah digunakan. 

Bagi Moms yang masih belum mengenal MPASI first golden years, beberapa makanan yang direkomendasikan di atas bisa menjadi inspirasi dalam memilih MPASI. Gizi yang terkandung di dalamnya tentu akan sangat membantu dalam mendukung perkembangan Si Kecil yang lebih sehat hingga di masa mendatang.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019