Konsumsi Jahe untuk Ibu Menyusui yang Aman dan Menyehatkan

Asupan nutrisi yang tinggi tidak hanya dibutuhkan saat hamil saja, namun juga penting saat masa menyusui. Jahe menjadi salah satu sumber nutrisi, manfaat konsumsi jahe untuk ibu menyusui ternyata memang belum banyak diketahui.

Tidak hanya sebagai bumbu penyedap masakan, rupanya jahe memiliki khasiat yang baik untuk ibu menyusui karena di dalamnya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Apakah Jahe Aman untuk Ibu Menyusui?

Kandungan nutrisi yang ada di dalam jahe membuatnya mampu memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan para ibu menyusui, mengkonsumsi jahe bagi ibu menyusui dapat dikatakan aman jika dalam jumlah yang wajar.

Meskipun mengandung nutrisi yang baik untuk Ibu menyusui, bukan berarti dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar. Moms tetap harus menjadi takaran yang tepat sangat mengkonsumsinya.

Berbagai Manfaat Konsumsi Jahe untuk Ibu Menyusui

Menurut Kelly LeVeque yang merupakan seorang ahli gizi dan penulis buku berjudul Body Love di Los Angeles, menyatakan bahwa telah banyak peneliti yang menemukan berbagai macam manfaat jahe, salah satunya dapat menekan nafsu makan.

Sehingga, manfaat mengkonsumsi jahe juga baik untuk orang yang ingin mengatur berat badannya menjadi lebih ideal. Tidak hanya itu menurut penelitian jahe juga berguna sebagai anti inflamasi dan juga antioksidan,yang mampu menangkal berbagai penyakit di dalam tubuh.

Moms perlu tahu bahwa di dalam jahe mengandung berbagai nutrisi yang di antaranya adalah serat, karbohidrat, protein, sedikit lemak, gula, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, asam folat, zat besi, kalium, magnesium, zinc, dan fosfor.

Tidak hanya itu, di dalam jahe juga terdapat gingerol yang merupakan sebuah senyawa bioaktif yang bertindak sebagai antioksidan dan anti inflamasi yang kuat.

Manfaat konsumsi jahe untuk ibu menyusui juga beragam, tidak heran jika banyak orang tua jaman dulu menyarankan mengkonsumsi jahe saat menyusui.

  • Meningkatkan Produksi ASI

Menurut sebuah penelitian menemukan bahwa dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dapat membantu meningkatkan pasokan air susu pada ibu menyusui.Manfaat konsumsi jahe untuk ibu menyusui dapat dirasakan setelah Moms melewati masa awal postpartum.

Menurut Hilary Jacobson seorang ahli laktasi mengungkapkan bahwa ibu yang mengalami pendarahan hebat saat melahirkan, tidak diperbolehkan mengkonsumsi jahe di awal-awal setelah melahirkan karena dapat berisiko meningkatkan pendarahan.

Tapi setelah melewati masa awal postpartum dan kondisi pasca melahirkan sudah jauh membaik, baru diperbolehkan mengkonsumsi jahe.

  • Membantu Meredakan Stres

Ada banyak wanita yang mengalami baby blues setelah melahirkan si kecil, kondisi yang menyerang mental ibu pasca melahirkan ini biasanya dipicu karena rasa stres yang tidak kunjung tertangani.

Salah satu manfaat mengkonsumsi jahe untuk ibu menyusui yaitu dapat membantu meredakan stres, biasanya ibu muda yang baru melahirkan anak pertama akan lebih rentan mengalami stres karena belum terbiasa dengan kehidupan barunya. 

Dengan mengonsumsi secangkir jahe hangat secara rutin, akan membantu terhindar dari rasa stres dan membuat pikiran lebih menjadi lebih rileks dan keterangan pikiran dapat terhindar.

Aroma rasa jahe yang menghangatkan ditambah lagi khasiatnya yang bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh membuat jahe dapat dimanfaatkan sebagai obat alami penghilang rasa stres yang efektif.

  • Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidak hanya bermanfaat sebagai pelancar ASI dan pereda rasa stres, mengkonsumsi jahe juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh.

Ibu menyusui harus menjaga kondisi kesehatannya dengan baik agar tidak terserang penyakit, yang secara tidak langsung dapat berdampak kepada si kecil.

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam jahe menjadikannya mampu melindungi tubuh dari serangan berbagai virus dan bakteri pembawa penyakit yang dapat mengancam kesehatan ibu dan si kecil.

  • Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah di Dalam Tubuh

Mengonsumsi secangkir jahe hangat juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, itu berkat kandungan mineral penting, vitamin, dan asam amino yang terkandung di dalamnya.

Ketika aliran darah di dalam tubuh ibu menyusui berjalan dengan lancar, maka organ jantung pun akan bekerja dengan optimal. Dengan begitu risiko terserang penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke pada ibu menyusui akan lebih rendah.

  • Membantu Mengatasi Gangguan Pernapasan

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa jahe mengandung senyawa yang bersifat sebagai anti peradangan dan antioksidan. Sehingga memungkinkan orang yang mengkonsumsi jahe terhindar dari gangguan kesehatan, yang membuat tubuh mengalami peradangan pada saluran pernapasan.

Ibu menyusui mengalami pilek disarankan untuk mengonsumsi secangkir jahe hangat untuk membantu mengatasi pilek tersebut. Selain itu mengkonsumsi jahe secara rutin dalam jumlah yang wajar juga dapat mencegah penyakit gangguan pernapasan dan mencegah alergi.

  • Membantu Mengurangi Peradangan

Sifat anti peradangan yang dimiliki oleh jahe memungkinkan membantu mengatasi rasa nyeri sendi dan nyeri otot yang parah pada ibu menyusui yang diakibatkan oleh aktivitas yang padat saat mengurus si kecil.

Mengonsumsi secangkir jahe hangat secara rutin dapat membantu Moms terhindar dari rasa nyeri otot dan nyeri sendi yang membuat tubuh terasa tidak nyaman. 

  • Membantu Meringankan Gangguan Pencernaan

Kebanyakan ibu menyusui kerap kali mengalami gangguan pencernaan yang cukup mengganggu, seperti perut kembung, susah buang air besar, dan gangguan pencernaan lainnya.

Sebagai obat alami, secangkir jahe hangat akan membantu Moms mengatasi masalah gangguan pencernaan yang membuat perut terasa tidak nyaman.

Jahe hangat mampu membantu meningkatkan kinerja pencernaan dan meningkatkan organ tubuh dalam menyerap nutrisi makanan dengan lebih optimal.

  • Membantu Meredakan Rasa Mual

Rasa mual tidak hanya muncul ketika Moms sedang mengandung, saat di masa menyusui kebanyakan wanita juga mengalami rasa mual yang parah, jahe dapat dijadikan obat alami untuk mengatasinya.

Kandungan yang ada di dalamnya mampu meredakan dan mencegah rasa mual dan muntah saat pagi hari, tidak hanya itu aroma dari secangkir jahe hangat juga dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Manfaat konsumsi jahe untuk ibu menyusui satu ini membuat jahe disarankan untuk dikonsumsi di pagi hari untuk mencegah munculnya rasa mual dan muntah yang berlebihan.

Kendala Saat Menyusui

Berbicara tentang ibu menyusui, Moms pasti sering mengalami kendala saat menyusui si kecil. Salah satunya yaitu kolik pada bayi yang kerap terjadi walaupun si kecil mendapatkan ASI yang cukup.

Kolik sebenarnya bukan penyakit dan tidak berbahaya, biasanya ditandai dengan si kecil menangis secara terus menerus selama berjam-jam tanpa sebab yang cukup membuat orang tua merasa khawatir dan stres.

Oleh karena itu, Moms perlu mencegahnya dengan menggunakan botol susu anti kolik dari Dr. Brown’s yang didesain khusus menggunakan teknologi Internal Vent System.

​Botol susu dari Dr. Brown’s mampu memisahkan udara dan cairan sehingga si kecil tidak menelan udara saat minum melalui botol susu ini dengan begitu akan meminimalisir risiko si kecil mengalami kolik, kembung dan masuk angin.

Kolik bisa terjadi karena si kecil menelan banyak udara saat minum susu melalui botol, ketika menelan terlalu banyak udara perutnya akan terasa tidak nyaman karena kembung meskipun sudah disendawakan.

Setelah membahas manfaat konsumsi jahe untuk ibu menyusui di pembahasan sebelumnya, Moms dapat mengetahui khasiat jahe yang sangat baik dikonsumsi saat dalam masa menyusui si kecil. 

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019
Posted in Uncategorized.