Berbagai Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Menyusui dan Ibu Hamil

Siapa yang menyangka ternyata minyak kelapa bisa bermanfaat untuk ibu menyusui. Salah satu manfaat minyak kelapa untuk ibu menyusui yaitu untuk memperlancar proses memompa ASI. Selain itu, bisa juga membantu meredakan rasa sakit pada payudara. 

Lebih dari itu, minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk si kecil. Misalnya untuk dioleskan pada tubuh dan rambut. Bukan rahasia umum lagi, bahwa minyak kelapa mengandung antioksidan dan vitamin E yang baik untuk tubuh.

Apa Manfaat Minyak Kelapa?

Menurut informasi yang bersumber dari Up Spring Baby, terdapat beragam manfaat minyak kelapa untuk ibu menyusui yang bisa Moms coba di rumah.

Tidak hanya bermanfaat untuk ibu menyusui, ternyata minyak kelapa juga baik untuk ibu hamil. Menurut Journal of The American College of Nutrition virgin coconut oil (VCO) merupakan minyak nabati yang diperoleh dengan mengekstraksi daging buah kelapa yang matang.

Nah, berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa untuk ibu menyusui dan ibu hamil yang harus Moms ketahui:

  • Sebagai Bahan Alami untuk Merawat Kulit

Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan lemak jenuh yang bermanfaat untuk membantu mempertahankan kelembaban kulit. Minyak kelapa dapat menjadi pelembab kulit alami yang tidak berisiko membuat kulit mengalami iritasi, aromanya pun harum dan menenangkan.

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pengganti produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia yang keras dan membahayakan ibu hamil dan menyusui. Seperti yang banyak diketahui, ibu hamil dan menyusui tidak boleh sembarangan menggunakan produk perawatan kulit.

Sebagai alternatifnya, Moms bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak ini bisa digunakan sebagai penghapus make up. Caranya, tuangkan sedikit minyak kelapa di atas kapas lalu gunakan untuk menyeka make up pada wajah dengan gerakan perlahan-lahan.

Setelah itu, bilas hingga bersih agar sisa minyak kelapa yang menempel di wajah terangkat dan tidak menimbulkan minyak berlebih dan jerawat. Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai pelembab alami tubuh, Moms bisa mengoleskan minyak ke bagian tubuh yang kering dan membutuhkan kelembaban ekstra.

  • Mempermudah Proses Menyusui

Setelah bayi lahir terkadang banyak wanita merasa kesakitan saat pertama kali menyusui si kecil, untuk itu ibu hamil dan menyusui perlu menyediakan minyak kelapa. Menurut pemaparan Dr. Thomas Hale, minyak kelapa bersifat alami dan hampir tidak mengandung senyawa alergenik.

Sehingga membuatnya aman dioleskan ke payudara saat menyusui si kecil. Minyak kelapa juga dapat membantu menenangkan dan memperbaiki puting payudara, yang terasa sakit dan pecah-pecah. Caranya, cukup dioleskan secara langsung ke puting payudara.

  • Mencegah dan Membantu Memudarkan Stretch Mark

Setiap kali Moms hamil, bagian di sekitar perut akan mengalami peregangan yang mengakibatkan rasa gatal. Ketika rasa gatal tersebut digaruk akan meninggalkan bekas stretch mark di bagian perut. 

Untuk mencegahnya Moms bisa menggunakan minyak kelapa dengan cara dioleskan ke bagian sekitar perut secara merata.

Tentunya, manfaat minyak kelapa untuk ibu menyusui satu ini sangat berguna dalam membantu mencegah hingga membantu memudarkan stretch mark.  Menurut para ahli, minyak kelapa dapat menembus ke lapisan kulit sehingga memungkinkannya untuk merawat kulit lebih intensif.

  • Membantu Mengatasi Ruam pada Si Kecil

Pasti Moms sering mendapati si kecil mengalami ruam di bagian pantatnya. Kondisi ini biasanya terjadi karena iritasi akibat pemakaian popok. Ruam popok dapat dicegah dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa ke bagian pantat setelah dibersihkan.

Jangan terburu-buru memakaikan popok kepada si kecil tapi tunggu hingga minyak kelapa tersebut mengering dengan sendirinya. Lakukan secara rutin dan teratur agar si kecil terhindar dari iritasi dan ruam akibat penggunaan popok.

Manfaat minyak kelapa satu ini terjadi karena minyak kelapa mengandung anti bakteri, anti mikroba, anti jamur, dan anti virus. Kandungan tersebut mampu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah ruam pada si kecil. 

Kandungan asam laurat yang ada di dalam minyak kelapa juga ditemukan di ASI. Kandungan tersebut juga menjadi pengobatan yang ampuh untuk mengatasi masalah bakteri dan jamur.

  • Bisa Dijadikan sebagai Suplemen Kesehatan

Minyak kelapa ternyata mengandung lemak sehat yang berguna untuk tubuh, terutama ibu hamil dan menyusui. Sehingga dapat dijadikan sebagai suplemen, karena manfaat minyak kelapa untuk ibu menyusui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kualitas produksi ASI.

Dengan mengonsumsi dua sendok makan minyak kelapa setiap hari secara rutin, dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Moms akan terhindar dari serangan flu, pilek, dan gangguan kesehatan lainnya yang dapat menghambat proses menyusui si kecil. Gejala ini tentu bisa saja muncul pada si kecil juga.

  • Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Minyak kelapa juga berguna untuk membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh ibu hamil dan menyusui. Berkat kandungan elektrolit di dalam minyak kelapa yang cukup tinggi, membuatnya mampu mencegah nyeri kaki yang biasanya dialami para wanita.

  • Mencegah Keguguran pada Ibu Hamil

Di dalam kandungan minyak kelapa terdapat senyawa yang bersifat sebagai anti virus dan anti bakteri yang ampuh melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. 

Dengan mengkonsumsi minyak kelapa secara rutin selama masa kehamilan, dapat membantu mengurangi risiko terjadinya keguguran yang disebabkan virus penyakit. Minyak kelapa dapat dijadikan sebagai perlindungan alami untuk menjaga janin tetap sehat.

Menjaga Kesehatan Si Kecil

Apakah Moms pernah mendapati si kecil terus-menerus menangis hingga berjam-jam tanpa sebab yang pasti? Kondisi tersebut disebut dengan istilah kolik, kolik pada bayi dapat terjadi meskipun si kecil dalam keadaan sehat dan cukup asupan ASI. Moms harus waspada terhadap situasi ini.

Meskipun kondisi bayi yang mengalami kolik cukup mengkhawatirkan, Moms tidak perlu merasa was-was karena kolik bukan penyakit dan tidak berbahaya.

Kolik pada si kecil dapat disebabkan karena perut si kecil mengandung banyak udara yang membuatnya merasa tidak nyaman dan menjadi lebih rewel dari biasanya. Hal ini perlu dicegah agar si kecil tidak terus-menerus menangis sepanjang waktu.

Salah satu cara mengatasi kolik pada si kecil yaitu dengan menggunakan botol susu anti kolik, botol susu dari Dr. Brown’s sudah didesain khusus untuk gejala kolik ini. Dengan menggunakan inovasi Internal Vent System yang mampu memisahkan udara dengan cairan.

Sehingga memungkinkan di kecil tidak menelan udara saat minum susu dengan begitu risiko si kecil mengalami kolik pun dapat dihindari.

Beberapa varian botol susu dari Dr. Brown’s yang direkomendasikan untuk si kecil adalah Dr. Brown’s Polyethersulfone (PESU) dan Dr. Brown’s Polyphenylsulfone (PPSU) karena memiliki kelebihan lebih kokoh dan ringan.

Varian tersebut dapat menahan panas hingga 190℃ hingga 200℃ dan dapat digunakan dalam jangka panjang yakni selama 2 tahun.

Kembali ke pembahasan sebelumnya mengenai apa saja manfaat minyak kelapa untuk ibu menyusui? Telah dijelaskan di atas bahwa beragam manfaat tersebut bisa Moms dapatkan dengan minyak kelapa murni tanpa campuran yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019
Posted in Uncategorized.