Manfaat Mengkonsumsi Madu untuk Ibu Menyusui

Banyak orang yang belum tahu apa saja manfaat mengkonsumsi madu. Madu memiliki kandungan yang bisa menyehatkan tubuh terutama untuk ibu menyusui. Bagi Moms yang masih menyusui tentu harus rutin mengkonsumsi madu agar moms dan si kecil tetap sehat.  

Sejak dulu madu memang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu-ibu menyusui. Bagi ibu yang sedang hamil juga boleh mengkonsumsi madu untuk memudahkan proses melahirkan. Di bawah ini ada beberapa manfaat jika madu dikonsumsi oleh ibu-ibu menyusui.

Manfaat Mengkonsumsi Madu untuk Ibu Menyusui

Alasan mengapa madu harus dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah karena banyak manfaat di dalamnya. Berikut beberapa manfaat madu untuk kesehatan Moms dan si kecil:

  • Madu Sebagai Pemanis Alami

Alasan pertama adalah madu merupakan pemanis alami yang dapat menyehatkan tubuh. Di dalam madu dinilai memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan pemanis lainnya. Kadar glikemik yang rendah tentu dapat digunakan untuk mengontrol kenaikan gula darah dalam tubuh.

Karena glikemiknya rendah maka madu bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui secara rutin. Moms dapat mengkonsumsi madu dengan campuran jeruk nipis agar khasiatnya lebih terasa. 

  • Mencegah Terjadinya Penyakit

Beberapa penyakit bisa dicegah dengan rajin mengkonsumsi madu. Contoh penyakitnya adalah kolitis, flu, pilek dan sakit tenggorokan. Jika si kecil sakit batuk, cobalah untuk memberikannya madu untuk meredakan rasa gatal di tenggorokan.

Jika Moms merasa tidak enak badan, disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat sembarang. Hal tersebut ternyata dapat membahayakan si kecil. Karena itu alternatif yang bisa dikonsumsi adalah madu. 

  • Menjaga Kebugaran Tubuh

Manfaat mengkonsumsi madu yang berikutnya adalah untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Di dalam madu terdapat beberapa kandungan penting seperti vitamin C, kalsium, folat, zat besi dan vitamin B. Semua kandungan itu yang akan menjaga kebugaran tubuh Moms.

  • Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat madu yang berikutnya adalah dapat meningkatkan stamina tubuh. Stamina yang kuat juga berpengaruh terhadap pemberian ASI si kecil. Selain itu madu dinilai juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Moms dan si kecil.

  • Mengurangi Rasa Lelah

Manfaat madu yang berikutnya adalah untuk mengurangi rasa lelah untuk ibu menyusui. Tentu tidak hanya mengkonsumsi madu saja akan tetapi Moms bisa mencampurnya dengan air jahe. Jika tidak suka air jahe, cobalah untuk mencampurnya dengan kayu manis dan teh hangat.

Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata ada manfaat lain dari madu selain untuk ibu menyusui juga untuk kesehatan tubuh. Selama berabad-abad lamanya madu yang terkenal sebagai cairan manis ini sering digunakan untuk mengatasi penyakit dan dinilai ampuh. Beberapa manfaat madu yang cocok untuk kesehatan adalah:

  • Mengatasi Terjadinya Peningkatan Kadar Gula 

Manfaat mengkonsumsi madu untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Madu merupakan cairan manis yang rendah glikemik sehingga cocok dikonsumsi oleh siapa saja. 

Menurut Irian Journal of Basic Medical Science yang telah melakukan penelitian pada tahun 2013 mengatakan bahwa sejak 8 ribu tahun lalu, madu sudah digunakan. Sampai saat ini madu dinilai ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak terserang penyakit.

  • Mengatasi Penyakit Batuk

Manfaat madu yang berikutnya adalah untuk mengatasi penyakit batuk. Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 menjelaskan bahwa dua sendok madu ampuh untuk mengatasi batuk. Hasil penelitian itu kemudian diterbitkan pada Journal Pediatric. 

Ada juga penelitian lain yang menjelaskan bahwa madu akan membantu si kecil agar bisa tidur nyenyak di malam hari. Hal tersebut sudah diteliti dengan mengambil sampel 139 anak. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah walaupun untuk kesehatan, madu dilarang dikonsumsi oleh anak di bawah 1 tahun.

Penelitian dari Israel dan Italia juga mengatakan hal yang sama bahwa madu dapat meredakan batuk dan membuat anak bisa tidur. Walaupun pada penelitian kali ini menggunakan jenis madu yang berbeda.

  • Menjaga Kualitas Tidur

Manfaat yang berikutnya adalah dapat menjaga kualitas tidur Moms dan si kecil. Madu cocok dikonsumsi oleh orang yang mengalami insomnia NDTV Food menjelaskan bahwa madu akan melepas hormon serotonin.

Hormon serotonin sendiri akan berubah menjadi melatonin yang dapat menjaga kualitas tidur. Cara mengkonsumsinya tinggal menambahkan satu sendok madu saja ke dalam teh hangat lalu diminum. Selain teh Moms juga bisa menambahkan dengan susu hangat.

  • Menurunkan Kadar Tekanan Darah

Manfaat mengkonsumsi madu yang berikutnya adalah menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Dalam sebuah studi dijelaskan bahwa dengan mengkonsumsi madu secara rutin akan membantu mengontrol kadar kolesterol. 

Madu akan meningkatkan kolesterol baik dan dalam waktu bersamaan mengurangi kadar kolesterol jahat. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara madu dengan gula pasir. Hasilnya adalah madu dapat mengurangi kadar kolesterol dari 55 orang sampel.

Madu untuk Memperbanyak ASI

Madu memang direkomendasikan untuk ibu-ibu menyusui karena selain dapat memperbanyak jumlah ASI, juga bisa untuk memulihkan rahim setelah melahirkan. Selain itu madu akan menambah kebugaran dan stamina ibu dan si kecil. Beberapa merk madu yang direkomendasikan untuk ibu menyusui:

  • Madu Hutan

Jenis madu untuk ibu menyusui yang pertama adalah madu hutan. Apabila madu ini dikonsumsi secara rutin maka akan dapat menguatkan kandungan sehingga mengurangi rasa mual. Madu ini juga cocok untuk mencukupi nutrisi setelah melahirkan.

  • Madu dari Tumbuhan Clover

Madu tumbuhan clover adalah jenis madu kedua yang juga harus Moms coba. Selain bermanfaat untuk pasca melahirkan, madu jenis ini juga dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Di dalamnya tidak ada tambahan pemanis seperti gula jadi aman untuk diminum.

  • Madu untuk Menyuburkan Kandungan

Jenis madu terakhir adalah subur kandungan yang mencegah terjadinya kemandulan. Selain itu madu suka juga cocok untuk menjaga kesuburan pada wanita. Saat hamil, Moms juga bisa minum madu suka agar janin di dalamnya tetap terjaga.

Manfaat Campuran Madu dan Jeruk Nipis

Agar khasiatnya semakin bertambah Moms bisa menambahkan madu dengan perasan jeruk nipis. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga agar tidak terkena dehidrasi. Jika dehidrasi dapat diatasi maka produksi ASI juga semakin lancar. 

Adapun aturan minum madu untuk ibu menyusui yang benar adalah jangan memberikan madu langsung kepada anak apabila usianya masih di bawah satu tahun. Jadi hanya Moms yang boleh mengonsumsinya langsung. 

Hal ini dikarenakan sistem imun bayi masih belum baik dan terbatas. Karena itu jika langsung diberikan kepada bayi maka akan berbahaya untuk kesehatannya.

Pemberian Susu pada Bayi

Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi ibu menyusui, Moms juga harus memperhatikan pemberian susu pada bayi. Sering kali terjadi kolik pada bayi saat minum susu dan hal itu dikarenakan botolnya tidak tepat. 

Untuk menghindari bayi agar tidak tersedak Moms bisa membeli botol susu anti kolik di Dr. Brown’s. Produk yang dijual sudah dirancang khusus oleh ahlinya dan digunakan di Rumah Sakit Nicu. Moms bisa langsung membelinya lewat situs resmi drbrowns.id

Kini Moms sudah tahu bagaimana caranya dan manfaat mengkonsumsi madu. Selain itu Moms juga harus memperhatikan aturan saat minum madu yang tidak boleh diberikan langsung kepada si kecil.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019
Posted in Uncategorized.