6 Cara Mencerahkan Puting Payudara Gelap pada Ibu Menyusui

Puting payudara yang berubah menjadi gelap tentunya akan memicu timbulnya rasa tidak percaya diri bagi sebagian wanita. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan membahas tentang cara mencerahkan puting payudara dengan bahan alami yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar. 

Perlu diketahui sebelumnya bahwa puting susu yang berubah warna dipengaruhi oleh Areola yang ada disekitar puting. Penyebabnya bisa karena perubahan hormonal, mengkonsumsi pil KB atau penyakit tertentu.

Cara Terbaik Mencerahkan Puting Payudara

Cara mudah mencerahkan puting payudara bisa dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini:

  • Menggunakan Lulur Almond dan Susu

Almond dan susu banyak mengandung vitamin E serta mineral yang dapat membuat kulit disekitar payudara lebih bercahaya. Oleh sebab itu para ibu menyusui bisa menerapkannya di rumah sebagai metode mudah dalam mencerahkan puting payudara.

Cara membuat lulur Almond dan susu cukup mudah, silahkan rendam kacang almond pada mangkuk yang berisi susu. Selanjutnya hancurkan kacang Almond sampai halus kemudian bisa langsung mengoleskannya pada sekitar puting susu. Biarkan lulur selama 1 jam kemudian bilas dengan air hangat. 

  • Menggunakan Lulur Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa memang banyak digunakan untuk membantu mencerahkan kulit, karena sifatnya yang cocok pada kebanyakan jenis kulit. Cukup gunakan 5 ml minyak kelapa tersebut untuk dioleskan di sekitar puting payudara agar lebih mudah diresap.

Sebaiknya terapkan penggunaan minyak kelapa tersebut dengan rutin, karena biasanya hasilnya dapat terlihat dalam waktu 1-2 bulan. Minyak kelapa murni dapat membantu dalam menjaga kelembapan puting serta kulit disekitar payudara.

Menurut penelitian dari Universitas Esa Unggul, minyak kelapa mengandung 47% asam laurat serta polifenol yang berfungsi mengurai kolesterol pada pembuluh darah. Sehingga selain membantu mencerahkan area kulit puting, penggunaan minyak kelapa dapat membantu mengencangkan payudara. 

  • Mengonsumsi Makanan Sehat 

Cara mencerahkan puting payudara berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran. Makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi ibu yang sedang menyusui misalnya brokoli, selada, asparagus, pepaya, semangka dan lain-lain.

Makanan sehat seperti buah dan sayuran dapat membantu puting tampak lebih cerah juga dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara. Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan Antioksidan serta Beta Karoten. 

  • Rutin Berolahraga

Suatu penelitian menyatakan bahwa dengan berolahraga selama 4 jam dalam seminggu dapat membantu menurunkan kadar estrogen didalam tubuh. Aktivitas olahraga dapat membuat kondisi payudara lebih kencang dan tampak merona, sehingga mempengaruhi aliran darah juga semakin lancar.

Payudara kencang pada wanita dapat membantu sirkulasi darah di jaringan payudara lancar, sehingga mencegah puting payudara berubah warna merah dan gelap. Jenis olahraga yang tepat untuk mengencangkan payudara misalnya push up, cobra pose, medicine ball superman atau traveling plank.

  • Mengoleskan Air Perasan Jeruk

Memanfaatkan air perasan jeruk sebagai cara mencerahkan puting payudara sangat mudah dilakukan. Silahkan campurkan madu dengan jeruk nipis, kemudian oleskan madu dan jeruk nipis pada puting payudara yang gelap. Diamkan lulur selama 30 menit, kemudian bilas payudara menggunakan air bersih.

Menurut Organic Fats, air perasan jeruk mengandung antiseptik alami yang berkhasiat mencerahkan kulit. Selain itu, air perasan jeruk kaya akan kandungan Flavonoid dan Vitamin C berfungsi untuk memperkuat kolagen. Kolagen dapat berperan dengan baik untuk mencerahkan warna puting gelap.

  • Menggunakan Bahan Alami 

Silahkan campurkan bahan alami seperti madu, lemon, yogurt dan perasan air jeruk, kemudian langsung oleskan pada bagian puting payudara.

Diamkan lulur selama 30 menit kemudian segera bilas menggunakan air bersih. Sebaiknya rutin lakukan kebiasaan tersebut selama satu minggu untuk hasil yang lebih optimal.

Cara mencerahkan puting payudara menggunakan bahan alami seperti lemon dan yogurt dapat membantu mengelupas sel kulit mati pada area kulit payudara yang mulai berubah warna menjadi hitam. Hal itu bisa disebabkan karena bahan alami tersebut kaya kandungan kalsium, zink serta asam laktat. 

Produk Apa yang Bagus Digunakan untuk Ibu Menyusui?

Produk yang dikembangkan dari Dr. Brown’s mungkin bisa memberikan rekomendasi terbaik bagi ibu dan si kecil dalam aktivitas menyusui. Mengapa demikian? Dr. Brown’s memberikan segala produk berkualitas bagi bayi untuk dapat memenuhi gizinya dengan baik.

  • Botol Susu Anti Kolik

Cara mencerahkan puting payudara bisa Moms lakukan dengan memanfaatkan botol susu anti kolik dari Dr. Brown’s bagi Ibu yang sedang mengalami lecet payudara ataupun kembali bekerja.

Teknologi Internal Vent System dan juga Silicone Nipple pada botol membuat aliran cairan didalamnya bersifat konstan dan terkontrol, sehingga bayi dapat mengatur ritme minum sendiri dengan baik dan teratur.

Botol susu ini dapat membantu mengatasi masalah pencernaan bayi misalnya masuk angin dan gumoh yang memicu terjadinya kolik. Kolik memang bukan penyakit yang berbahaya, tetapi banyak mayoritas ibu yang belum memahami gejala kolik pada bayi. 

Tanda bayi terkena kolik biasanya sering menangis lebih dari 3 jam perhari setiap harinya. Penyebab bayi mengalami kolik beragam mulai dari terlalu kenyang, usus bayi sensitif, haus atau karena ibu memberikan ASI sedikit pada bayi.

Solusi yang bisa moms lakukan agar kolik pada bayi bisa teratasi diantaranya dengan mengganti botol susu yang baik bagi si kecil. Kemudian moms juga  perlu memijat perut si kecil dengan pelan dan lembut beberapa kali dalam sehari.

  • Silicone Pacifiers

Agar si kecil tidak mudah rewel, produk Silicone Pacifiers dapat digunakan untuk menenangkan bayi. Silicone Pacififer Dr. Brown’s memiliki bentuk menyerupai nipple botol susu kesayangan bayi yang sering dibawa kemana-mana. 

Silicone Pacifiers terbuat dari 100% silicone yang bahannya ringan dan bentuknya dirancang sesuai dengan wajah bayi, sehingga selain memberikan kenyamanan, produk juga mudah dibersihkan.

  • Baby Wipes

Dr. Brown’s Baby Wipes hadir sebagai produk yang bisa digunakan untuk membersihkan nipple payudara sebelum dan sesudah menyusui. Cara mencerahkan puting payudara bisa juga moms lakukan dengan memanfaatkan produk tisu dari Dr. Brown’s untuk membersihkan areola.

Produk tersebut terbuat dari Plant Fiber Cotton yang memiliki tekstur lembaran lebih tebal, tidak mudah sobek, lembut serta dapat menyerap air dengan baik. Selain itu tisu juga mengandung Grapefruit Extract yang membantu melembabkan kulit dan menjaganya agar tetap steril.

Bagi Moms dirumah yang berminat, bisa langsung mengunjungi website resmi https://drbrowns.id//. Dr. Brown’s juga memiliki program parenting club yang membantu memberikan edukasi bagi para ibu  untuk mengasuh anak dengan cara yang tepat.  

Moms tidak perlu meragukan kualitas dari produk Dr. Brown’s, karena telah memenangkan sejumlah penghargaan selama bertahun-tahun. Dr. Brown’s telah terpilih sebagai Baby center mom’s pick award 3 tahun berturut-turut dan Fit pregnancy and baby best award selama 13 tahun.

 

Cek Plagiarisme

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019
Posted in Uncategorized.