Bolehkah Minum Es Saat Hamil? Berikut Penjelasan Ahli

Banyak orang tua yang merasa khawatir mengenai efek yang terjadi ketika minum es saat hamil. Ada berbagai mitos dan rumor yang beredar di masyarakat bahwa minum es saat hamil tidak baik. Misalnya efek yang terjadi akan membuat Si Kecil berukuran besar dalam kandungan. 

Apakah pendapat tersebut benar adanya? Nah, pada kenyataannya belum ada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pendapat tersebut benar. Jadi, wanita hamil yang terkena paparan air dingin baik dengan berendam atau meminumnya, belum tentu akan mempengaruhi janin dalam kandungan. 

Fakta-Fakta Terkait Minum Es Saat Hamil

Ternyata ada beberapa fakta yang menunjukkan bahwa ibu hamil yang minum es tidak berisiko menimbulkan bahaya bagi janin dalam kandungan. Apa sajakah fakta tersebut? Berikut ini pembahasan lengkapnya untuk Moms. 

  • Minum Es Dapat Mencegah Tubuh Merasa Kepanasan

Memang pada umumnya, ibu hamil akan mengalami rasa panas yang diakibatkan peningkatan hormon di dalam tubuh. Ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa minum air dingin bisa mencegah rasa panas dalam tubuh, sehingga Moms bisa tetap terhidrasi dengan baik. 

Menurut The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, minum es akan jauh lebih baik dibandingkan dengan minuman manis. Alasannya karena minuman manis akan meningkatkan risiko diabetes dan hal tersebut sangat rentan terjadi pada masa kehamilan berlangsung. 

  • Minum Es Tidak Menyebabkan Penyakit Pernafasan

Tidak hanya mempercayai mitos yang mengatakan bahwa, minum es bisa meningkatkan berat badan Si Kecil, tetapi juga memicu terjadi banyak penyakit pernafasan. Banyak orang tua khawatir saat lahir bayi akan terkena asma, pneumonia dan penyakit pernafasan lainnya. 

Keyakinan tersebut ternyata tidak memiliki dasar. Tidak ada hubungannya antara rahim dan usus, karena segala sesuatu yang diperoleh bayi disalurkan melalui plasenta. Lagi pula saat es dekat dengan posisi bayi, maka akan berubah jadi hangat dan mencapai suhu tubuh.

  • Mendorong Bayi Aktif Bergerak

Ketika wanita hamil sedang merasakan pergerakan bayi dalam perutnya tentunya akan menimbulkan rasa terbaik dan terharu. Moms bisa merasakan bagaimana Si Kecil tumbuh dan ingin sekali bayi sering melakukan pergerakan dalam perut. 

Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa menciptakan suasana baik akan membuat janin bergerak, misalnya bersantai di tempat yang tenang. Ternyata cara untuk membuat bayi dalam kandungan bergerak bisa dilakukan dengan minum es saat hamil.

Minum es bisa mendorong bayi bergerak karena merasakan bagian perutnya terasa hangat. Air dingin yang dikonsumsi oleh ibu akan menciptakan kontras dalam rahim. Namun, memang tidak terjadi pada setiap saat Moms minum air es. 

Benarkah Ibu Hamil yang Minum Es Bisa Memicu Sakit Perut?

Selain menyinggung masalah berat badan, ada lagi mitos yang mengatakan bahwa minum es bisa membuat wanita hamil mengalami sakit perut bahkan sembelit. Perlu diketahui sebelumnya, sembelit memang sering dialami ibu hamil karena pengaruh terjadinya perubahan hormon. 

Faktanya, minum es saat hamil tidak akan memicu terjadinya sakit perut. Belum ada studi yang mengatakan bahwa pendapat tersebut benar. Hal yang perlu diperhatikan disini yaitu ketika Moms tidak merebus air es lebih dulu sebelum meminumnya. 

Jika air es tidak matang, maka akan meningkatkan risiko terkena infeksi bakteri. Saat kondisi hamil wanita memiliki tingkat kekebalan yang lemah, sehingga rentan terserang berbagai penyakit berbahaya dan nantinya akan berdampak pada janin dalam kandungan. 

Saat ingin minum es, lebih baik buat sendiri es di rumah untuk memastikan tingkat keamanannya. Jika beli di luar, takutnya proses pembuatan tidak higienis dan risiko terkena bakteri jauh lebih besar. Infeksi bakteri itulah yang bisa membuat perut ibu hamil sakit atau mengalami sembelit. 

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Kopi?

Kondisi saat ini sudah banyak sekali beragam produk minuman yang menggugah selera, apalagi pada keadaan panas terik. Salah satu jenis minuman yang saat ini banyak diminati yaitu es kopi. Banyak ibu hamil yang menanyakan, apakah boleh saat hamil minum es kopi?

Ada sebagian yang berpendapat tidak boleh, namun ada juga yang mengatakan tidak masalah selama sesuai dengan takaran. Manakah pendapat yang benar dan seharusnya diterapkan oleh ibu hamil? Berikut penjelasannya menurut ahli pakar diet. 

Menurut Sarah Schenker seorang ahli pakar diet mengatakan, ibu hamil bisa tetap merasakan secangkir kopi selama proses kehamilannya. Akan tetapi, konsumsi kopi tidak boleh lebih sampai 200 mg kafein per harinya. Dengan kata lain jangan sampai 2 cangkir kopi instan atau kopi filter. 

Jika Moms adalah penggemar kopi dan menghabiskan 200 mg kafein per harinya saat dalam kondisi hamil, akan berisiko tinggi mengalami berat badan lahir rendah. Bayi dengan berat badan lahir rendah akan sering mengalami masalah kesehatan seiring bertambahnya usia. 

Selain itu, minum es saat hamil melebihi takaran 200 mg setiap harinya, akan meningkatkan risiko terjadinya keguguran. Batas 200 mg ini tidak hanya mencakup minuman es kopi, tetapi minuman berkafein lainnya seperti soda, cokelat, teh hijau, minuman energi dan masih banyak lagi. 

Kadar kafein yang terdapat pada minuman kopi kedai juga lebih besar, seperti latte, ekspresso, cappuccino dan lain-lain. Kandungan gula pada minuman kopi juga mendorong terjadinya preeklamsia pada ibu hamil karena tekanan darah yang tiba-tiba meningkat drastis.

Apakah Boleh Ibu Hamil Minum Es Teh?

Moms bisa minum es saat hamil secukupnya, begitu juga dengan es teh. Konsumsi es teh sebaiknya tiga sampai empat cangkir saja. Menurut Arizona Department of Health Service, Moms harus selalu ingat bahwa segala sesuatu yang tidak berlebihan adalah kunci menjaga kehamilan tetap sehat.

Hindari untuk mengkonsumsi es teh kemasan atau botol yang sering ditemui di toko-toko tertentu. Alasannya karena kandungan gulanya sangat tinggi, dibandingkan saat membuat sendiri di rumah. Es teh yang aman akan menambah antioksidan, kesegaran, mengaktifkan otak serta mencegah kerusakan gigi.

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, minum es manis bisa memicu berat badan lahir Si Kecil rendah. Saat bayi sudah dilahirkan, maka akan rentan mengalami kolik. Kolik pada bayi sangat bahaya jika tidak segera diatasi dan diketahui penyebabnya. 

Solusi mengatasi kolik bisa dilakukan dengan menggunakan botol susu anti kolik dari Dr. Brown’s. Dr. Brown’s sudah berdedikasi sejak lama untuk menciptakan produk bayi yang inovatif untuk meningkatkan gizi Si Kecil secara optimal. 

Moms tidak perlu meragukan kualitas produk dari Dr. Brown’s, langsung saja baca informasi lengkapnya melalui website resmi di sini.

Walaupun minum es saat hamil diperbolehkan, namun Moms tetap harus memperhatikan batasan serta kondisi kesehatan. Jika terjadi gejala yang aneh setelah minum es, langsung periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. 

 

5 Tips Memilih Pompa ASI Manual Terbaik 2019
Mengapa Botol Susu Dr. Brown's Direkomendasikan oleh Para Dokter Anak?
fungsi pipa-min
Apa Kegunaan Internal Vent System?
Posted in Uncategorized.