Lifestyle_Breastfeeding_O16A2891

 

Mengenal Penyebab Kolik dan Cara Mudah Mengatasinya

Tahukah Moms tentang istilah kolik? Definisi kolik adalah kondisi dimana bayi terus-terusan menangis kurang lebih dari tiga jam sehari. Kondisi ini sering membuat para orang tua khawatir. Ketahuilah gejala-gejala, penyebab, dan cara mengatasi kolik berikut ini.

Tanda bayi yang mengalami kolik

Bayi terutama bayi yang baru lahir memang sering menangis. Hal ini lumrah terjadi karena dia belum bisa mengungkapkan apa yang dia butuhkan dan rasakan. Namun, jika si Kecil menangis terus-menerus, Moms perlu mencurigai si Kecil mengalami kolik. Saat si Kecil mengalami kolik, segala upaya untuk menenangkannya biasanya tidak berhasil.

Ciri kolik pada bayi selanjutnya yang mudah dikenali yakni menangis kurang lebih tiga jam dalam sehari. Si Kecil lalu akan kembali menangis lama tiga hingga empat kali dalam seminggu. Biasanya, bayi yang menangis karena gangguan kolik memiliki wajah merah dan kaki dingin.

Penyebab utama bayi mengalami gangguan kolik

Penyebab kolik pada bayi adalah karena banyaknya udara yang terjebak di dalam perut si Kecil. Udara tersebut datang dari susu yang tercampur dengan udara sehingga terdapat gelembung-gelembung udara di dalam cairan susu. Oleh karena itu, bayi mengalami kembung, kolik, dan bahkan muntah.

Cara mengatasi bayi yang mengalami kolik

Bawa si Kecil ke dokter untuk diperiksa apakah si Kecil memang menderita kolik atau tidak, atau mungkin penyakit lainnya. Jika memang benar si Kecil mengalami gangguan kolik, dokter akan memberikan obat pereda kolik. Berikan obat ini sesuai dengan dosis yang disarankan dokter.

Selain itu, gangguan kolik pada bayi juga bisa diatasi dengan menggunakan botol susu yang fully-vented seperti botol susu Dr. Brown’s. Botol susu dari Dr. Brown’s hadir dengan teknologi Internal Vent System yang mampu mengurangi resiko kembung, masuk angin, dan kolik. Selain itu, dengan tidak adanya gelembung udara di dalam cairan susu, kadar gizi yang ada di dalam susu juga terjaga karena botol susu Dr. Brown’s efektif mengurangi proses oksidasi yang mengakibatkan penurunan kadar gizi dan vitamin pada susu. Nipple yang ada di botol susu Dr. Brown’s juga memberikan aliran yang alami dan konstan sehingga membuat bayi menyusu dengan nyaman sama seperti menyusu langsung dari payudara.

 

Deskripsi: Mengenal penyebab, tanda, dan cara mudah mengatasi kolik pada bayi.

 

Apakah Semua Dot Botol Susu Sama?
Cara Mengurangi Angin di Perut Bayi
fungsi pipa-min
Apa Kegunaan Internal Vent System?