Tanda-Tanda Hamil 3 Minggu

Perasaan cemas dan bahagia memang seringkali dirasakan oleh para ibu pada saat awal kehamilan. Pada usia 3 minggu ini, mungkin memang belum muncul gejala yang cukup berarti. Akan tetapi, pada usia ini janin sudah mulai berkembang dan tumbuh di dalam kandungan sehingga Anda harus mulai memerhatikan banyak hal demi mempersiapkan kesehatan janin.

 

Bagaimanakah Perkembangan Janin Pada Usia 3 Minggu?

Kehamilan memang ditandai oleh proses menyatunya sperma dan sel telur yang sering disebut sebagai proses fertilisasi. Ketika memasuki usia 3 minggu, zigot yang mana adalah hasil dari proses fertilisasi tersebut akan tumbuh menjadi satu bola sela yang seringkali dikenal sebagai blaktokista.

Tidak hanya tumbuh saja, zigot itu pun juga akan membagi sel yang dimilikinya ke dalam jumlah yang banyak. Dia akan bergerak menggunakan saluran tuba menuju ke arah rahim. Proses ini biasanya berjalan di dalam rahim selama tiga sampai lima hari, lalu lima hari kemudian dia akan berubah menjadi blastokista.

Apabila keluarga Anda memiliki riwayat anak kembar, maka Anda pun juga memiliki kemungkinan untuk hamil kembar. Saat dalam kondisi ini, maka sel telur yang telah dibuahi oleh sperma akan dibedakan menjadi dua sel yang sama dalam tahap yang berbeda, seperti tahap blastokista atau tahap dua sel.

 

Tanda-Tanda Saat Hamil 3 Minggu

Sebenarnya, tidak ada tanda-tanda yang pasti untuk membuktikan bahwa Anda sedang hamil 3 minggu. Akan tetapi, Anda dapat merasakan tanda hamil 3 minggu tersebut dengan melihat beberapa perubahan kecil pada tubuh berikut:

  1. Bercak Darah

Saat bayi sudah sampai ke rahim, maka dia pun akan menanamkan diri ke dinding rahim sebagai tempat untuk menempelkan dirinya. Proses ini terkadang akan memicu munculnya sedikit bercak darah yang keluar dari tubuh. Bercak darah tersebut dapat menjadi salah satu tanda yang biasa dirasakan beberapa perempuan saat sedang di masa awal kehamilan.

  1. Peningkatan Kadar Hormon

Hormon progesteron yang ada pada tubuh akan semakin meningkat dan menjadi salah satu tanda saat hamil 3 bulan. Kondisi ini dapat Anda rasakan saat terjadi perubahan psikis dan munculnya rasa nyeri yang timbul pada sekujur tubuh.

Peningkatan hormon progesteron juga akan menyebabkan munculnya rasa lelah dan nyeri di area pinggang yang mirip seperti gejala sebelum menstruasi. Hal ini juga akan membuat nutrisi yang diperlukan untuk menunjang calon janin dan ibu yang hamil menjadi tertumpuk oleh endometrium.

  1. Muntah-Muntah

Tanda hamil 3 bulan yang kerap dialami oleh ibu saat hamil adalah muntah-muntah dalam intensitas yang sering dalam waktu tertentu. Kondisi ini biasanya disebut sebagai morning sickness, namun terkadang disebut juga sebagai all day sickness karena muntah-muntah ini bisa terjadi kapan dan di mana saja.

Morning sickness terjadi pada saat hormon hCG mengalir menuju ke seluruh tubuh, sehingga membuat ibu merasakan mual yang mengganggu bahkan terkadang cukup parah. Apabila Anda sedang merasakan situasi ini, tidak perlu khawatir karena hal ini akan segera pulih secara berangsur-angsur. Untuk itu, penuhilah asupan nutrisi yang cukup sehingga kondisi ini pun segera menghilang.

  1. Bentuk Payudara Berubah

Pada saat usia hamil 3 minggu, ibu akan mulai merasakan beberapa perubahan yang tidak terlalu signifikan pada bentuk payudara. Akan muncul perubahan kecil seperti warna bagian puting yang semakin gelap, otot yang kaku, dan rasa nyeri pada payudara yang mirip saat ingin menstruasi.

Puting yang semakin gelap ini mungkin tidak akan terlalu terasa perubahannya, namun Anda dapat mengetahuinya ketika usia kehamilan sudah mulai memasuki 3 minggu ke atas.

  1. Perubahan Emosi

Ciri terakhir yang tidak terlalu tampak saat hamil 3 minggu adalah terjadinya perubahan emosi yang dirasakan oleh ibu. Terkadang perubahan ini terjadi secara tidak stabil dan dapat mengganggu keseharian para ibu.

Hal ini biasanya terjadi saat ibu merasa gugup dan cemas namun tetap bersemangat ketika menunggu hasil tes kehamilan. Karena itulah, Anda biasanya akan merasakan perubahan emosi yang terjadi secara bolak-balik dan mendadak pada saat yang berdekatan.

 

Tips Menjaga Kesehatan Saat Hamil 3 Minggu

Karena apa yang dirasakan oleh ibu turut dirasakan oleh janin Anda, penting untuk selalu menjaga kesehatan fisik maupun mental Anda. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membantu hal tersebut, beberapa di antaranya adalah:

  1. Menjaga Pola Makan

Saat hamil, penting untuk mengetahui bahwa Anda pun sedang membawa orang lain di dalam kandungan Anda. Hal ini karena bayi di dalam kandungan juga akan ikut menyerap apapun yang telah masuk ke dalam tubuh ibunya, sehingga penting bagi Anda untuk selalu menjaga pola makan.

Hindari mengkonsumsi makanan yang justru akan membawa pengaruh buruh pada kesehatan janin seperti kafein, makanan kemasan, alkohol, dan beberapa obat tertentu. Sebaliknya, ubah menu makan menjadi makanan yang penuh oleh nutrisi, terlebih yang mengandung vitamin, mineral, asam folat, dan kandungan penting lain.

  1. Olahraga Secara Rutin

Olahraga adalah salah satu hal yang memegang peran penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin saat hamil 3 minggu. Untuk itulah, bagi Anda yang semula jarang melakukan olahraga mulailah melakukan kegiatan yang ringan terlebih dahulu sehingga badan Anda pun setidaknya bergerak sedikit.

Akan tetapi, lebih baik Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis olahraga apa yang terbaik dan tepat untuk Anda lakukan. Saat melakukan olahraga, apabila tubuh sudah memberi pertanda untuk berhenti atau melambat, maka jangan terlalu diforsir dan segeralah ikuti keinginan tubuh Anda.

  1. Hindari Stres

Tidak hanya kurang makan atau salah makan saja yang mampu membuat janin Anda merasakan gangguan dalam perkembangannya, ibu yang merasa stres pun juga mampu membuat perkembangan bayi di dalam kandungan menjadi terpengaruh.

Karena pada saat stres, tubuh akan menghasilkan hormon kekebalan tubuh yang akan tahan melawan kortisol sehingga termasuk dalam bahan kimia beracun. Untuk itulah, lakukan hal yang bisa membuat Anda merasa bahagia seperti fokus pada hobi agar bisa terhindar dari stres yang kemungkinan bisa menyerang.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Demi Membantu Perkembangan Janin

Saat mengalami morning sickness setiap hari, Anda pasti akan mengalami penurunan berat badan dan nafsu makan pun akan menjadi hilang. Meskipun begitu, hal ini tidak akan terlalu berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan bayi. Anda hanya harus bisa menambah berat badan yang hilang tersebut dalam beberapa bulan selanjutnya.

 

Konsultasikan Pada Dokter Secara Rutin

Saat hamil 3 bulan, Anda harus sering-sering berkonsultasi kepada dokter demi mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan. Terkadang, dokter pun akan menyuruh Anda untuk mengikuti tes kehamilan.

 

Nah, itulah beberapa tanda saat memasuki usia kehamilan 3 bulan dan beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mempersiapkan diri ketika berada pada masa tersebut.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019