Manfaat Minyak Zaitun untuk Si Kecil

 

Manfaat Minyak Zaitun untuk Si Kecil

Semua orang tua di dunia tentu mengharapkan anak-anak kecil mereka tumbuh dengan sehat dan berpenampilan menarik. Ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk meraih hal tersebut, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan keberadaan minyak zaitun untuk bayi. Minyak yang satu ini terbukti telah mampu menghasilkan berbagai manfaat pada bayi, seperti yang tertera di bawah ini.

 

Cara Memakai Minyak Zaitun Terhadap Bayi

Sebelum memulai proses pemberian minyak zaitun pada bayi, alangkah lebih baik apabila Moms mengetahui beberapa cara yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Hal ini penting agar si Kecil bisa merasakan manfaat minyak zaitun dengan lebih tepat dan lancar. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Moms lakukan ketika ingin memberi minyak zaitun pada si Kecil:

  • Jadikan sebagai Shampo

Cara pertama yang bisa diterapkan untuk memberikan minyak zaitun pada si Kecil yaitu Moms bisa menggunakannya sebagai shampo untuk rambut si Kecil. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa minyak zaitun memiliki khasiat yang sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan rambut, sehingga sangat cocok untuk diberikan pada anak kecil.

Sebab, ada kemungkinan besar bayi mengalami pertumbuhan rambut yang cukup lambat sehingga meskipun beberapa bulan telah berlalu bayi tetap tidak mengalami rambut. Moms bisa menjadikan minyak zaitun sebagai shampo alami agar rambut si Kecil bisa semakin lebat dan sehat lagi seperti bayi pada umumnya.

  • Jadikan sebagai Pelembab

Selain shampo, Moms juga bisa menjadikan minyak zaitun sebagai pelembab. Bentuk dan tekstur minyak zaitun yang lembut dan tidak terlalu lengket tentu akan sangat bermanfaat apabila Moms mengubahnya sebagai pelembab tubuh bayi setelah mandi.

Untuk melakukan hal ini, Moms tidak perlu memberikan olesan minyak zaitun terlalu banyak sebab hanya beberapa tetes saja sudah bisa digunakan untuk memenuhi hal tersebut. Setelah mengolesi tubuhnya dengan minyak, pijat tubuh si Kecil dengan lembut dan jangan menggosoknya terlalu keras agar minyak itu bisa segera diserap oleh kulit bayi.

  • Gunakan Menjadi Bahan Makanan

Minyak zaitun ternyata cukup ampuh ketika dijadikan sebagai salah satu bahan makanan yang lezat. Moms bisa menambahkan tetesan minyak zaitun ketika sedang mengolah makanan tertentu agar cita rasa yang dihasilkan bisa semakin lezat dan gurih.

  • Hindari Memakai Minyak Zaitun sebagai Minyak Pijat

Seorang bidan terkenal yang berada di Inggris yakni Dokter Allison Cooke menjelaskan bahwa minyak zaitun yang terurai dapat menjadi salah satu asam lemak yang mampu merusak struktur kulit. Hal itu pun kemungkinan besar akan menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit si Kecil, sehingga lebih baik Moms tidak memakai minyak zaitun itu sebagai minyak pijat.

 

Manfaat yang Bisa Dihasilkan oleh Minyak Zaitun untuk Bayi

Ada berbagai macam manfaat yang bisa dirasakan ketika memberikan minyak zaitun untuk si Kecil. Adapun manfaat dari minyak zaitun untuk bayi seperti yang ada di bawah ini:

  • Menanggulangi Masalah Ruam Popok

Terkadang, si Kecil akan mengalami suatu masalah seperti ruam popok yang cukup mengganggu. Masalah ini hadir sebab terjadi iritasi karena bahan popok yang membuat kulit si Kecil mengalami gangguan tertentu. Meskipun kini sudah ada krim yang ampuh untuk mengatasi hal tersebut, namun Moms bisa mencoba cara alternatif lainnya yaitu dengan memanfaatkan minyak zaitun.

Minyak zaitun terbukti mampu membuat ruam popok pada si Kecil semakin berkurang dan menghilang sepenuhnya. Hal itu tentu saja didukung oleh sifat minyak zaitun yang sangat lembab, sehingga bisa melindungi area popok bayi menjadi lebih aman dari ancaman iritasi.

  • Mengobati Batuk

Batuk juga termasuk ke dalam jenis penyakit yang sangat rawan mengganggu anak kecil. Biasanya, kondisi ini terjadi karena adanya perubahan cuaca atau si Kecil terkena virus tertentu. Agar si Kecil bisa segera sembuh dari batuk, maka Moms bisa menggunakan minyak zaitun untuk membantunya.

Cara menerapkannya cukup mudah, Moms tinggal mencampurkan minyak zaitun dengan beberapa ramuan lain seperti minyak kayu putih dan peppermint lalu gosokkan dengan pelan pada bagian dada si Kecil. Kemungkinan besar, beberapa hari setelah itu si Kecil segera sembuh dari batuk.

  • Mengobati Sembelit

Sembelit akan membuat si Kecil merasa terganggu dan tidak bisa mengkonsumsi makanan atau ASI dengan nyaman. Apabila Moms memberikan minyak zaitun pada si Kecil, kemungkinan penyakit itu bisa disembuhkan dengan cepat. Untuk melakukannya, panaskanlah minyak zaitun terlebih dahulu lalu gosokkan pada perut bayi dengan gerakan yang sesuai arah jarum jam.

  • Membantu Otak Si Kecil Menjadi Berkembang

Fakta yang ada di lapangan telah menunjukkan bahwa minyak zaitun mampu membantu proses perkembangan otak si Kecil dengan lebih cepat. Hal itu bisa membantu proses perkembangan kognitif si Kecil agar bisa bertumbuh dengan lebih baik.

 

 

Benarkah Minyak Zaitun Aman Digunakan pada Bayi?

Meskipun membawa banyak manfaat, mungkin masih banyak yang merasa khawatir dengan tingkat keamanan minyak zaitun ini. Namun, Moms tidak perlu khawatir sebab minyak ini sebenarnya sangat aman untuk diberikan pada bayi.

Seorang dokter bernama Siggih E Prasetyo telah memaparkan bahwa minyak zaitun dapat diberikan pada bayi dengan aman. Namun, perlu diketahui bahwa lebih baik Moms memberikan minyak ini ketika si Kecil sudah berusia sekitar 6 bulan lebih dan berikanlah minyak yang tawar tanpa tambahan gula.

 

Bolehkah Anak Kecil Meminum Minyak Zaitun?

Masih dari pendapat dokter yang sama, tidak ada salahnya memberikan minyak zaitun pada anak. Moms harus tetap mengontrol porsi dan takaran yang perlu diberikan pada si Kecil sehingga tidak berlebihan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Moms lakukan saat ingin memberi minyak zaitun:

  • Moms bisa memberi minyak zaitun dengan takaran yang seimbang yakni seperempat sendok makan.
  • Campurkan minyak zaitun dengan makanan anak yang lain sehingga si Kecil mampu mengkonsumsi olahan minyak tersebut dengan lebih mudah karena dia sudah terbiasa dengan makanan yang lainnya.
  • Jangan memberi minyak zaitun terlalu berlebihan sebab terkadang akan membawa masalah tersendiri pada si Keci
  • Tes alergi pada si Kecil dengan memberi mereka beberapa tetes minyak zaitun terlebih dahulu, lalu periksa reaksi apa yang mereka hasilkan. Jika memang tidak menimbulkan reaksi, maka Moms bisa memberikannya dengan aman.

Namun, ada baiknya Moms memilih untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikannya pada si Kecil. Hal ini dapat menjadi tindakan preventif agar si Kecil tidak mengalami alergi yang diakibatkan oleh minyak tersebut.

 

Apakah Minyak Zaitun Dapat Menghilangkan Biang Keringat Bayi?

Masalah biang keringat terkadang bisa membuat bayi merengek dan tidak nyaman dengan tubuhnya. Untuk menghindari hal tersebut, Moms dapat memanfaatkan keberadaan minyak zaitun yang terbukti sangat ampuh.

Minyak ini sangat berguna untuk mengatasi masalah kulit yang diderita oleh si Kecil. Tidak hanya biang keringat, namun minyak zaitun juga dipercaya mampu membuat kulit si Kecil menjadi lebih sehat dan bercahaya.

 

Begitulah manfaat dari minyak zaitun yang sangat cocok untuk diberikan pada bayi berusia sekitar 6 bulan ke atas. Perhatikanlah beberapa informasi di atas sehingga Moms bisa memberikan minyak zaitun dengan lebih aman.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019