Cara Mengatasi Ambien Pada Ibu Hamil

Mungkinkah ibu hamil mengalami ambien? tentu saja. Kondisi dimana pembuluh di bagian anus mengalami pembengkakan ini, biasanya banyak terjadi di trisemseter kedua hingga akhir. Bagaimana tanda-tandanya? apa yang harus dilakukan untuk mengobatinya? apa saja cara terbaik untuk mencegahnya? simak pembahasannya di bawah ini.

 

Tanda-Tanda Ambien Ibu Hamil

Keadaan tubuh saat hamil memang sangat sensitif, bahkan nyeri, kram dan berbagai gejala lain sering terjadi. Kondisi ini kadang juga tidak bisa dibedakan, sehingga tanda-tanda ambien juga tidak dimengerti atau disadari. Untuk penanganan awal, akan lebih baik mengenal beberapa gejala berikut ini.

  1. Pada masa hamil dan muncul ambien, biasanya bagian dubur akan terasa gatal. Namun tidak seperti biasanya, ada sensasi panas juga yang mengikuti. Sehingga ini bisa jadi tanda awal dimana harus segera disadari dan ditangani.
  2. Tanda lain yang juga muncul saat menderita ambien di masa kehamilan adalah dengan keluarnya darah saat BAB. Warnanya tidak pekat namun condong lebih terang atau merah mudah, bercampur dengan feses.
  3. Timbul sebuah tonjolan di bagian sekitar anus, ini akan sering ditemukan pada penderita ambien. Lapisan kulit ekstra akan terasa berbeda dari keadaan normal.
  4. Tanda lain yang timbul dan terasa ketika ibu hamil mengalami ambien adalah perasaan nyeri ketika sedang BAB. Hal ini tentunya menjadi gejala yang paling terasa serta tidak nyaman.
  5. Terakhir ketika sedang BAB, tekanan dalam anus tidak seperti biasanya. Efeknya terasa lebih sakit dan tidak nyaman.

 

Penyebab Ambien pada Ibu Hamil

  1. Sembelit Akibat Konsumsi Suplemen

Saat masa kehamilan biasanya ibu akan banyak mengkonsumsi suplemen vitamin ataupun zat besi guna menambah dan memperkuat sistem imunitas atau kekebalan tubuhnya. Namun, terkadang konsumsi yang berlebihan menimbulkan sembelit. Pada kondisi ini jika dibiarkan lebih parah justru memicu timbulnya ambien.

  1. Tekanan Pada Anus

Perlu diketahui pada trisemseter ketiga, ambien akan memiliki kemungkinan lebih besar terjadi. Hal ini dikarenakan  adanya pembengkakan rectum yang bekerja untuk membuang feses. Karena kondisi kehamilan yang menekan organ bagian saluran metabolisme, penekanan yang berlebih bisa menjadi penyebab terjadinya kondisi ambien.

  1. Janin yang Semakin Membesar

Janin yang tumbuh semakin besar akan menambah berat beban pada tubuh ibu hamil. Lambung dan Rahim juga akan semakin berhimpitan seiring pertumbuhannya. Sehingga muncul dorongan pada bagian sekitar anus. Dimungkinkan keadaan ini juga akan menimbulkan pembuluh darah sekitarnya pecah dan mengalami pembengkakan. Hal ini kemudian yang menjadi awal munculnya ambien.

  1. Perubahan Hormon pada Tubuh

Penyebab lain dari ambien bisa juga terjadi karena perubahan hormon pada tubuh. Tekanan yang terjadi di sekitar panggul dan juga pencernaan bisa jadi salah satu pemicu. Peningkatan kadarnya membawa efek pada terhambatnya gerak peristaltic bagian otot dalam pencernaan. Jika hal tersebut tejadi, feses akan mengalami pembentukan yang lambat dan susah untuk dikeluarkan.

 

Obat Alami Ambien Ibu Hamil

  1. Aloe Vera/ lidah buaya

Saat hamil dan mengalami ambien tentu sangat tidak nyaman sekali. Namun, jika dibiarkan saja juga tidak baik untuk kesehatan dan kelancaran persalinan. Pengobatan secara alami harus dilakukan untuk langkah penanganan awal dan paling aman. Salah satu yang bisa digunakan adalah aloe vera/lidah buaya. Caranya cukup ambil lendirnya, dan oleskan pada bagian bokong atau anus.

  1. Minyak Kelapa

Selain aloe vera, minyak kelapa juga bisa dijadikan obat alami untuk menyembuhkan ataupun meringankan gejala ambien saat hamil. Anti bakteri yang ada dalam kandungannya dapat memberikan penyembuhan dan pereda pada bagian sedang meradang. Caranya juga sama, cukup oleskan secara rutin pada bagian anus ataupun bokong.

  1. Air Hangat

Jika mengoleskan minyak kelapa ataupun aloe vera pada bagian anus dirasa tidak nyaman untuk dilakukan, ada alternatif lain yang bisa dilakukan yaitu dengan air hangat. Fungsinya juga bisa untuk melancarkan peredaran darah, akan memberikan rileksasi pada otot sedang meradang dan tegang. Caranya rendam bokong dengan air hangat, lakukan secara rutin.

  1. Mengompres dengan Es

Selain merendam bokong dengan air hangat, juga bisa dengan mengompresnya menggunakan es. Fungsinya yang bisa merendahkan pembengkakkan pada pembuluh darah dapat mengurangi rasa sakit dan membantu penyembuhan. Cara ini juga lebih mudah dilakukan yaitu dengan membungkus es dan dikompreskan ke bagian anus selama kurang lebih 10-20 menit saja.

 

Cara Mengatasi Ambien Ibu Hamil

  1. Makan Makanan Berserat

Awal dari gejala ambien pada ibu hamil dipicu oleh sembelit, dimana pada kondisi ini biasanya feses akan menjadi lebih keras atau mengeras. Sehingga saat BAB terasa susah untuk dikeluarkan dan memberikan tekanan lebih kuat. Tekanan pada pembuluh darah semakin meningkat yang mengakibatkan pembengkakan. Memakan makanan dengan kandungan serat sangat disarankan.

  1. Minum Air Putih

Air putih juga bisa membuat pencernaan dan sistem metabolisme menjadi lebih baik. Keberadaannya bisa membantu produksi feses lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan.  Mengatasi ambien juga bisa dilakukan dengan hal serupa.

  1. Lakukan Pengobatan Luar

Saat ambien mulai terjadi, tentu sangat tidak nyaman rasanya, untuk mengatasinya diperlukan pengobatan luar. Jika tidak berani menggunakan racikan kimia, bisa memilih bahan alami seperti air hangat, lidah buaya, minyak kelapa, dan juga es batu. Pilihan ini adalah alternatif yang mudah didapat dan aman.

 

Cara Mencegah Ambien Ibu Hamil

  1. Tidak Duduk Terlalu Lama

Ketika ibu hamil lebih banyak duduk, maka tekanan pada bagian anus juga semakin berat. Sehingga ini justru akan memperburuk kondisi. Untuk langkah pencegahan, usahakan agar menghindari perilaku atau kebiasaan tersebut.

  1. Jaga Kebersihan Anus

Ambien juga bisa terjadi karena adanya infeksi pada bagian anus. Oleh karenanya langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihannya. Usahakan agar membasuh dengan bersih setelah BAB, menggunakan air ataupun tisu.

  1. Lakukan Senam Kegel

Pencegahan lain bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik untuk membantu metabolisme. Senam kegel bisa menjadi salah satu alternatif yang juga baik untuk kesehatan janin dan ibu.

  1. Tidak Menunda Buang Air Besar

Ambien juga bisa terjadi karena keseringan menunda buang air besar. Feses akan mengeras dan juga susah untuk dikeluarkan. Agar tidak mengalaminya, disarankan untuk menghindari menunda BAB jika merasa mulas.

  1. Hindari Makanan Pedas

Hindari makanan pedas, selain memang tidak baik untuk perkembangan janin dalam kandungan, juga tidak bagus bagi pencernaan. Mencret dan sembelit bisa saja terjadi, ini menjadi awal munculnya ambien. Langkah pencegahannya yaitu menghindari dan mengurangi makan makanan yang pedas.

 

Itulah beberapa ulasan terkait gejala ambien pada ibu hamil serta penanganannya. Kondisi ini sangat rawan sekali terjadi, hindari pola kebiasaan yang tidak baik dan memicu pembengkakan pada bagian anus. Mulai rubah dengan kegiatan sehat dan makan-makanan kaya serat serta nutrisi lainnya.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019