Catat Moms! Pentingnya ASI Eksklusif 6 Bulan

Bagi setiap ibu, pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan ASI atau air susu ibu. Seperti yang telah diketahui bahwa ASI ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi pertumbuhan bayi. Pentingnya ASI eksklusif 6 bulan juga berhubungan dengan kesehatan si kecil.

Pemberian ASI pada bayi memang disarankan diberikan minimal selama 6 bulan sejak bayi dilahirkan. Bahkan kewajiban tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 33/2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif, khususnya pada pasal 6 dalam peraturan tersebut. 

Pentingnya Asi Eksklusif 6 Bulan

Mungkin masih ada sebagian orang yang bertanya kenapa harus menyusui selama 6 bulan? Alasannya adalah ASI sangat dibutuhkan oleh bayi selama enam bulan kehidupannya. Saat itu si kecil belum memiliki enzim pencernaan yang baik, sehingga belum bisa mencerna makanan lain selain ASI.

Lebih lanjut, ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Dengan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, sudah bisa untuk memenuhi nutrisi hariannya. Selama 6 bulan tersebut, pada dasarnya bayi hanya membutuhkan ASI saja tanpa tambahan makanan dan minuman lainnya.

Masa 6 bulan pertama juga disebut sebagai periode pertumbuhan yang penting bagi si kecil. Efek jangka panjang yang bisa didapatkan ketika bayi mendapatkan ASI eksklusif akan terlihat pada berat badan ideal dan tinggi badan yang seimbang. Pertumbuhan ini juga menjadi indikasi bayi sehat atau tidak.

Bagaimana jika ibu mengalami kesulitan ketika menyusui? ASI eksklusif ini tidak saja diberikan secara langsung pada saat bayi menyusu. Moms bisa juga memberikannya menggunakan botol susu. ASI yang telah diperah dapat diberikan kepada si kecil ketika Moms tidak bisa menyusui langsung.

Apabila harus menggunakan botol susu, pilihlah botol susu anti kolik https://drbrowns.id/products/botol-susu/, agar bayi minum ASI dengan nyaman. Kolik pada bayi bisa menyebabkan bayi rewel dan menangis sepanjang hari, seperti dalam http://drbrowns.id/kolik-pada-bayi-apa-penyebabnya-dan-bagaimana-mengatasinya/.

Manfaat ASI Eksklusif pada Bayi

Melihat pentingnya ASI eksklusif 6 bulan pertama pada kehidupan sang anak, tentu Moms juga perlu memahami tentang apa manfaat ASI eksklusif tersebut. Bayi yang mendapatkan ASI mulai dari ketika dia lahir hingga 6 bulan kehidupannya, akan mendapatkan aneka manfaat sebagai berikut.

  • Bagus untuk Perkembangan Otak Bayi

Pertumbuhan pada bayi bukan hanya pertumbuhan secara fisik saja, namun juga tentang kecerdasan otaknya. Pemberian ASI secara eksklusif ini, akan sangat membantu dalam perkembangan otak si kecil.

Melansir dari www.idai.or.od dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Angelsen dkk disebutkan bahwa, bayi yang mendapatkan ASi eksklusif selama 6 bulan berturut-turut, akan memiliki kecerdasan yang lebih tinggi. ASI juga mendukung stimulasi perkembangan otak.

Masa keemasan bayi dalam 6 bulan pertama setelah dilahirkan, tidak boleh dilewatkan begitu saja. Perkembangan otak ini memiliki pengaruh pada tingkat kecerdasan si kecil nantinya. Jadi Moms harus memahami bahwa tentang pentingnya ASI eksklusif 6 bulan bagi kehidupan si kecil.

  • Membantu Pertumbuhan Fisik

Bayi yang mendapatkan asupan ASI secara eksklusif, akan mengalami pertumbuhan tinggi dan berat badan sesuai dengan usianya. Pertumbuhan fisik pada bayi ASI memang tidak secepat pertumbuhan pada bayi dengan susu formula.

Namun efek jangka panjangnya adalah bayi ASI akan memiliki tinggi badan yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula. Selain itu berat badan juga akan ideal dan tidak menyebabkan kegemukan.

Nutrisi yang terkandung dalam ASI tidak bisa disamakan dengan susu formula. Meskipun pada beberapa anak yang diberikan susu formula akan lebih gemuk, namun secara pertumbuhan akan lebih baik pertumbuhan pada bayi ASI.

  • Meningkatkan Ikatan Ibu dan Buah Hati

ASI eksklusif yang diberikan kepada bayi bukan hanya memberikan dampak pada perkembangan fisik dan otaknya. Pemberian ASI juga akan bermanfaat pada perkembangan psikologis. ASI memenuhi semua kebutuhan bayi dalam tahap tumbuh kembangnya.

Pertumbuhan bayi baik dari sisi asuh (fisik), asih (emosi), dan juga asah (stimulasi bayi), semua akan berpadu dengan baik. Pada saat menyusui, kebutuhan emosional bayi akan terpenuhi melalui interaksi dengan Moms. Contohnya adalh sentuhan kulit atau juga penciuman.

Interaksi yang terjadi selama menyusui ini akan meningkatkan hubungan batin yang kuat antara Moms dan si kecil. Selanjutnya rasa percaya dan aman yang dirasakan bayi ke Moms menjadi semakin besar. Semakin sering Moms menyusui si kecil, maka akan semakin kuat juga bonding yang dihasilkan.

Bayi juga mempunyai kebutuhan asah atau stimulasi yang juga harus terpenuhi. Stimulasi ini sangat penting selama tahapan tumbuh kembang anak. Ketika si kecil mendapatkan stimulasi yang cukup, maka si kecil akan merespon sesuatu dengan lebih cepat.

Pada saat menyusui, akan lebih baik jika Moms mendekap si kecil untuk mengurangi penolakan kehadiran Moms [ada alam bawah sadarnya. Selain si kecil, kebutuhan psikologis Moms juga terpenuhi dengan menyusui buah hati.

Asupan Penting Selama Menyusui

Pada saat Moms menyusui si kecil, asupan makanan harus benar-benar diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan kualitas ASI yang akan masuk ke tubuh si kecil. Moms harus tahu apa saja yang harus dikonsumsi selama menyusui dan bagaimana pola makan yang benar.

  • Asupan Energi

Ketika dalam kondisi tidak menyusui, AKG (angka kecukupan gizi) untuk memenuhi asupan energi paling tidak sebesar 2.000 kkal. Kebutuhan ini akan meningkat pada saat Moms menyusui. Asupan energi yang diperlukan harus ditambah 300-400 kkal.

Kenapa membutuhkan asupan energi yang lebih banyak? Sebab pada saat memproduksi ASI, memang membutuhkan energi lebih banyak. Kondisi ini membuat Moms menjadi mudah lapar dan lebih banyak makan.

  • Asupan Lemak

Selama masa menyusui, Moms membutuhkan asupan mineral serta vitamin yang cukup banyak. Cara alami untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Moms bisa mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan. Nutrisi lainnya yang terkandung dalam ASI adalah lemak.

Untuk mencukupi kebutuhan lemak ini, Moms bisa mengkonsumsi ikan. Seperti yang diketahui bahwa ikan mengandung asam lemak Omega 3 yang baik untuk tubuh. Asam lemak ini juga berperan dalam perkembangan otak dan mata bayi.

  • Pola Makan yang Benar

Ketika masa menyusui, akan lebih baik jika Moms mengatur pola makan dengan baik. tujuannya adalah agar asupan nutrisi yang diperlukan tubuh dapat terpenuhi. Makanlah dalam porsi yang kecil namun sering,. Hal ini akan membuat persediaan nutrisi tubuh menjadi konstan.

 

Apabila Moms merasa lapar setelah menyusui, makanlah sedikit makanan agar tidak merasa lapar lagi. Makanan yang dimakan lebih baik bervariasi, jangan hanya memakan satu jenis makanan saja. Pastikan juga kebutuhan akan cairan juga terpenuhi.

Setelah proses melahirkan, Moms dihadapkan pada pemenuhan kebutuhan ASI si kecil. Pentingnya ASI eksklusif 6 bulan ini, sangat berpengaruh pada pertumbuhan fisik dan psikologis si kecil. Masa tumbuh kembang ini harus dioptimalkan dengan baik, melalui pemberian ASi eksklusif minimal selama 6 bulan.






Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019
Posted in Uncategorized.