Solusi Masalah Berat Badan Balita Usia 2-5 Tahun

Memantau proses tumbuh kembang anak merupakan kewajiban bagi setiap orang tua. Tumbuh kembang itu salah satunya bisa dipantau dari perkembangan berat badan. Saat berada dalam masa pertumbuhan, anak setidaknya harus memenuhi berat badan ideal. Artinya, berat badan anak tidak kurang ataupun lebih sesuai dengan umurnya.

 

Berapa Berat Badan Ideal untuk Balita 2-5 Tahun?

Mengetahui berat badan ideal sesuai usia tumbuh kembang merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua. Dengan mengetahui berat badan ideal ini, orang tua jadi tahu asupan gizi yang harus diberikan.

Apabila anak mengalami underweight, misalnya orang tua jadi bisa menentukan asupan gizi apa yang harus diberikan. Begitu pula ketika mengalami overweight, selain asupan gizi treatment apa lagi yang dibutuhkan untuk mengatasinya.

Sementara itu, berat badan ideal juga berbeda untuk setiap usia serta jenis kelaminnya. Karena itulah sangat penting untuk orang tua mengetahui berat badan ideal tiap tahap kembang usia berdasarkan jenis kelamin tersebut. Berikut adalah berat badan ideal untuk balita usia 2-5 tahun menurut standar antropometri.

  1. Berat Badan Ideal untuk Balita Usia 2 Tahun

Laki-Laki : 9,7 – 15,3 kg

Perempuan: 9 – 14,8 kg

  1. Berat Badan Ideal Balita Usia 3 Tahun

Laki-laki: 11,3 – 18,3 kg

Perempuan: 10,8 – 18,1 kg

  1. Berat Badan Ideal Balita Usia 4 Tahun

Laki-Laki: 12,7 – 21,2 kg

Perempuan: 12,3 – 21,5 kg

  1. Berat Badan Ideal Balita Usia 5 Tahun

Laki-Laki: 13,7 – 24,2 kg

Perempuan: 13,7 – 24,9 kg

 

Mengapa Mengetahui Berat Badan Ideal Balita Usia 2-5 Penting

Anak dengan berat badan kurang menjadi salah satu isu yang saat ini masih terus dicari solusi terbaiknya di Indonesia. Apabila hal ini dialami oleh anak yang masih dalam usia tumbuh kembang, masalah berat badan tidak ideal bisa menyebabkan tubuh kerdil, gizi kurang, hingga obesitas. Inilah mengapa orang tua bertanggung jawab penuh memantau segala aspek dalam proses tumbuh kembang balita, termasuk berat badan.

Ketika tumbuh kembang anak sudah dipantau sejak dini, segala masalah yang berkaitan dengan tumbuh kembangnya pun bisa diketahui sejak dini. Ketika ada hal-hal yang tidak sesuai atau berjalan dengan tidak semestinya, orang tua pun bisa mengintervensi sejak dini sehingga tidak menimbulkan dampak berkepanjangan.

 

Upaya yang Dilakukan Saat Anak Termasuk Kategori Underweight

Permasalahan underweight atau kekurangan berat badan sehingga menyebabkan berat badan balita tidak ideal bisa disebabkan banyak hal. Hal ini dialami oleh banyak balita di Indonesia dan menjadi perhatian khusus, termasuk oleh orang tua. Nah, jika anak Anda mengalami kondisi ini, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan.

  1. Fokus pada Kualitas Asupan Makanan

Menambah berat badan balita agar menjadi lebih ideal tidak benar jika dilakukan dengan menambah kuantitas atau porsi makan, namun justru harus memperbaiki kualitas asupan gizinya. Agar berat badan anak bisa naik, berikan asupan makanan dengan kandungan gizi lengkap dan seimbang.

Kandungan gizi yang harus dipenuhi adalah karbohidrat, protein, kalori (dalam jumlah yang cukup), lemak sehat adalah beberapa kandungan gizi yang harus ada dalam makanan balita. Kandungan gizi lain serta contoh makanan yang sangat disarankan bisa dikonsultasikan lebih lanjut dengan ahli gizi.

  1. Sajikan dalam Porsi yang Tepat

Porsi makan yang tepat untuk balita juga bisa membantu menambah berat badan. Lalu bagaimana porsi yang tepat tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, porsi makan yang tepat bisa diberikan dengan takaran satu sendok makan tiap makanan berdasarkan usianya. Misal, untuk balita usia 2 tahun, maka berikan 2 sendok makan orang dewasa setiap makan.

  1. Beri Tambahan Vitamin Jika Diperlukan

Memberikan vitamin tambahan untuk balita kadang diperlukan untuk membantu meningkatkan berat badannya. Vitamin ini berperan untuk meningkatkan nafsu makan anak sehingga berat badannya bisa naik dan mencapai berat badan ideal. Jenis vitamin yang bisa diberikan adalah vitamin A, D, C dan zat besi.

 

Upaya yang Dilakukan Saat Balita Mengalami Kondisi Overweight

Kondisi kelebihan berat badan juga termasuk dalam kategori gangguan tumbuh kembang anak yang mengakibatkan anak tidak memiliki berat badan ideal. Overweight tidak hanya menyerang pada orang dewasa saja, namun juga anak-anak. Kondisi ini ditandai ketika berat badan anak melebihi berat badan ideal sesuai umur berdasarkan tabel berat badan ideal menurut standar antropometri. Ketika mengalami ini, beberapa upaya berikut bisa dilakukan orang tua untuk mengatasinya.

  1. Terapkan Pola Makan Sehat dan Bergizi Seimbang

Pola makan yang tepat yaitu dengan memberikan asupan makanan sehat bergizi seimbang ternyata tidak hanya menjadi solusi untuk menambah berat badan saja, namun juga mengontrol berat badan. Bedanya, untuk mengatasi masalah overweight ini makanan dengan kandungan serat tinggi lebih diutamakan sebab lebih mengenyangkan.

  1. Berikan Camilan Sehat

Mengonsumsi camilan bagi balita merupakan suatu hal yang pasti disukai. Namun, jangan sampai memberikan camilan yang salah dengan memberi jenis-jenis camilan dengan kandungan kalori tinggi. Balita dengan permasalahan overweight bisa tetap mengonsumsi camilan. Sebagai gantinya, berikan camilan sehat seperti buah-buahan atau olahannya.

  1. Perbanyak Aktivitas yang Melibatkan Fisik

Kondisi overweight bisa disebabkan karena asupan yang dikonsumsi oleh balita tidak sesuai dengan aktivitas fisik yang dilakukan. Konsumsi makanan yang banyak mengandung kalori tanpa ada pembakaran dari aktivitas fisik dapat menyebabkan kalori tersebut justru menumpuk menjadi lemak. Inilah yang kemudian menyebabkan obesitas.

Karena itu, sebagai solusi mengatasi overweight ini orang tua juga harus bisa merangsang anak agar bisa lebih banyak melakukan aktivitas fisik. Bermain di luar ruangan yang membutuhkan banyak gerak merupakan aktivitas fisik paling sederhana yang bisa dilakukan.

 

Tips Menjaga Berat Badan Ideal pada Balita

Ketika anak Anda sudah tumbuh dan berkembang dengan baik, memiliki berat badan ideal sesuai usianya, tentu tidak berhenti sampai disini saja. Berat badan yang sudah ideal ini harus tetap dijaga agar tidak mengalami kondisi overweight ataupun underweight. Lalu bagaimana cara menjaga berat badan ideal ini?

  • Pola Makan dan Hidup Sehat

Ketika berat badan sudah ideal, pola makan harus tetap dijaga, baik itu dari segi asupan maupun jumlah yang diberikan. Begitu pula dengan pola hidup. Mulai dari waktu istirahat hingga olahraga.

  • Hindari Ngemil Terlalu Banyak

Mengonsumsi cemilan terlalu banyak dan terlalu sering akan sangat berpengaruh pada berat badan anak. Maka dari itu, agar berat badan anak tetap ideal, hindari terlalu banyak ngemil karena ngemil inilah yang akan mengganggu pola makan pada balita.

 

Nah, itu tadi adalah beberapa informasi yang harus orangtua ketahui berkaitan dengan berat badan ideal pada balita mulai usia 2-5 tahun. Usia dimana tumbuh kembang anak sedang sangat pesat ini, terkadang ada beberapa kondisi yang terjadi pada anak, termasuk berat badan yang tidak ideal. Maka dari itu, untuk menghindari dampak yang lebih serius di masa depan, hal-hal berkaitan dengan berat badan ideal ini harus diperhatikan sejak dini.

Dr. Brown's botol susu wide neck
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019