Manfaat Sayuran dan Buah Oranye untuk MPASI

Ketika Si Kecil memasuki usia 6 bulan, Moms pasti mulai berpikir untuk membuat menu MPASI yang sehat. Sebagai bahan pertimbangan, tidak ada salahnya membuat MPASI dari sayur dan buah oranye. Ada banyak sekali manfaat sayuran dan buah oranye untuk MPASI bayi yang jarang disadari orang tua.

Warna oranye yang ditimbulkan dari buah dan sayuran ini pada dasarnya dipengaruhi oleh kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan. Misalnya saja beta karoten yang menjadi salah satu penyebab munculnya warnanya oranye.

Manfaat Sayuran dan Buah Oranye untuk MPASI

Walaupun makanan pendamping ASI sekarang sudah banyak yang dijual secara instan, tapi membuat sendiri secara manual dari sayur dan buah oranye tentu lebih aman dan sehat. Lalu apakah manfaat dari mengonsumsi sayuran berwarna oranye jika diolah sebagai MPASI? Berikut ulasannya:

·Menjaga Mata dan Mempertajam Penglihatan Bayi

Warna oranye memang sangat identik dengan vitamin A dan C di dalamnya. Tentu saja pernyataan ini benar adanya. Menurut situs dieticdirections, sayur ataupun buah yang berwarna oranye memang mengandung beta karoten dan vitamin A yang berperan sebagai antioksidan.

Vitamin A inilah yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan mempertajam penglihatan. Saat bayi memasuki usia 6 bulan, maka perkembangan matanya sangat pesat sehingga kesehatannya harus senantiasa dijaga hingga memasuki 5 tahun.

Bahkan rutin mengonsumsi buah dan sayuran oranye bisa mencegah bayi dari infeksi mata, kerusakan retina, kornea, dan selaput mata.

· Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Bayi berusia dibawah 2 tahun memang sangat rentan terserang penyakit. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih lemah. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, bisa dengan memberikan makanan pendamping ASI dari sayuran serta buah oranye.

Vitamin C yang juga ditemukan dalam buah-buahan tersebut sudah dikenal menjadi sumber nutrisi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan penggunaan vitamin C sebagai suplemen antibodi sudah sangat dikenal di masyarakat.

Tidak hanya itu, beta karoten yang banyak terdapat dalam sayur dan buah oranye ternyata juga efektif meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Jadi, bayi yang sering diberi olahan sayur oranye sebagai MPASI tidak akan mudah sakit karena sistem imunnya yang kebal.

·Menjaga Kesehatan Jantung Bayi

Tidak semua bayi memiliki organ tubuh yang sehat. Apabila memiliki keturunan yang lemah jantung, bisa saja kondisi yang tidak diinginkan terjadi seperti jantung bocor dan masalah jantung lainnya.

Tentu ini bisa menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua yang memiliki bayi dengan fisik cenderung lemah. Untuk mencegah risiko tersebut, Moms bisa memanfaatkan sayuran dan buah oranye dalam menjaga kesehatan jantung.

Beberapa sayur dan buah oranye biasanya juga dilengkapi dengan kandungan vitamin C, kolin, serat, dan potassium. Kandungan inilah yang menurut Dr Mark Houston dari rumah sakit St Thomas dapat mengurangi risiko masalah jantung.

·Menjaga Kulit Bayi Tetap Sehat

Manfaat sayuran dan buah oranye untuk MPASI selanjutnya yang jarang diketahui adalah mampu menjaga kesehatan kulit bayi. Pada dasarnya, kulit bayi memang sudah lembut dan kenyal, tapi kondisi ini belum tentu menandakan kalau kulitnya sehat.

Demi mencegah masalah kulit pada bayi, MPASI dengan bahan buah dan sayuran oranye juga bisa dijadikan solusi. Manfaat tersebut masih berasal dari kandungan beta karoten yang mencegah kulit bayi dari paparan sinar UV perusak kulit.

Sayuran oranye juga mengandung vitamin C yang efektif memproduksi kolagen, sehingga kulit bayi lebih kencang, kenyal, elastis, dan sehat.

· Meningkatkan Pertumbuhan Rambut Bayi yang Sehat

Semua ibu pasti merasa tidak sabar melihat pertumbuhan rambut bayinya dengan cepat dan sehat. Sayangnya, beberapa bayi mengalami pertumbuhan rambut yang terkadang lebih lambat. Ketika ini terjadi, Moms tidak perlu panik.

Biasanya orang tua mulai sibuk mencari minyak penyubur dan pelebat rambut yang banyak dijual di pasaran. Padahal usaha ini tidak akan memberikan hasil maksimal tanpa adanya bantuan nutrisi dari dalam tubuh.

Untuk itulah diperlukan sayur dan buah oranye yang bisa dimanfaatkan sebagai MPASI untuk nutrisi rambut dari dalam. Dilansir dari halaman Livestrong terbitan 3 Maret 2012, sayuran oranye ternyata juga dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuatnya tetap sehat.

Ini disebabkan karena di dalam sayuran dan buah oranye terdapat senyawa karotenoid yang bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, termasuk pada bayi.

·Mencegah Kanker Sejak Dini

Penyakit kanker yang paling sering terjadi pada anak-anak adalah kanker darah putih atau leukimia. Penyakit ini tentu bisa dicegah sejak bayi salah satunya dengan rajin mengonsumsi buah dan sayuran berwarna oranye.

Fakta ini juga sudah dipublikasikan dalam salah satu jurnal terbitan Amerika yakni The American Journal of Epidemiology. Beberapa jenis buah-buahan berwarna oranye seperti jeruk bisa membantu mengurangi risiko kanker pada anak.

Manfaat ini dipengaruhi oleh adanya antioksidan dari vitamin C buah oranye yang bisa memerangi radikal bebas penyebab kanker.

·Menjaga Fungsi Otak

Memiliki anak yang tumbuh cerdas hingga usia tua tentu menjadi impian semua orang tua ketika pertama kali melahirkan seorang bayi. Impian ini ternyata juga bisa diwujudkan apabila orang tua rajin membuatkan MPASI dari bahan-bahan makanan berwarna oranye.

Beta karoten dalam buah oranye inilah yang mampu mencegah penurunan kemampuan kognitif pada seseorang. Bahkan manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka panjang, sehingga bayi yang rutin diberi nutrisi alami beta karoten bisa tumbuh dengan fungsi otak yang tetap baik meski sudah tua.

Manfaat ini bisa menjadi alternatif bagi para orangt ua yang kesulitan mendapatkan bahan olahan ikan untuk meningkatkan kecerdasan bayi. Meski secara keseluruhan peran ikan untuk mencerdaskan dan sayuran oranye untuk fungsi otak berbeda, tapi keduanya juga memiliki hubungan yang sangat erat.

·Menjaga Kesehatan Organ Pernafasan Bayi

Jarang yang tahu kalau beta karoten pada sayuran oranye juga bisa membantu menjaga struktur lapisan sel kulit, sistem reproduksi, serta pernafasan. Kandungan kaya manfaat ini bisa diberikan pada bayi dalam MPASI agar sistem pernafasannya tetap sehat meski di lingkungan yang banyak polusi.

Inilah yang menjadi salah satu alasan beberapa bayi dengan gangguan pernafasan biasa disarankan untuk sering mengonsumsi MPASI wortel yang mengandung beta karoten sangat tinggi.

Banyaknya manfaat yang dihasilkan dari buah dan sayur oranye ini seharusnya membuat Moms lebih tertarik membuat MPASI sendiri daripada membeli instan. Dan jangan lupa, gunakan beragam alat makan seperti piring, gelas, dan sedok garpu dari Dr. Brown’s.

Demikianlah beberapa manfaat sayuran dan buah oranye untuk MPASI yang wajib diketahui para ibu. Perannya yang sangat besar bagi tumbuh kembang bayi tentunya bisa menjadi motivasi agar lebih bersemangat membuat MPASI sendiri dari sayuran berwarna oranye.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019
Posted in Uncategorized.