Lifestyle_Travel_Fresh_Bowl_and_Spoon_O16A0227-3

 

Kiat Menyiapkan Makanan si Kecil saat Jalan-Jalan

Orang tua punya peran penting untuk memastikan kecukupan gizi anak. Tidak heran, banyak orang tua yang memilih untuk memasak makanan untuk si Kecil agar bisa memantau apa saja yang telah dikonsumsinya. Namun, bagaimana jika kita ingin berjalan-jalan dengan si Kecil dan tak ingin ia makan sembarangan? Jawabannya, menyiapkan makanan si Kecil untuk jalan-jalan!

Tak hanya dapat memastikan asupan nutrisinya, saat jalan-jalan kita bisa merasa lebih aman memberikannya makanan yang familiar ya, Moms. Kita juga tidak perlu takut apakah makanan yang dimakanannya mengandung bahan yang berbahaya, misalnya bahan-bahan yang dapat memicu alerginya kambuh, karena kita tahu pasti apa saja yang ia makan. Nah, berikut ini beberapa cara  menyiapkan bekal makanan untuk anak saat jalan-jalan keluar rumah:

Sarapan sebelum Pergi

Usahakan untuk selalu sarapan terlebih dulu sebelum berangkat. Dengan begini si Kecil akan merasa lebih kenyang di perjalanan, begitu juga ketika sampai di tujuan. Biasanya anak akan menjadi mudah rewel atau cranky ketika ia lapar.

Jangan hanya membawa 1 jenis makanan

Nafsu makan anak tidak dapat ditebak, apalagi jika Moms melakukan perjalanan jauh. Sebaiknya Moms menyiapkan 2 jenis makanan yang berbeda. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika si Kecil mual dan menolak makanan pertama, maka setidaknya masih ada menu makanan kedua yang mungkin lebih ia sukai.

Pilih makanan yang bernutrisi

Hindari membawa makanan siap saji di kotak bekal si Kecil. Pilihlah makanan yang bernutrisi seperti sup daging atau makanan yang dikukus yang memiliki kandungan gizi lebih banyak daripada makanan yang digoreng. Jika tak ingin repot, Moms juga sebetulnya bisa membawa snack tapi pastikan pilih snack yang sehat seperti kacang almond, buah-buahan, maupun keripik sayuran.

Pilih tempat makan yang tepat untuk jalan-jalan

Untuk dibawa bepergian, pastikan Moms memilih tempat makan praktis, misalnya sudah memiliki tempat penyimpanan sendok dan memiliki 2 container untuk makanan berbeda dalam 1 tempat makan. Pastikan juga tempat makan tersebut terbuat dari bahan yang aman dan BPA free. Jika terbuat dari plastik, pastikan terbuat dari plastik PP yang aman untuk perlengkapan anak-anak dan bayi. Misalnya Dr. Brown's Travel Fresh Bowl yang memiliki 2 kompartmen dalam satu wadah.

Jangan lupa bawa botol air minum

Air putih harus selalu dibawa ketika si Kecil bepergian. Dengan membawa botol air minum sendiri maka si Kecil bisa minum kapanpun dia mau dan tetap terhidrasi selama bepergian. Dengan membawa botol minum sendiri juga meminimalkan masuknya kuman dan bakteri ke tubuhnya dari peralatan makan dan minum di restoran.

Itulah beberapa kiat menyiapkan makanan si Kecil saat jalan-jalan. Selain 5 tips di atas, kira-kira tips apa lagi, ya, yang bisa dilakukan Moms saat menyiapkan makanan untuk jalan-jalan?

Lifestyle_Options_Narrow_O16A1679
Apakah Semua Dot Botol Susu Sama?
Tips Menyendawakan Bayi
fungsi pipa-min
Apa Kegunaan Internal Vent System?