Moms, Berikan si Kecil Pengalaman Minum dari Gelasnya Sendiri

Ketika bayi berumur 6 bulan, bayi akan mengalami masa peralihan minum dari botol ke gelas. Sebelum memberi si Kecil gelas, biasanya orang tua akan memilih untuk memberi si Kecil sippy cup atau gelas yang dilengkapi sedotan. Sippy cup inilah yang perlahan akan membuat si Kecil terbiasa minum susu atau air tanpa botol. Selain itu, sippy cup juga mempermudah si Kecil untuk belajar minum dengan gelas nantinya.

Ketika si Kecil sudah terbiasa menggunakan sippy cup Moms bisa mulai mengajarkan minum dengan gelas. Terutama jika si Kecil memang peniru ulung yang selalu ingin mencoba hal-hal yang biasa dilakukan orang tuanya, termasuk minum dengan gelas. Pada prinsipnya, mengajarkan si Kecil minum dengan menggunakan gelas sama dengan mengajarkan dia dengan sippy cup. Namun, tentunya ada beberapa hal yang perlu orang tua perhatikan ketika ingin memberikan si Kecil pengalaman untuk minum dari gelasnya sendiri.

Cari Gelas yang dilengkapi Valve Silikon agar si Kecil Tidak Tersedak

Salah satu ketakutan yang dihadapi orang tua saat mengajarkan anaknya untuk belajar minum dengan gelas adalah saat si Kecil tersedak. Hal ini sangat mungkin terjadi karena si Kecil belum terbiasa minum dengan menggunakan gelas. Biasanya si Kecil tidak sengaja menumpahkan air terlalu banyak ke mulutnya dan bahkan ke area hidung.

Namun, sudah ada beberapa produk gelas bayi yang dilengkapi dengan valve silikon anti bocor. Letak valve silikon tersebut tergantung dari jenis cup yang digunakan. Namun, jika Moms ingin memberikan si kecil pengalaman minum dari gelasnya sendiri, Moms dapat memilih cup berbentuk gelas atau cup 360 dengan valve silikon yang terletak di permukaan gelasnya seperti Dr. Brown's Cheers360 Spoutless Transition Cup. Dengan begitu, si Kecil akan belajar minum air dari gelas tanpa khawatir akan tersedak. Ketika si Kecil sudah terbiasa, Moms dapat membuka valve silikon tersebut.

Berikan Gelas yang Memiliki Pegangan

Ukuran gelas, lebih lebar dari botol susu. Maka dari itu, meski si Kecil sudah bisa menggenggam botol susunya sendiri, ia belum tentu bisa memegang gelas. Jadi, berikanlah si Kecil gelas yang dilengkapi dengan handle.  Pada masa transisi, gelas yang memiliki handle juga dapat memudahkan si Kecil ketika menggenggam gelas atau cup.

Berikan Gelas yang Aman

Berilah si Kecil gelas dengan bahan yang aman seperti plastik. Sebab, si Kecil mungkin saja belum bisa memegang gelas dengan sempurna sehingga ketika gelas jatuh, gelas tidak akan pecah. Selanjutnya, Moms perlu memperhatikan jenis plastik yang digunakan. Hindari jenis plastik berbahan berbahaya. Untuk bayi dan anak-anak, pastikan tanpa BPA dengan jenis plastik LDPE atau Low Density Polyethylene (kode 4) dan PP atau Polypropylene (kode 5).

Itulah hal-hal penting yang harus Moms lakukan ketika ingin memberikan si Kecil pengalaman minum dari gelasnya sendiri. Hal lain yang harus diingat adalah berikan ia waktu agar ia terbiasa minum dengan gelas. Sebab, saat proses peralihan minum dari botol ke gelas bukanlah proses yang instan. Butuh kesabaran dan perhatian yang harus diberikan.

Lifestyle_Solid_Feeding_Plate_IMG_1196
4 Menu MPASI 10 Bulan Sehat dan Bergizi Tinggi
Bahaya Bayi Tersedak ASI dan Cara Mengatasinya
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019