Tips Mengolah Apel untuk MPASI

Ketika si Kecil sudah masuk pada periode di mana mereka harus diberikan makanan pendukung ASI, maka Moms pun harus memperhatikan dengan seksama sumber makanan apa yang tepat untuk memenuhi hal tersebut. Salah satu sumber makanan yang paling sempurna untuk membantu proses perkembangan bayi tentu saja adalah apel. Buah yang sejak dulu sudah terkenal ini menawarkan beragam manfaat baik yang menguntungkan dibalik rasanya yang begitu lezat.

 

Kandungan yang Ada Pada Apel

Tidak bisa dipungkiri, apel memang menyimpan berbagai macam kekayaan yang melimpah meskipun bentuk buahnya bisa di bilang cukup kecil dan kalah besar daripada buah-buah lainnya. Namun, jangan anggap remeh buah kecil yang satu ini sebab apel memiliki kandungan yang sangat beragam.

 

Beberapa kandungan tersebut di antaranya adalah protein, karbohidrat, serat, kalori, dan lain-lain. Kandungan utama yang dimiliki oleh buah ini memang air, sehingga hal tersebut mampu membantu organ tubuh untuk terpenuhi kebutuhan mineralnya. Selain itu, apel juga memiliki indeks glikemik yang cukup rendah, hal tersebut berarti bahwa gula darah tidak akan naik dengan mudah.

 

Manfaat Apel untuk Bayi

Banyak ahli kesehatan yang menyarankan orang tua di seluruh dunia untuk mengenalkan buah-buahan seperti apel sebagai makanan MPASI pertama ketika bayi berusia 6 bulan. Hal tersebut penting untuk dilakukan agar bayi bisa terpenuhi kebutuhannya dengan lebih cepat, selain itu juga karena apel menawarkan berbagai macam manfaat yang menarik. Beberapa manfaat apel untuk bayi di antaranya yaitu:

  • Menghindari Diare dan Sembelit

Manfaat pertama yang bisa diperoleh ketika bayi mengkonsumsi apel adalah si kecil bisa terhindari dari beberapa penyakit mengganggu seperti diare dan sembelit. Karena apel memiliki kandungan serat yang begitu melimpah, maka hal itu pun bisa membantu gerakan usus halus di dalam perut bayi untuk bergerak dengan lebih lancar.

 

Dengan begitu, maka makanan yang sudah dikonsumsi pun bisa dicerna dengan lebih cepat dan tidak akan memicu munculnya penyumbatan akibat makanan yang susah untuk bergerak menuju bagian pencernaan yang lainnya. Meskipun begitu, ketika si Kecil sedang menderita diare hanya gunakan olahan apel sebagai obat tambahan dan bukan sebagai obat utama.

 

  • Mengobati Batuk

Apabila bayi menderita batuk, maka kemungkinan besar mereka tidak akan bisa tidur dengan nyenyak dan rewel sepanjang malam. Untuk meredakan batuk tersebut, maka Moms bisa memberi si Kecil olahan apel manis yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Beri olahan tersebut kepada si kecil secara rutin selama satu minggu, hingga batuk yang mengganggu mereka perlahan mereda.

 

  • Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Bayi yang masih berusia sekitar 6 bulan hingga 1 tahun memang seringkali mengalami gangguan pada organ pencernaan mereka. Hal itu tentu mampu membuat mereka merasa tidak nyaman dan seringkali menangis karena merasa kesakitan, namun sebagai orang tua Moms tidak usah panik sebab apel merupakan buah yang mampu mengatasi hal tersebut.

 

Apel memiliki peran yang penting untuk membantu organ pencernaan agar selalu berfungsi dengan optimal sebab kandungan yang dimilikinya tidak bisa diabaikan begitu saja. Untuk itulah, Moms bisa merebus apel yang sudah dipotong dan dihancurkan dengan halus kepada si kecil. Apabila mereka masih belum bisa melahap apel tersebut, maka cobalah alternatif lainnya yakni menambahkan teh madu ke dalam apel yang sudah dihaluskan.

 

  • Tidak Memicu Kemunculan Alergi

Ketika memberi MPASI pada bayi, Moms mungkin akan merasa khawatir apabila makanan yang akan diberikan tersebut justru memicu alergi pada si kecil. Apel adalah buah yang memiliki resiko alergi sangat rendah, sehingga Moms bisa memanfaatkannya ketika ingin mengenalkan buah pada si kecil untuk pertama kali.

 

Akan tetapi, perlu diingat bahwa porsi apel yang diberikan juga harus sesuai dengan kadar yang proporsional. Pastikan pula apel tersebut sudah berada dalam kondisi yang higienis, sehingga si kecil bisa terhindar dari serangan mikroorganisme yang berbahaya.

 

  • Menyehatkan Tubuh

Manfaat utama yang bisa diperoleh ketika mengkonsumsi apel tentu saja tubuh yang menjadi semakin sehat. Kandungan vitamin C, E, dan A yang ada di dalamnya mampu membuat tubuh bayi berkembang dengan lebih kuat dan tegap, sehingga mereka pun bisa bergerak dengan lincah ketika ingin mengeksplorasi lingkungan di sekelilingnya.

 

Jenis Apel yang Dipilih untuk MPASI

Meskipun segala jenis apel memang bermanfaat, namun ada beberapa jenis apel yang paling sempurna ketika ingin diolah menjadi MPASI. Beberapa jenis apel tersebut yaitu:

  • Apel Fuji

Sesuai dengan namanya, apel ini memang berasal dari Jepang. Umumnya, apel ini memiliki bentuk kecil dengan warna kuning yang disertai oleh semburat merah. Selain warnanya yang eksotis, apel ini juga memiliki rasa yang begitu manis.

 

  • Apel Manalagi

Apel lokal yang satu ini memang sangat digemari oleh kalangan masyarakat sebab rasanya yang begitu segar. Tekstur buah ini memang cukup keras, hal tersebut dikarenakan kandungan air yang ada di dalamnya memang lebih sedikit dibandingkan jenis apel yang lain.

 

Tips Tambahan Ketika Ingin Memberi Apel untuk MPASI

Sebelum mengolah apel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga olahan yang Moms hasilkan mampu bermanfaat bagi bayi. Tips yang harus Moms lakukan ketika memberikan apel untuk bayi yaitu:

  • Apel harus dikupas kulitnya dengan sempurna agar tidak terkena kandungan pestisida.
  • Apel harus dicuci dengan bersih menggunakan air mengalir.
  • Buang biji yang ada di dalam apel sehingga si kecil tidak akan tersedak.

 

Resep Apel untuk MPASI

Bagi Moms yang ingin mencari inspirasi mengenai resep olahan apel untuk MPASI, maka cobalah beberapa resep ampuh berikut ini.

 

Puree Apel Panggang

 

Bahan:

  • 5 buah apel
  • Air

 

Cara membuat:

  • Letakkan apel yang belum dikupas pada loyang. Hal tersebut penting agar dagingnya tidak hancur ketika dipanggang.
  • Tambahkan air pada loyang.
  • Masukkan ke dalam oven, lalu panggang dengan suhu 400 derajat celsius dalam waktu selama setengah jam.
  • Keluarkan apel dari dalam oven, kemudian biarkan di udara terbuka hingga dingin,
  • Kupas kulitnya sampai habis.
  • Masukkan apel yang sudah dikupas ke dalam blender dan hancurkan sampai bentuknya halus.

 

Puree Apel dan Wortel

 

Bahan:

  • 5 wortel yang sudah dipotong
  • 2 apel yang sudah dikupas
  • Air

 

Cara membuat:

  • Campur apel dan wortel ke dalam sebuah panci besar, kemudian tambahkan air dalam volume tertentu.
  • Tutup panci tersebut kemudian rebus sampai mendidih.
  • Setelah itu, letakkan wortel dan apel pada kukusan.
  • Kukus wortel dan apel selama kurang lebih 20 menit hingga dagingnya lembut.
  • Masukkan kukusan wortel dan apel menuju blender, lalu hancurkan hingga lembut.

 

Nah, begitulah beberapa manfaat dan keuntungan apel yang bisa Moms ketahui. Karena resep tersebut cenderung sangat mudah untuk dilakukan, maka Moms tentu saja bisa mempraktekkannya dengan mandiri di dalam rumah tanpa harus merasa khawatir lagi.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019