Sajian Hati Ayam untuk MPASI

Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang bergizi untuk MPASI si kecil terutama bagian hati ayam. Harganya terjangkau, mudah didapatkan di pasar tradisional maupun supermarket, dan mudah diolah menjadi berbagai sajian menu yang sehat dan lezat. Moms bisa menyajikan olahan sajian menu MPASI hati ayam untuk si kecil namun harus disesuaikan dengan porsi yang tepat.

 

Kandungan Hati Ayam

Hati ayam adalah salah satu bagian ayam yang memiliki kandungan protein hewani cukup tinggi. Hati ayam mudah diolah dan bisa dijadikan sebagai tambahan untuk jenis makanan lainnya dalam pembuatan makanan MPASI. Di usia bayi 6 bulan, bayi membutuhkan nutrisi yang cukup dari makanan lain selain ASI. Sehingga Moms bisa memilih hati ayam dengan berbagai kandungan yang dimilikinya.

 

Hati ayam kerap disebut sebagai super food atau makanan super karena mengandung beragam nutrisi dengan kadar yang tinggi. Di dalam satu porsi MPASI hati ayam sekitar 28 gram mengandung 3mg kalsium, 75mg kalium, 100 mikrogram vitamin A, 6,8gr protein, 8mg vitamin C, 7mg magnesium, 1,8gr lemak, 3,2mg zat besi, 81mg kolin, 1,1mg zinc, dan 162mikrogram folat.

 

Selain itu, hati ayam juga mempunyai kandungan antioksidan dan beragam nutrisi seperti vitamin E, vitamin B, likopen, dan lutein yang berperan penting untuk menjaga kesehatan bayi. Dengan berbagai kandungan gizinya yang melimpah, tidak heran jika hati ayam menjadi salah satu menu menyehatkan untuk MPASI si kecil. Tekstur hati ayam yang lembut memudahkan bayi menelan dan mencernanya.

 

Tips Memilih dan Mengolah Hati Ayam untuk MPASI

Hati ayam sudah mempunyai tekstur yang lembut, namun pengolahannya harus dilakukan dengan tepat supaya teksturnya tidak menjadi keras dan rasanya pahit. Sehingga Moms harus memilih hati ayam dengan kondisi yang bagus, bentuknya utuh dan berwarna merah segar. Setelah itu, cuci bersih dan buang lemaknya. Untuk mengurangi aroma amis, Moms bisa mengucuri dengan jeruk nipis.

 

Selain itu, Moms juga harus menghilangkan serat, selaput tipis dan lendir pada hati ayam yang masih menempel karena hal itulah yang menyebabkan rasa pahit pada hati ayam. Setelah itu Moms juga harus mencucinya dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Supaya rasa pahit hilang sempurna, Moms bisa merendam hati ayam dalam santan atau susu.

 

Kemudian rebus hati ayam hingga matang. Tanda hati ayam sudah matang yakni warnanya abu-abu dan memiliki sedikit gradasi berwarna kemerahan di bagian tengahnya. Sebelum menyimpan hati ayam, pastikan Moms sudah mencuci bersih dan membuang lemaknya. Moms bisa membagi per porsi MPASI untuk disimpan agar tidak perlu mengeluarkan satu hati ayam berukuran besar berkali-kali.

 

Pedoman Pemberian Hati Ayam untuk MPASI

Hati ayam memang sangat baik dikonsumsi oleh bayi sebagai MPASI karena bahan makanan ini mengandung nilai gizi yang tinggi. Akan tetapi Moms tidak boleh memberikan olahan menu MPASI hati ayam dalam porsi yang berlebihan untuk si kecil. Pemberian olahan MPASI hati ayam disarankan seminggu sekali saja dan dalam porsi kecil sebanyak 1-2 sendok teh dalam sekali makan.

 

Hal ini disebabkan karena organ hati ayam memiliki kandungan performed vitamin A yang jika dikonsumsi secara berlebihan atau kerap disebut dengan sebutan hypervitaminosis A, dapat menyebabkan resiko patah tulang semakin meningkat. Selain itu, hati ayam termasuk organ penyaring racun di dalam sistem pencernaan ayam yang rentan tercemar zat kimia, pestisida, dan racun.

 

Ketika memberikan MPASI hati ayam untuk si kecil, pastikan Moms selalu mengimbanginya dengan memberikan sayuran dan buah-buahan kebutuhan nutrisi si kecil tercukupi. Moms juga boleh mencoba bahan makanan yang lain dengan beragam variasi olahan menu agar si kecil tidak merasa bosan. Jika Moms mendapati adanya reaksi alergi pada bayi, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

Manfaat MPASI dari Bahan Hati Ayam

Dengan berbagai kandungan nutrisi di dalam hati ayam, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh si kecil untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Menjaga kesehatan mata

Kesehatan mata bayi akan selalu terjaga dengan mengonsumsi MPASI hati ayam karena adanya kandungan antioksidan likopen dan lutein serta vitamin A. Bayi berusia 6-11 bulan membutuhkan 400 mikogram vitamin A dalam sehari. Jika asupan vitamin A nya tercukupi, maka resiko gangguan penglihatan pada bayi dapat dicegah.

 

  • Membantu perkembangan sistem saraf dan otak

Kandungan protein, kolin, dan lemak dalam hati ayam berperan penting dalam membantu perkembangan sistem saraf dan otak si kecil. Apabila Moms memberikan MPASI hati ayam dalam porsi yang tepat pada bayi, maka kecerdasan bayi dan tumbuh kembang otaknya akan terbantu. Bayi berusia 6-11 bulan membutuhkan kolin sebanyak 125miligram per hari.

 

  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Vitamin A yang terkandung dalam hati ayam berperan penting dalam meningkatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh bayi. Karena kekebalan tubuh merupakan faktor penting supaya bayi tidak mudah tertular berbagai penyakit. Namun pemberian asupan vitamin A pada bayi harus dalam jumlah yang tepat agar tidak mengalami hypervitaminosis A.

 

Resep Menu MPASI Hati Ayam

Hati ayam tidak akan membosankan jika Moms bisa mengolahnya dalam sajian menu yang enak dan menarik. Asalkan pemberian menu hati ayam tidak boleh berlebihan. Moms tetap harus memvariasikan beragam sajian olahan menu dari bahan lainnya. Untuk sajian menu MPASI hati ayam, Moms bisa mencoba beberapa resep berikut:

  • Chicken liver pate

Moms harus menyiapkan beberapa bahan seperti 2 sendok teh mentega, 100gram hati ayam, dan ¼ cangkir kaldu ayam organik untuk membuat resep chicken liver pate. Cara mengolahnya yakni masukkan hati ayam dan kaldu ke dalam panci dan didihkan sekitar 8 menit dengan api kecil. Tuangkan ke dalam blender rebusan hati ayam, tambahkan mentega. Haluskan.

 

  • Puree hati ayam dan kuning telur

Variasi menu puree hati ayam dan kuning telur memerlukan bahan-bahan seperti 1 hati ayam, 1 telur rebus, dan ½ cangkir susu formula atau ASI. Cara mengolahnya yakni masukan hati ke panci kecil lalu tuangkan susu. Didihkan sekitar 5-8 menit dengan api kecil hingga hati matang.

 

Setelah itu kupas telur, ambil bagian kuning telurnya. Campurkan hati yang telah dimasak, sisa susu, dan kuning telur menggunakan blender untuk membuat puree. Moms bisa menambahkan susu lebih banyak agar teskturnya sesuai keinginan.

 

Hati ayam boleh dikonsumsi oleh bayi dengan dibuat MPASI dalam berbagai variasi sajian olahan menu yang lezat. Pemberian menu MPASI hati ayam harus sesuai pedoman supaya si kecil tidak mengalami hypervitaminosis A akibat terlalu banyak mendapatkan asupan vitamin A. Ketika memberikan menu MPASI hati ayam, usahakan Moms memberikan menu dari bahan lainnya juga.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019