Review Widya Herma: Dr. Brown’s Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer

Moms, menjaga kebersihan botol susu agar tetap higenis merupakan hal yang wajib diperhatikan karena botol susu adalah komponen yang langsung masuk ke dalam mulut bayi. Tapi, tau gak moms ternyata ada yang lebih membutuhkan perhatian ekstra lagi di samping membersihkan botol susu bayi? Yup, menjaga nutrisi dari ASIP (ASI Perah)! 

 
Karena sistem pencernaan dan anti-bodi pada bayi masih sangat rentan terkena penyakit seperti diare, maka dari itu perlu ketelitian dalam menyimpan dan menyajikan ASIP agar kehigenisan dan kandungan nutrisinya tetap terjaga guna mengoptimalkan pembentukan kekebalan tubuh si kecil. Memanaskan ASIP yang dingin tidak direkomendasikan menggunakan microwave atau kompor karena bisa merusak kualitas ASIP akibat temperatur suhu yang tidak sesuai karena terlalu tinggi.
 
Jadi, waktu zaman Sam, anak pertama saya, saya masih menggunakan cara manual untuk mensterilkan botol susu dengan cara direbus dalam air mendidih selama 5 menit setelah dicuci dengan sabun dan air. Saya kira metode sterilisasi ini akurat membersihkan botol susu karena bakteri yang menempel dan tidak mati oleh sabun akan terkena panas, ternyata cara ini sangat berbahaya lho untuk kesehatan bayi kita moms.
 
Pasalnya, merebus botol susu akan merusak bagian botol dan menghasilkan zat kimia berbahaya saat perebusan apabila botol susu tidak bebas BPA. Disamping itu, cara mensterilkan botol susu dengan cara lama dianggap tidak efisien dalam membunuh kuman dan bakteri.
 
Karena perlengkapan bayi itu banyak banget, jadi dulu saya nggak beli sterilizer maupun bottle warmer karena harus beli 2 item sekaligus. Padahal bottle warmer dan sterilizer adalah barang yang wajib moms beli ketika punya bayi. Alhasil, ketika Sam usia 3 bulanan harus rawat inap karena diare akut. Penyebabnya nggak salah lagi akibat saya teledor dalam menyimpan dan menyajikan ASIP. Tentu saja moment itu jadi pukulan banget untuk saya supaya lebih ekstra memerhatikan kualitas ASIP juga kebersihan botol susu bayi, jadi nggak salah langkah lagi di kemudian hari. 
 
Beruntung, ketika punya anak yang kedua, saya tau ada produk yang sangat multifungsi; bisa menghangatkan ASIP sekaligus sterilisasi botol dan aksesoris lainnya. Kebetulan, Baby Saheel sudah memasuki fase MPASI, jadi bisa juga dipakai untuk menghangatkan stok makanannya deh. Praktis dan sangat menghemat waktu, yeay! 
 
Moms pasti nggak asing lagi dengan brand dan prodak dari Dr. Brown’s kan? Dr. Brown’s sudah menemani para moms selama lebih dari 2 dekade, nggak heran kalau Dr. Brown’s punya perlengkapan bayi dari A sampai Z dan terus berinovasi dalam mengembangkan produknya. Nah, kali ini, Dr. Brown’s hadir dengan Dr. Brown’s Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer nih moms. Nggak perlu lagi bingung mau beli bottle warmer atau sterilizer karena sekali beli, moms sudah langsung dapat 2 fungsi. 
 
Saat sterilizing botol susu dan menghangatkan ASIP, moms bisa sambil leyeh-leyeh, tinggal colok dan pencet. Nggak perlu lagi nunggu air mendidih lalu celupin botol ke panci. Dilengkapi juga auto timer dan audible beep yang menyala ketika proses selesai, jadi moms nggak perlu khawatir karena nutrisi dan kualitas ASIP akan tetap terjaga sebab temperatur dan durasi pemanasan sesuai dan tidak berlebihan.
 

DR. BROWN’S DELUXE BOTTLE WARMER AND STERILIZER

• Desain & Performa

 


 
Dr. Brown’s Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer ini sangat compact sehingga tidak memerlukan space luas dalam menyimpannya dan bisa kita bawa-bawa ketika berkunjung ke rumah sodara atau orangtua tanpa takut memenuhi bagasi mobil. 
 
• Keunggulan 
 

 
– Pengoperasian yang sangat mudah karena dilengkapi dengan layar LED
– Dilengkapi 2 storage cap untuk menutup botol susu type Wide Neck dan Narrow Neck
– Reservoir air lebih besar sehingga bisa mencapai 4 kali pengoperasian
– Proses pemanasan bisa disesuaikan dengan kondisi suhu dan volume susu 
– Sterilisasi dengan metode uap yang dilengkapi dengan Auto Shut-Off sehingga tidak merusak komponen botol susu dan menjaga vitamin serta nutrisi yang terkandung dalam ASIP
– Membunuh 99,9% kuman dan bakteri karena pemanasan yang merata dan stabil
– Diameter Deluxe Warmer cukup lebar sehingga cocok digunakan untuk jenis dan ukuran botol susu apapun
– Jumlah Voltase atau daya listriknya rendah, hanya 220-240VAC/Hz atau setara 500Watt untuk alat dengan 2 fungsi sekaligus.
 
• Pengoperasian
 
 
Ada 6 tombol fungsi di Deluxe Warmer ini, operasikan sesuai kebutuhan ya moms.


 
Dr. Brown’s Deluxe Bottle Warmer and Sterilizer ini terdapat 2 fungsi;
1. Memanaskan ASIP beku atau suhu chiller
2. Mensterilkan semua jenis dan ukuran botol susu
 
TAHAPAN MEMASANG PRODUK
 
1. Pasang Cap hingga terdengar bunyi klik.
 

 

 
2. Masukan Bottle Tray dan Basket Riser pada alat.
 

 

 

 
3. Isi Reservoir dengan air mineral lalu pasang hingga terdengar bunyi klik.
 

 

 
4. Deluxe Warmer siap digunakan.
 
TAHAPAN MEMANASKAN ASIP
 


 
1. Isi Reservoir air sesuai yang tertera di buku petunjuk, lalu pasang.
2. Masukan Bottle Tray, Basket Riser dan ASIP.
3. Longgarkan Storage Cap yang sudah terpasang pada leher botol agar menghindari kebocoran akibat tekanan suhu.
4. Masukan botol susu ke dalam Deluxe Warmer.
5. Sambungkan Deluxe Warmer ke listrik
6. Sesuaikan temperatur suhu dan volume ASIP dengan tombol yang tersedia pada produk. Tekan tombol play dan tunggu hingga berbunyi beep. 
7. Setelah proses selesai, keluarkan ASIP dengan menarik Basket Riser ke atas dan tunggu ASIP hingga hangat sebelum diberikan pada bayi.
 
TAHAPAN STERILISASI BOTOL SUSU
 


 
1. Cuci dan bersihkan semua komponen botol susu dengan sabun dan air mengalir.
2. Masukan botol susu dengan posisi terbalik agar uap panas dapat masuk ke dalam botol sehingga proses sterilizing dapat menyeluruh dan optimal. 
3. Tempatkan komponen lain botol seperti nipple, cap dan vent di bagian accesories cap yang juga berfungsi sebagai tutup produk.
 

 

 
4. Ketika alat dinyalakan akan langsung otomatis menampilkan mode sterilisasi dengan menunjukan waktu 6 menit pada layar LED. Tinggal tekan tombol play untuk mengoperasikan sterilisasi.
 
Setelah kurang lebih seminggu mencoba Deluxe Warmer ini, saya merasa waktu luang saya lebih banyak karena nggak lagi perlu sterilisasi dan hangatin ASIP secara manual, which is harus ditungguin dan bolak-balik kalau si kecil ditinggal di kamar. Dengan Deluxe Warmer and Sterilizer ini, saya bisa melakukan sterilisasi dan hangatin ASIP sambil ngerjain kerjaan rumah yang lain. Tinggal colok dan pencet, semuanya beres.
 
Selain itu, saya jadi lebih percaya diri memberikan ASIP karena nggak khawatir lagi soal kualitasnya. Sebelumnya, saya hanya merendam ASIP ke dalam air panas, yang lama kelamaan suhu airnya akan menurun seiring dengan menurunnya kualitas ASIP karena suhu yang tidak stabil. 
 
Tertarik buat punya Deluxe Warmer and Sterilizer dari Dr. Brown’s juga? Bisa kunjungi website Dr. Brown’s atau Instagram-nya di @drbrownsindo ya moms..
 
Oh iya moms, gabung di Dr. Brown’s Parent Club yuk untuk dapetin berbagai manfaat lain seperti spesial harga, update terbaru, games sampai info seputar parenting yang bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Caranya gampang banget cukup klik disini terus join deh.. 
 
Original Post: 
Widya Herma Blog Post
https://nurelice.blogspot.com/2021/01/moms-menjaga-kebersihan-botol-susu-agar.html?m=1
 
Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019