Perut Terasa Panas Saat Hamil?

Saat menjalani proses kehamilan, Moms pasti mengalami banyak perubahan baik dari segi fisik maupun psikis. Terkadang perubahan memberikan rasa tidak nyaman. Salah satu gejala yang sering dialami adalah perut panas. Apakah penyebab perut panas saat hamil? Yuk, cari tahu disini, Moms.  

 

Penyebab Perut Panas Saat Kehamilan

Perut panas adalah gejala yang sering dialami oleh ibu hamil. Gejala ini termasuk pada perubahan hormon yang umum dialami oleh ibu yang tengah menjalani masa kehamilan. Gejala ini umum dirasakan oleh ibu hamil dengan keluhan sensasi terbakar yang terjadi di area perut.

Keadaan seperti ini sering disebut sebagai heartburn. Perut yang terasa panas kadang menimbulkan ketidaknyamanan lain saat hamil. Apakah Moms termasuk salah satu yang mengalami keadaan seperti ini? Apakah penyebab perut dapat terasa panas saat hamil?

Moms yang pernah mengalami atau sedang mengalami heartburn tidak perlu panik. Perut yang terasa panas saat menjalani masa kehamilan umum terjadi. Hal ini disebabkan oleh asam lambung yang terjadi di dalam lambung.

Rasa panas pada perut terjadi ketika asam lambung ini didorong menuju ke arah kerongkongan. Efek dari kondisi ini biasanya berpengaruh pada tulang belakang dan dada. Penyebab yang paling umum terjadi karena hormon progesterone yang ada pada tubuh mengalami perubahan.

 

Mengapa Rasa Panas Pada Perut Dapat Terjadi Saat Kehamilan?

Rasa panas yang terjadi pada perut ini disebabkan oleh reflek asam. Ketika Moms makan, lambung akan mencerna makanan tersebut. Cairan yang ada pada lambung mengandung asam yang membantu proses percernaan.

Ketika kandungan asam tinggi, iritasi pada lapisan lambung akan terjadi. Kandungan asam tersebut akan naik ke kerongkongan dan menyebabkan perasaa tidak nyaman. Keadaan seperti ini dapat terjadi lebih cepat bila kadar hormon progesteron pada tubuh lebih tingi.

Faktor lain yang dapat menyebabkan mengapa rasa panas pada perut dapat terjadi adalah kondisi fisik. Rahim yang tumbuh dan berkembang selama kehamilan menyebabkan terjadinya heartburn. Bila Moms tengah mengalami heartburn biasanya disertai dengan keluhan lain.

 

Keluhan Penyerta yang Umum dialami oleh Ibu Hamil yang Mengalami Perut Panas

Saat mengalami perut panas, ibu hamil biasanya mengalami beberapa keluhan lain. Jenis keluhan yang sering terjadi adalah gangguan pencernaan seperti maag dan sembelit. Gejala heartburn ini umum dialami oleh ibu hamil pada waktu trimester ketiga. 

Ketika kehamilan semakin membesar, rahim yang tumbuh secara alami memberikan tekanan pada usus dan lambung. Oleh karena itu, Moms mengalami tekanan pada perut yang menyebabkan rasa panas muncul. Lantas, bagaimana cara mengatasi keadaan seperti ini?   

Ada beberapa cara yang Moms dapat lakukan untuk mengurangi rasa panas yang tidak nyaman pada perut. Oleh karena, gejala perut panas ini adalah gejala umum yang hampir selalu dirasakan oleh ibu hamil maka Moms dapat mencoba untuk mengatasinya dengan mengikuti langkah berikut ini.

 

Tips Mengatasi Perut Panas saat Kehamilan

Moms dapat mengatasi rasa panas yang muncul saat menjalani kehamilan dengan melakukan beberapa tips berikut ini. Pertama, Moms dapat mengganti kebiasaan makan yang biasanya dilakukan 3x sehari dengan porsi menjadi porsi kecil.

Makan dengan porsi kecil ini dapat dilakukan dengan pembagian 6x sehari. Melakukan konsumsi makanan yang dilakukan dalam jumlah kecil tetapi teratur dapat mencegah terjadi panas pada perut. Hal ini karena lambung akan memproses makanan dengan lebih baik dan lancar.

Perut juga tidak terasa penuh tetapi tubuh tetap ternutrisi secara seimbang. Penyebab perut panas saat hamil dapat terjadi karena makanan yang dikonsumsi dalam jumlah besar sehingga membuat lambung terasa penuh.

Saat mengkonsumsi makanan, disarankan untuk makan dengan jeda waktu yang mencukupi. Bila Moms hendak makan malam maka disarankan untuk mengkonsumsi -2-3 jam sebelum waktu tidur. Selain itu, Moms juga disarankan untuk menghindari makanan pedas dan mengandung kafein.

 

Makanan yang Dapat Meredakan Perut Panas Saat Hamil

Cara mudah untuk mengatasi rasa panas yang muncul pada perut saat hamil adalah dengan mengkonsumsi madu yang dicampur dalam segelas susu hangat. Moms dapat mencoba untuk mengkonsumsi madu sebanyak satu sendok makan setiap hari. 

Moms juga dapat mencampurnya pada minuman yang hendak dikonsumsi seperti susu hangat. Selain itu, mengkonsumsi yogurt juga baik untuk tubuh. Mengkonsumsi air putih secara rutin juga baik untuk tubuh. Perbanyak konsumsi air putih dapat memperlancar proses pencernaan pada tubuh. 

Air putih yang dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi kandungan gula, sodium, dan lemak pada tubuh. Moms juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Buah – buahan yang mudah dicerna oleh lambung juga baik untuk ibu hamil.

Moms dapat mengkonsumsi buah pisang untuk mengurangi rasa lapar saat hamil. Buah pisang mudah dicerna oleh lambung sehingga tidak menyebabkan rasa begah atau mual pada tubuh. Rasa panas pada lambung juga dapat terhindari.  Moms juga dapat mengkonsumsi jus buah secara rutin.

 

Waspada bila Kondisi Panas Pada Perut Tidak Kunjung Hilang Saat Hamil

Bila Moms sudah melakukan semua hal diatas tetapi rasa panas pada perut tidak kunjung hilang maka Moms perlu waspada. Ada baiknya, bila Moms segera mengecek kondisi tubuh dan kehamilan Moms ke dokter di sekitar Moms.

Kondisi panas pada area perut yang terjadi secara terus menerus saat menjalani proses kehamilan dapat menyebabkan preeklamsia. Apa itu preeklamsia? Kondisi ini adalah kondisi keadaan tubuh yang terjadi pada ibu hamil.

Ketika tekanan darah meningkat akibat adanya rasa panas pada lambung yang tidak kunjung hilang, hal ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal pada tubuh bila dibiarkan secara terus – menerus tanpa ditangani dengan baik.

Preeklamsia yang terjadi pada ibu hamil dan berbahaya bila tidak segera ditangani dengan baik. Kondisi yang buruk dapat mempengaruhi kondisi hati, ginjal, darah, otak pada tubuh. Akibat buruk yang terjadi dapat berpengaruh pada kondisi janin dalam rahim.

Kondisi yang parah menunjukkan adanya pembengkakan pada tangan, kaki, dan wajah. Selain itu, rasa panas pada perut juga diikuti dengan rasa sakit kepala yang tidak kunjung. Moms juga dapat mengalami masa penglihatan dan rasa sakit hebat pada bagian bawah tulang rusuk.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin dengan melakukan pola makan yang sehat. Konsumsi makanan bernutrisi secara teratur penting untuk menjaga kesehatan calon buah hati.

Segera cek bila Moms mengalami perubahan kesehatan tubuh yang terjadi secara terus – menerus. Bila Moms mengalami rasa panas hebat pada lambung yang tidak kunjung hilang maka segera hubungi dokter kehamilan untuk berkonsultasi tentang kondisi kesehatan Moms dan janin.

 

Mengetahui secara detail tentang penyebab perut panas saat hamil dapat membantu Moms untuk mengatasi masalah yang Moms hadapi. Selain it, Moms juga dapat melakukan beberapa tips untuk tetap menjaga kesehatan dengan baik. 

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019