Penyebab Mulut Pahit Pada Ibu Hamil

Pada saat hamil, sang ibu kerap kali merasakan berbagai perubahan kondisi tubuh. Selain mual dan pegal-pegal, sang ibu juga meraskan kondisi mulut yang terasa pahit seperti logam. Kondisi ini tentu nya sangat membuat sang ibu tidak nyaman, sehingga bisa menurunkan nafsu makan yang berakibat pada kesehatan janin. Kondisi mulut pahit ini disebut dengan dysgeusia. Dysgeusia adalah suatu kondisi dimana hilangnya kemampuan untuk mengecap, sehingga lidah terasa asam atau pahit seperti logam. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Namun anda tidak perlu khawatir, karena hal-hal yang dapat membuat lidah menjadi pahit pada ibu hamil pun dapat segera diatasi.

 

Hal-hal yang Dapat Menyebabkan Mulut Pahit Saat Hamil

Kondisi mulut pahit pada saat hamil memang membuat tidak nyaman. Agar dapat mengatasi dan mencegah hal tersebut terjadi, yuk tidak ada salahnya mengenali faktor atau penyebab yang dapat menyebabkan mulut pahit saat hamil. Berikut merupakan beberapa hal yang menjadi penyebab mulut pahit saat masa kehamilan.

  • Perubahan Hormon

Salah satu hal yang dapat menyebabkan kondisi mulut pahit saat hamil yaitu terjadi nya perubahan hormon. Hormon estrogen pada ibu hamil ini biasanya naik dan turun drastis, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi indera perasa sang ibu. Lonjakan hormon estrogen yang tidak menentu ini bisa menyebabkan mulut menjadi asam atau pahit pada ibu hamil.

  • Masalah Pada Gigi

Permasalahan pada gigi seperti penumpukan bakteri dapat menyebabkan infeksi gigi dan radang gusi apabila tidak dibersihan secara teratur. Penumpukan bakteri tersebut pun dapat menimbulkan masalah pada mulut seperti mulut yang terasa pahit atau asam. Oleh karena itu, ibu hamil diharuskan untuk membersihkan gigi dan mulut secara rutin agar terhindar dari penumpukan bakteri yang dapat menimbulkan plak atau karang gigi sehingga membuat mulut tidak nyaman dan terasa pahit. Jika plak pada gigi sudah menumpuk, anda diharuskan untuk menemui dokter gigi untuk dilakukan pembersihan karang gigi yang membuat mulut anda menjadi asam atau pahit.

  • Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung pun bisa menyebabkan mulut ibu hamil menjadi asam atau pahit dikarenakan asam lambung yang naik ke kerongkongan (esofagus). Kondisi ini dinamakan dengan GERD. Hal ini bisa terjadi apabila sang ibu memiliki kebiasaan berbaring setelah makan, ataupun mengkonsumsi makanan yang pedas, minuman berkafein seperti kopi dan teh, serta dapat juga diakibatkan oleh stress. Oleh karena itu, hindari makanan-makanan pemicu naiknya asam lambung tersebut, serta rileks dan tenangkan pikiran agar terhindar dari stress.

  • Konsumsi Obat-Obatan

Untuk menunjang kesehatan ibu dan sang janin, biasanya ibu hamil diberi resep obat tertentu oleh dokter. Namun terkadang obat-obatan yang dikonsumsi tersebut dapat menimbulkan efek samping dan rasa pahit yang berkepanjangan pada ibu hamil. Oleh karea itu, perbanyak minum air putih agar lidah tidak terasa pahit. Selain itu anda tidak perlu khawatir, karena rasa pahit tersebut tidak akan berlangsung lama dan akan hilang dengan sendiri nya.

  • Paparan Zat Kimia

Faktor lainnya yang dapat menimbulkan mulut terasa pahit saat hamil yaitu paparan zat kimia. Zat kimia yang mengandung merkuri dan timbal tersebut dapat menyebabkan lidah terasa pahit apabila terhisap. Selain itu, asap rokok yang tidak sengaja terhirup pun dapat menyebabkan lidah ibu hamil menjadi asam. Oleh karena itu, jauhi asap rokok sebisa mungkin karena selain menimbulkan lidah menjadi asam, juga tidak baik untuk kesehatan janin anda.

 

Cara Mengatasi Mulut Pahit Saat Hamil

Perubahan kondisi tubuh pada ibu hamil seperti mulut yang terasa pahit memang sangat tidak nyaman, namun anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut da[at segera diatasi. Setelah mengenali berbagai hal yang menjadi penyebab mulut pahit, kami akan menyampaikan beberapa cara mengatasi mulut pahit pada masa kehamilan.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Kondisi pahit pada mulut dapat terjadi karena kurangnya asupan air dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi air putih yang banyak agar cairan tubuh tetap terpenuhi, sehingga bagian-bagian tubuh dapat bekerja dengan optimal, termasuk indera pengecap. Pada masa kehamilan tentunya membutuhkan asupan cairan yang cukup, sehingga anda diharuskan meminum air putih yang banyak agar rasa asam atau pahit pada lidah pun dapat segera hilang.

  • Rutin Bersihkan Mulut

Rasa asam pada mulut disebabkan oleh kebiasaan membersihkan mulut yang kurang rutin. Oleh karena itu, ibu hamil diharuskan untuk membersihakn mulut dengan rutin, yaitu dengan menggosok gigi dan lidah agar kesehatan mulut tetap terjaga dan membersihkan mulut dari bakteri yang menumpuk. Selain itu, ibu hamil juga bisa berkumur dengan air garam untuk menetralkan rasa asam atau pahit pada mulut serta membunuh bakteri yang ada pada mulut. Namun jika setelah menggosok gigi bakteri tetap ada, kemungkinan terdapat plak atau karang gigi yang harus segera dibersihkan. Periksa kondisi karang gigi tersebut ke dokter gigi untuk dilakukan pembersihan karang gigi.

  • Kunyah Permen Karet

Untuk mengatasi penyebab lidah pahit pada ibu hamil, juga bisa dilakukan dengan mengunyah permen karet atau permen mint. Kondisi lidah yang pahit ini bisa disebabkan oleh mulut yang kering, sehingga mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi air liur. Selain itu, rasa mint pada permen karet pun dapat menetralkan rasa asam atau pahit pada lidah.

  • Konsumsi Camilan

Selain beberapa hal diatas, mengkonsumsi camilan pun bisa mengatasi lidah pahit pada ibu hamil. Pilihlah camilan yang sehat dan bergizi tentu nya, agar janin pun tetap sehat. Anda bisa mengkonsumsi camilan seperti biskuit ataupun buah-buahan yang segar dan manis untuk mengatasi lidah yang tidak terasa nyaman atau pahit. Konsumsi lah makanan-makanan tersebut dalam batas wajar, sehingga perlahan-lahan rasa pahit pada lidah ibu hamil pun dapat segera hilang.

  • Hindari Makanan Beraroma Kuat

Agar indera pengecapan yaitu lidah berfungsi dengan baik pada ibu hamil, anda sebisa mungkin untuk menghindari makanan-makanan yang beraroma kuat karena dapat memperburuk kondisi lidah. Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang beraroma kuat pun dapat membuat indera pengecapan menjadi mati rasa, sehingga lidah menjadi pahit. Oleh karena itu, konsumsi lah makanan-makanan yang tidak terlalu beraroma dan bercita rasa yang terlalu kuat atau terlalu asin, pedas, dan manis, agar indera pengecapan pun bisa berfungsi lagi dengan baik.

 

Itulah merupakan beberapa hal yang menjadi penyebab mulut pahit atau dysgeusia pada saat hamil serta cara-cara mengatasi nya. Perubahan kondisi tubuh memang kerap kali terjadi pada saat hamil, salah satu nya yaitu mulut yang menjadi asam atau pahit. Kondisi tersebut tentunya sangat membuat ibu hamil tidak nyaman, namun anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut bisa diatasi dan dapat hilang dengan sendiri nya. Sekian, semoga bermanfaat.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019