Olahan Buah Peach untuk MPASI

 

Olahan Buah Peach untuk MPASI

Ada berbagai macam buah yang direkomendasikan untuk bayi, salah satunya adalah peach. Peach merupakan buah yang kaya akan berbagai macam kandungan nutrisi seperti beta karoten dan vitamin yang melimpah. Rasanya yang manis dan lezat membuatnya menjadi salah satu buah ideal yang patut dikenalkan pada si Kecil untuk MPASI.

 

Apa Itu Buah Peach?

Buah peach atau yang lebih dikenal sebagai buah persik ini merupakan salah satu buah yang sudah ditemukan sejak zaman dahulu kala. Bahkan, buah persik ini seringkali diibaratkan sebagai sebuah simbolisme pada kisah religi dan kisah fiksi yang ada di dunia. Buah ini memiliki warna dan pemaknaan yang berbeda-beda, ada yang menganggapnya sebagai obat, seni, karya sastra, dan lain-lain.

Meskipun begitu, buah persik dianggap merepresentasikan buah musim panas yang selalu segar. Karena itulah, tidak mengherankan apabila buah ini selalu direkomendasikan oleh ahli kesehatan untuk dijadikan sebagai salah satu bahan membuat MPASI. Alasannya adalah seperti berikut:

  • Buah persik mudah untuk ditemukan di sekitar rumah dan tidak termasuk buah yang harganya terlalu mahal.
  • Buah ini memiliki tekstur yang tidak terlalu keras, bahkan cenderung lembut dan mudah untuk dikupas kulitnya.
  • Buah persik memiliki rasa yang sangat manis sehingga Moms tidak perlu menambahkan gula pada olahan makanannya.

Karena alasan di atas, maka Moms lebih baik memanfaatkan keberadaan buah ini untuk membuat bayi menjadi lebih familiar. Dijamin si Kecil akan menyukai rasa buah ini yang sangat segar dan tidak kalah dengan buah lain yang jauh lebih populer.

 

Manfaat Buah Peach

Ada begitu banyak kelebihan yang ditawarkan oleh buah peach dan semua kelebihan itu bisa didapatkan hanya dengan memberi beberapa potongan buahnya saja. Berikut ini adalah manfaat buah peach:

  • Bermanfaat untuk Indera Penglihatan

Manfaat pertama yang diberikan oleh buah persik yaitu mampu membuat indera penglihatan si Kecil menjadi semakin sehat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah ini mengandung banyak sekali vitamin C dan vitamin A beserta kandungan antioksidan lainnya yang mampu memperbaiki kualitas mata si Kecil.

  • Membuat Bayi Terhindar dari Dehidrasi

Berdasarkan suatu penelitian, buah persik ternyata memiliki kandungan air yang sangat melimpah. Karena itulah, apabila Moms memberikannya pada si Kecil maka tubuh mereka pun akan tetap berada pada kondisi yang terbebas dari dehidrasi karena kandungan air tersebut mampu membantu tubuh untuk tetap terjaga.

  • Bagus untuk Peredaran Darah

Tidak hanya vitamin dan mineral, namun buah peach juga mengandung kalium yang sangat banyak. Kandungan tersebut berperan penting sebagai pihak yang membantu sistem sirkulasi darah menjadi baik. Dengan memberi buah persik ini, maka sirkulasi darah si Kecil pun bisa lancar.

  • Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Manfaat yang terakhir yaitu buah ini mampu menjaga kesehatan gigi dan tulang si Kecil. Hal itu karena buah persik memiliki kandungan fluoride, sebuah kandungan yang mampu membuat gigi dan tulang bayi menjadi lebih aman dari ancaman berbahaya.

Memberi asupan fluoride pada si Kecil dipercaya sangat ampuh untuk mencegah kerusakan gigi yang umumnya terjadi karena banyak kuman. Selain itu, kandungan fosfornya sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang bayi sehingga mereka bisa tumbuh dengan lebih gagah.

 

 

Apakah Peach Aman untuk Bayi?

Meskipun buah peach memang menghasilkan berbagai manfaat untuk si Kecil, hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa buah ini bisa menimbulkan reaksi alergi. Selain itu, buah ini memiliki daging yang cukup licin, sehingga apabila tidak dipotong dengan benar maka si Kecil bisa tersedak dan potongan buah itu bisa tersumbat pada tenggorokannya.

Karena itulah, Moms lebih baik menyajikan buah ini dengan mengolahnya sebagai sereal atau mencampurkannya dengan yoghurt. Dengan begitu, si Kecil pun bisa menelannya dengan lebih mudah dan tidak merasa kesulitan lagi.

Selain itu, buah peach ini sangat aman untuk diberikan pada si Kecil. Buah persik yang sudah matang akan memberikan kandungan serat yang tinggi untuk membantu mengisi energi baru pada tubuh si Kecil. Ada pula kandungan vitamin C dan vitamin A untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh mereka.

 

Cara Memilih Buah Peach yang Tepat

Ketika ingin memberikan buah peach pada si Kecil, Moms tidak boleh memilih buahnya secara sembarangan. Pastikan bahwa Moms memilih buah yang berkualitas tinggi, seperti beberapa langkah berikut ini:

  • Pilihlah buah peach yang organik sehingga daging buahnya terbebas dari semprotan pestisida. Sebab, pestisida berpotensi membuat daging buah tidak berkualitas lagi.
  • Hindari membeli buah peach yang ditaruh di kemasan kalengan. Sebab, buah peach pada kalengan biasanya sudah ditambahi gula atau sirup dalam jumlah yang terlalu banyak sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak.
  • Pilih buah persik yang sudah matang, apabila memang masih mentah simpan pada lemari es dan tunggu beberapa hari hingga bentuknya kecokelatan.

 

Tips Menyimpan Peach pada Bayi

Ada beberapa tips tambahan yang bisa Moms terapkan ketika ingin menyimpan buah peach. Beberapa tips untuk menyimpan buah peach yaitu:

  • Apabila Moms ingin membuat puree peach dengan buah yang masih dingin, taruh buah pada ruang terbuka terlebih dahulu sehingga es yang menggumpal bisa mencair.
  • Moms bisa menyimpan sisa olahan buah peach ke dalam lemari pendingin selama 3 hari.
  • Pilihlah buah persik yang dagingnya sangat lembut, Moms juga diperbolehkan untuk tidak mengupas kulitnya.
  • Apabila ingin membekukan buah peach, potonglah buah tersebut dalam bentuk dadu lalu taruh pada alat pendingin.
  • Sajikan pada bayi dalam porsi yang seimbang dan tidak terlalu berlebihan.

Semua tips tersebut harus dilakukan apabila Moms ingin kualitas buahnya masih bagus ketika diberikan pada si Kecil. Apabila dilakukan, Moms tidak perlu repot-repot membeli buah yang baru sebab masih ada banyak cadangan penyimpanan di dalam lemari es yang masih bisa diolah.

 

Resep Membuat Puree Peach

Bagi Moms yang masih tidak mengetahui langkah mudah untuk membuat puree peach, tidak perlu khawatir sebab caranya ternyata sangat mudah. Perhatikanlah langkah-langkah berikut:

 

Bahan:

 

  • Air secukupnya
  • 2 buah persik yang warnanya oranye sedikit kemerahan

 

Cara membuat:

 

  • Cucilah buah persik terlebih dahulu.
  • Kukus buah persik ke dalam panci selama beberapa saat, lalu angkat buah itu dan masukkan ke dalam air dingin.
  • Kupas buah persik yang ada di dalam air dingin menggunakan pisau atau tangan.
  • Potong buah persik menjadi dua bagian, lalu iris daging buahnya ke dalam ukuran yang sama.
  • Masukkan potongan buah persik ke dalam blender, tambahkan air lalu haluskan.
  • Apabila sudah halus, maka keluarkan buah peach lalu sajikan kepada si Kecil.

 

Begitulah beberapa langkah yang bisa Moms tempuh jika memang ingin memberikan puree peach kepada si Kecil. Untuk membuat bayi terbiasa dengan rasa buah ini, campurkanlah puree dengan buah lain yang disukai si Kecil.

 

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019