Mitos Nanas Bagi Ibu Hamil, Benarkah Berbahaya?

Di kalangan masyarakat, ada banyak sekali mitos-mitos tentang kehamilan yang seringkali didengar dari berbagai orang. Salah satu mitos yang sangat beredar adalah pantangan untuk memakan buah nanas saat hamil karena dianggap dapat menyebabkan keguguran. Akibat adanya mitos tersebut, banyak ibu yang menjadi tidak berani memakan buah ini. Lantas, apakah mitos itu memang benar adanya?

 

Hubungan Buah Nanas Dengan Proses Kehamilan

Sampai kini, belum ada penelitian ilmiah yang telah membuktikan bahwa nanas adalah buah yang memberi dampak buruk bagi ibu hamil. Umumnya, mitos yang beredar di masyarakat tersebut diduga dikaitkan dengan kandungan enzim bromelain yang ada pada buah tersebut.

Enzim bromelain tersebut memiliki sifat proteolitik, yang membuatnya mampu memecah protein yang ada di dalam tubuh dan dapat memicu terjadinya kontraksi, sehingga berisiko untuk menyebabkan pendarahan. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena kandungan enzim bromelain di dalam nanas sangat kecil sehingga tetap aman apabila Anda mengonsumsi dalam jumlah wajar.

 

Kandungan Nanas yang Baik Bagi Ibu Hamil

Selain memiliki rasa yang segar, buah yang khas akan warna kuningnya ini juga memiliki kandungan lain yang tidak kalah menguntungkan bagi ibu hamil. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Vitamin C

Vitamin C memang seringkali ada pada buah seperti nanas dan memiliki manfaat yang sangat bagus untuk membantu perkembangan ibu hamil, salah satunya adalah memenuhi kebutuhan serat dan meningkatkan pertumbuhan tulang dan kulit bayi.

  1. Vitamin B1

Nanas juga memiliki kandungan Vitamin B1, yang mampu membantu mengatur sistem saraf dan fungsi jantung agar berjalan dengan lebih maksimal. Tidak hanya itu saja, vitamin ini juga bisa membuat otot yang ada pada tubuh ibu hamil bekerja dengan tepat.

  1. Vitamin B6

Nanas memang memiliki banyak sekali kandungan vitamin, seperti vitamin B6. Kandungan ini akan membawakan beragam reaksi positif pada tubuh ibu hamil, seperti membantu memperbaiki fungsi tubuh dan juga meredakan morning sickness.

 

Manfaat Nanas Apabila Dikonsumsi Ibu Hamil

Berbeda dengan mitos yang seringkali beredar di kalangan masyarakat, nanas justru mampu memberikan beragam manfaat yang sangat membantu ibu hamil, seperti:

  1. Membantu Peningkatan Produksi Sel Darah Merah

Nanas memiliki kandungan vitamin B6 yang sangat berguna untuk membantu produksi sel darah merah. Karena itulah, nanas pun dapat dijadikan solusi untuk mencegah anemia atau kekurangan darah.

  1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat nanas yang lainnya yaitu dapat membantu mencegah risiko terkena osteoporosis yang biasanya sering terjadi pada ibu hamil karena kekurangan vitamin D. Kandungan mangan di dalam nanas dapat membuat tulang menjadi jauh lebih sehat sehingga Anda pun dapat tercegah dari osteoporosis.

  1. Membuat Kekebalan Tubuh Meningkat

Karena kaya akan kandungan vitamin C, hal ini dapat membantu ibu hamil tercukupi kebutuhan hariannya ketika hamil. Hal ini karena satu cangkir nanas kemungkinan dapat memenuhi kebutuhan 80 sampai 85 miligram vitamin C.

Karena itulah, nanas pun juga dapat memperbaiki kerusakan sel serta membantu membuat kekebalan tubuh menjadi meningkat.

  1. Membuat Pencernaan Menjadi Lancar

Enzim bromelain yang ada pada nanas ternyata memiliki fungsi yang sangat bagus bagi tubuh terlebih pada sistem pencernaan. Enzim yang satu ini mampu membantu proses penyerapan makanan yang ada pada usus menjadi jauh lebih mudah sehingga sistem pencernaan pun berjalan dengan lancar tanpa mengalami gangguan seperti sembelit.

 

Hal yang Terjadi Apabila Makan Nanas Berlebihan

Meskipun nanas terbukti memiliki manfaat yang sangat banyak, bukan berarti Anda boleh mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Hal tersebut karena memakan nanas dalam jumlah besar akan memicu berbagai kondisi yang mengganggu ibu, seperti:

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Reaksi pertama yang biasa muncul apabila Anda memakan nanas dalam jumlah yang berlebihan adalah kepala terasa pusing, dan pandangan di depan mata terasa seperti berputar sesaat setelah bangkit dari posisi berbaring.

Reaksi tersebut terjadi karena adanya penurunan tekanan darah di dalam tubuh setelah memakan nanas dalam jumlah banyak, dan lebih baik Anda segera berkunjung ke dokter sehingga dapat dilakukan langkah-langkah selanjutnya untuk membantu tekanan darah kembali menuju semula.

  1. Muncul Reaksi Alergi

Apabila Anda sebelumnya tidak terbiasa mengonsumsi nanas dan baru mencobanya pertama kali, Anda kemungkinan akan mengalami reaksi alergi yang tampak sangat jelas mulai dari mulut menjadi bengkak dan gatal, atau bahkan terkadang sampai memicu asma menjadi kambuh.

Mulut yang gatal tersebut merupakan reaksi yang biasanya terjadi disebabkan oleh getah khusus yang ada di dalam nanas. Ketika reaksi ini muncul, maka segeralah berhenti memakan nanas dan kunjungi dokter secepat mungkin untuk segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  1. Menjadi Pemicu Munculnya Nyeri Ulu Hati

Meskipun nanas tidak membahayakan janin, namun mengonsumsinya dalam jumlah tidak wajar akan memberi efek mengganggu bagi ibu seperti memicu munculnya nyeri pada ulu hati. Apabila setelah mengonsumsi nanas Anda merasakan gangguan pada pencernaan, maka sebaiknya segera hentikan memakan buah ini.

Kandungan asam yang ada pada buah nanas dapat menjadi penyebab terjadinya produksi asam lambung yang meningkat, sehingga membuat ulu hati menjadi terasa nyeri. Biasanya, kondisi ini pun seringkali diikuti oleh perut mulas dan diare.

  1. Menyebabkan Peningkatan Gula Darah

Kandungan gula yang banyak di dalam nanas juga menjadi pemicu munculnya gangguan tidak nyaman pada tubuh ibu hamil. Untuk itu, buah ini sebaiknya dihindari oleh perempuan yang memiliki riwayat diabetes gestasional karena nanas dapat membuat gula darah menjadi meningkat.

  1. Membuat Berat Badan Naik

Karena memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, nanas sangat tidak direkomendasi bagi ibu yang tidak ingin mengalami peningkatan berat badan. Selain itu, perempuan yang memang memiliki kondisi kelebihan berat badan juga tidak direkomendasikan untuk memakan buah ini pada saat hamil.

  1. Memicu Kram Otot

Terakhir, reaksi yang bisa muncul apabila Anda mengonsumsi nanas secara berlebihan adalah munculnya rasa sakit pada otot yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Hal ini terjadi karena enzim bromealin dapat membuat vena menjadi kekurangan bahan tertentu, sehingga membuat otot di tubuh ibu hamil menjadi kram.

 

Kapan Harus Menghindari Nanas?

Sebaiknya, Anda harus menghindari buah ini apabila Anda memang memiliki perut yang sensitif karena kandungan asam di dalam nanas bisa membuat asam lambung menjadi naik sehingga berujung pada diare.

Selain itu, hindarilah mengonsumsi nanas apabila Anda sebelumnya memiliki alergi terhadap serbuk sari karena apabila Anda memiliki alergi ini, maka Anda pun juga kemungkinan akan memiliki alergi terhadap nanas.

 

Nah, itulah beberapa penjelasan yang dapat menepis mitos nanas yang berbahaya bagi ibu hamil. Akan tetapi, meskipun memang tidak berbahaya Anda pun masih harus berhati-hati ketika mengonsumsi buah ini.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019