Minyak Ikan Untuk Bayi dan Tips Memberikannya

Dalam perbincangan tentang dunia kesehatan, minyak ikan menjadi salah satu sumber nutrisi yang banyak disarankan, terutama untuk orang dewasa. Ya, minyak ikan dianggap mampu untuk menurunkan tekanan darah hingga meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun, bagaimana dengan minyak ikan untuk bayi? Apakah manfaat yang didapatkan juga sama?

Bisa dikatakan, meskipun secara manfaat agak berbeda, namun bayi dan anak-anak juga membutuhkan minyak ikan. Sebagaimana diketahui, di dalam minyak ikan terdapat kandungan omega-3 yang cukup tinggi. Kandungan omega-3 inilah yang nantinya akan berperan untuk meningkatkan perkembangan otak si kecil.

Berbincang tentang manfaat minyak ikan terutama pada bayi hingga usia 12 bulan, ada beberapa manfaat paling penting yang Mom perlu ketahui. Manfaat ini nantinya bisa dijadikan alasan kenapa Mom perlu memberikan minyak ikan pada si kecil.

Nah, beberapa manfaat yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengoptimalkan perkembangan bayi

Salah satu tugas yang sangat penting bagi Mom adalah mengoptimalkan perkembangan bayi. Dengan perkembangan yang optimal dan maksimal, tentu saja nantinya bayi akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dengan kondisi yang sehat tanpa adanya gangguan yang merugikan.

Usaha untuk mengoptimalkan perkembangan bayi tersebut bisa dilakukan dengan cara memberikan minyak ikan sesuai aturannya. Minyak ikan memiliki kandungan beragam vitamin, omega-3, asam lemak serta DHA yang sangat menguntungkan dan membantu perkembangan bayi.

  • Menyehatkan otak

Manfaat lain yang didapatkan dari minyak ikan adalah kondisi otak bayi yang senantiasa sehat. Perlu diketahui bahwa seiring otak adalah bagian tubuh yang sangat penting, maka Mom harus memastikan jika otak bayi tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Dengan otak yang berkembang baik, maka nantinya si kecil akan memiliki daya ingat yang baik pula serta mampu mengikuti perkembangan dengan lebih maksimal.

Nah, di dalam minyak ikan terdapat kandungan DHA serta omega-3. Keduanya merupakan nutrisi yang sangat penting dalam perkembangan bayi. Tidak mengherankan jika bayi yang diberikan minyak ikan sejak dini nantinya akan tumbuh menjadi anak yang selain cerdas juga kreatif.

  • Memiliki nutrisi tinggi dan bebas merkuri

Bayi secara umum membutuhkan nutrisi yang cukup tinggi untuk menjaga kesehatannya. Nutrisi yang ia dapatkan nantinya akan menjadi agen yang ampuh untuk memastikan kondisi tubuhnya senantiasa baik serta terhindar dari gangguan kesehatan.

Nutrisi lengkap yang dibutuhkan bayi tersebut bisa didapatkan dalam kandungan minyak ikan. Perlu Mom ketahui bahwa minyak ikan memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi serta bebas dari merkuri. Artinya, minyak ikan bisa diandalkan sebagai upaya pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan bayi tanpa adanya risiko buruk yang akan menimpanya.

  • Mencegah depresi yang mungkin terjadi pada bayi

Manfaat lain yang terkandung dalam minyak ikan yang baik untuk bayi adalah mengatasi depresi atau kecemasan. Memang, bayi memiliki risiko cemas yang lebih tinggi, terutama dikarenakan kondisinya yang cenderung belum stabil. Jika hal ini terjadi, maka biasanya bayi akan cenderung lebih rewel daripada biasanya.

Nah, kabar baiknya, masalah ini setidaknya bisa diatasi dengan memberikan minyak ikan pada bayi. Dengan kandungan omega-3 yang cukup tinggi pada minyak ikan, bayi yang diberikan minyak ikan nantinya akan cenderung lebih tenang karena mood serta suasana bayi yang cenderung lebih stabil.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Bayi seringkali mengalami masalah tidur, terutama di malam hari. Meskipun hal ini wajar saja, namun terkadang bisa merepotkan Mom yang kurang istirahat. Oleh karenanya, melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kualitas tidur bayi adalah hal yang penting. Terlebih, dengan kualitas tidur yang baik nantinya kesehatan bayi pun juga akan turut membaik.

Omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan adalah kandungan yang luar biasa dan menguntungkan untuk menjaga kualitas tidur pada bayi. Dengan nutrisi omega-3 yang cukup, nantinya masalah susah tidur pada bayi akan cenderung bisa diatas dengan lebih baik serta bayi akan cenderung tenang dan tidak rewel saat tidur.

Selain manfaat di atas, tentu saja masih ada banyak manfaat lain dari minyak ikan untuk bayi yang bisa dijadikan pertimbangan kenapa Mom perlu memberikannya.

 

Dosis Minyak Ikan yang Aman Untuk Bayi

Meskipun minyak ikan memiliki manfaat yang sangat banyak untuk bayi, bukan berarti Mom bisa memberikannya tanpa adanya aturan. Seiring dengan kondisi tubuh bayi secara umum yang belum stabil, maka dosis untuk pemberian minyak ikan harus senantiasa diperhatikan. Ya, dengan dosis yang tepat, maka manfaat minyak ikan bisa didapatkan dengan maksimal.

Lantas, berapa dosis minyak ikan yang disarankan untuk bayi?

Secara umum, dosis minyak ikan yang cenderung aman dan disarankan untuk diberikan pada bayi adalah hanya 1 gram saja. Dosis ini nantinya terdiri dari 150 – 600 miligram EPA dan sekitar 100 – 350 miligram DHA. Tentu, nantinya dosis ini bisa bertambah seiring usia bayi yang juga cenderung bertambah.

 

Apa Saja Sumber Minyak Ikan Untuk Diberikan Pada Bayi?

Minyak ikan sebagai sumber nutrisi pada bayi bisa didapatkan dari beberapa ikan yang berbeda. Minyak hati ikan kod adalah salah satu sumber minyak ikan yang bisa diberikan. Bahkan, secara umum, sumber ini diketahui sebagai salah satu sumber yang paling baik.

Selain itu, minyak ikan juga bisa didapatkan dari ikan gendut. Beberapa jenis ikan gendut seperti salmon, tuna, mackerel, rainbow trout, herring dan lainnya adalah sumber nutrisi minyak ikan yang cukup baik.

Apakah bayi bisa diberikan suplemen minyak ikan?

Memang, saat ini ada cukup banyak suplemen minyak ikan yang tersedia di pasaran. Adanya banyak suplemen memang bisa dijadikan pilihan lain untuk diberikan kepada bayi.

Secara umum, Mom bisa saja memberikan suplemen tersebut pada bayi. Hanya saja, Mom perlu selektif untuk memilih mana suplemen yang cocok untuk bayi seiring pencernaan mereka yang masih sensitif. Selain itu, sebenarnya, jika memungkinkan, Mom sebaiknya memilih minyak ikan langsung dari jenis ikan yang disebut di awal karena lebih aman.

 

Efek Samping Minyak Ikan yang Perlu Diketahui

Meskipun minyak ikan memiliki manfaat yang cukup banyak bagi bayi, namun ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Tentu saja, Mom perlu mengetahui efek samping ini untuk memastikan jika si kecil tetap baik-baik saja.

Beberapa efek samping dari pemberian minyak ikan pada si kecil adalah sebagai berikut:

  • Rasa yang tidak nyaman pada perut bayi
  • Risiko diare
  • Bayi mengalami mual
  • Adanya rasa panas yang muncul di dada si kecil
  • Si kecil mengalami sakit kepala
  • Rasa yang tidak enak membuat bayi enggan meminumnya

Dengan beragam manfaat yang bisa didapatkan, memberikan minyak ikan untuk bayi bisa dijadikan pertimbangan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan mereka. Hanya saja, Mom perlu mempertimbangkan dosis agar tidak ada dampak buruk yang terjadi pada si kecil. Semoga bermanfaat.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019