Menjaga Kesehatan Tubuh di Masa Kehamilan

 

Menjaga Kesehatan Tubuh di Masa Kehamilan

Wanita yang sedang dalam kondisi hamil pasti mengalami berbagai perubahan mulai dari perubahan bentuk tubuh, stamina tubuh, mood swing alias mood yang mudah sekali berubah, dan hal-hal lainnya yang akan terasa jauh berbeda dibandingkan dengan kondisi sebelum hamil. Bahkan, selama masa kehamilan, tubuh wanita lebih mudah terasa capek, pegal seluruh tubuh, hingga sakit kepala.

 

Senam Hamil untuk Atasi Berbagai Keluhan Selama Kehamilan

Tidak bisa dipungkiri bahwa wanita hamil lebih mudah mengalami pegal, capek, bahkan sakit kepala yang tidak membuat nyaman. Untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut, wanita hamil bisa mengikuti senam hamil yang diselenggarakan oleh rumah sakit atau instansi kesehatan lainnya. Senam hamil dapat menjadi alternatif sebagai terapi gerak agar persiapan proses melahirkan lebih matang.

Senam hamil boleh dilakukan apabila usia kandungan sudah mencapai 5 bulan atau 22 minggu karena sebelum memasuki usia kandungan 3 bulan, janin belum melekat kuat di dalam rahim. Berikut beberapa manfaat senam hamil untuk kesehatan wanita hamil:

  • Tubuh lebih rileks dan pikiran lebih tenang

Jika selama hamil wanita kerap merasakan sakit kepala, badan pegal-pegal, mudah capek, maka dengan mengikuti senam hamil ini akan membantu mereka supaya pikiran menjadi lebih tenang dan tubuh juga menjadi lebih rileks. Hal ini dikarenakan gerakan-gerakan saat senam hamil dapat membantu wanita hamil agar tidak stres selama dalam masa kehamilan.

  • Mengurangi keluhan selama hamil

Wanita hamil kerap merasakan berbagai keluhan seperti sakit punggung, sakit pinggang, dan hal-hal lainnya. Oleh karena itu, wanita hamil disarankan untuk mengikuti senam hamil supaya tubuhnya terbiasa untuk bergerak sehingga keluhan-keluhan yang berkaitan dengan ketidaknyamanan pada tubuh terasa jauh lebih berkurang. 

  • Mengurangi rasa nyeri

Selain keluhan-keluhan seperti sakit punggung, sakit pinggang, dan keluhan lainnya, wanita hamil juga kerap merasakan nyeri di bagian telapak kaki, bengkak, varises, dan hal-hal lainnya yang mengganggu fungsi kaki mereka saat berat badan mulai meningkat seiring pertumbuhan janin di dalam rahim. Senam hamil bisa membantu mengurangi keluhan-keluhan tersebut.

  • Membantu melancarkan proses kontraksi saat melahirkan

Senam hamil dapat menguatkan ketahanan elastisitas otot di beberapa bagian tubuh wanita hamil seperti otot panggul, otot dinding perut, serta otot paha di bagian dalam. Dengan elastisitas otot yang kuat, maka proses kontraksi maupun relaksasi yang berkaitan dengan melahirkan akan lebih mudah untuk dikuasai.

 

Tips Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Selama Hamil  

Tidak sedikit wanita hamil yang kerap mengalami mual, muntah, badan meriang, dan kondisi tubuh lainnya yang tidak membuat nyaman. Padahal, selama hamil, wanita disarankan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh agar janin yang dikandungnya tetap mendapatkan energi positif dari ibunya. Dalam kondisi hamil, sistem imunitas tubuh merupakan hal yang penting untuk selalu ditingkatkan.

Penerapan berbagai pola hidup yang sehat berikut ini sangat diperlukan selama masa kehamilan agar proses melahirkan lancar:

  • Rajin minum air putih

Air putih dibutuhkan untuk membantu tubuh wanita hamil agar selalu terhidrasi. Dengan rajin minum air putih, maka wanita hamil tidak mudah dehidrasi sehingga fungsi tubuhnya bekerja secara optimal. Wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas per hari supaya tubuh selalu terhidrasi dengan baik dan racun dalam tubuh dapat keluar.

  • Mengonsumsi suplemen vitamin khusus kehamilan

Wanita hamil membutuhkan asupan suplemen vitamin khusus kehamilan agar tubuh selalu fit dan tidak kekurangan vitamin. Vitamin yang di butuhkan selama masa kehamilan adalah seperti vitamin B12 dan zat besi. Suplemen vitamin biasanya akan diberikan oleh dokter kandungan dan harus dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter.

  • Mengonsumsi makanan yang sehat

Ketika memasuki usia kandungan pada trimester kedua, wanita hamil membutuhkan energi yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan janin dalam kandungan semakin tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, produk susu hamil, daging, biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan sangat disarankan.

 

 

Beberapa Pantangan Selama Hamil

Ketika sedang hamil, ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan supaya kesehatan tidak terganggu. Dengan menghindari pantangan selama masa kehamilan, maka hal-hal buruk tidak akan terjadi pada wanita hamil maupun janin yang dikandungnya. Berikut beberapa pantangan untuk wanita yang sedang dalam kondisi hamil:

  • Sauna yang terlalu lama

Sauna atau berendam dalam air panas sangat tidak direkomendasikan untuk wanita hamil karena dapat menyebabkan suhu tubuh menjadi terlalu panas atau overheating, mengalami dehidrasi akut, hingga pingsan. Apabila memang ingin melakukan sauna, sebaiknya suhu airnya diatur untuk tidak melebihi 32 derajat celcius dan waktu berendam hanya 15-20 menit.

  • Makan makanan mentah

Wanita hamil harus benar-benar menjaga asupan makanan supaya janin di dalam rahim tetap sehat. Selama hamil sebaiknya wanita menghindari makanan mentah seperti daging atau telur karena bisa menyebabkan keracunan makanan, toksoplasmosis, maupun infeksi bakteri Salmonella atau Listeria. Hal ini dapat menyebabkan Si Kecil lahir cacat atau beresiko keguguran.

  • Minum susu mentah

Selain makanan mentah, wanita hamil juga harus menghindari minum susu mentah maupun susu yang tidak diproses pasteurisasi. Untuk menghindari hal buruk pada janin, sebaiknya wanita hamil memperhatikan label kemasan yang terdapat informasi mengenai keterangan pasteurisasi. Susu mentah bisa mengancam nyawa janin serta berpotensi keguguran.

 

Mengonsumsi Pepaya Saat Hamil

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Kandungan serat dalam buah pepaya membantu wanita hamil supaya lebih mudah ketika mencerna makanan sehingga terhindar dari masalah pencernaan seperti maag, sembelit, maupun kembung. Selain itu, kandungan kalium dalam buah pepaya dapat mencegah morning sickness.

Morning sickness tersebut bisa berupa muntah maupun mual yang kerap dialami wanita hamil. Biasanya keluhan tersebut mulai dirasakan ketika usia kandungan memasuki trimester pertama. Buah pepaya juga mengandung antioksidan karotenoid yang jumlahnya lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan yang lain. Antioksidan tersebut mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

 

Dampak Pola Makan yang Buruk bagi Kesehatan Wanita Hamil

Selama masa kehamilan, wanita wajib untuk menjaga pola makan karena sari-sari makanan itulah yang akan diserap oleh janin dan menjadi sumber gizi utama bagi janin yang dikandungnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk Moms hamil untuk menjaga pola makan selama hamil agar kesehatannya selalu terjaga sehingga janin yang berada di dalam kandungan juga berkembang dengan sempurna.

Apabila wanita hamil kurang asupan kalsium, mineral, dan fosfor, dapat menyebabkan kram kaki. Jika kurang asupan vitamin C, bisa mengalami varises. Kekurangan serat bisa mengakibatkan sembelit dan kekurangan karbohidrat serta protein dapat menyebabkan rasa mual dan lelah. Sehingga keluhan yang dirasakan wanita hamil bisa bersumber dari dampak pola makan yang buruk.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019