Manfaat dari MPASI Beras Merah

 

Manfaat dari MPASI Beras Merah

Menurut Dokter Diana F. Suganda, MPASI harus memenuhi berbagai nutrisi yang diperlukan oleh si Kecil setiap harinya termasuk adanya kandungan karbohidrat di dalamnya. Beras merah sendiri merupakan salah satu karbohidrat sebagai bahan yang cukup baik dalam pembuatan MPASI. Moms perlu mengetahui banyaknya manfaat ketika mengkonsumsi nasi atau bubur dari beras merah tersebut yang akan dijelaskan di bawah ini.

 

4 Manfaat Beras Merah Sebagai Bahan Utama MPASI

  • Bayi Dapat Tidur Dengan Lelap

Seperti yang diketahui, beras merah merupakan karbohidrat yang sangat dibutuhkan selama masa pertumbuhan bayi. Karbohidrat sendiri mengandung zat Serotonin yang dapat merelaksasikan otak sehingga si Kecil dapat tidur dengan pulas setiap harinya. Si Kecil pun tidak akan mudah rewel di pagi hari karena cukupnya waktu istirahat yang didapatkan.

Jika bayi memiliki waktu tidur yang cukup, maka proses perkembangan otak dan pertumbuhannya dapat berjalan secara optimal. Moms dapat beristirahat di malam hari dengan tenang ketika si Kecil tidur pulas hingga pagi. Si Kecil akan melakukan berbagai hal dengan ceria karena mendapatkan asupan gizi yang mengenyangkan.

  • Dapat Menguatkan Tulang

Selain mengenyangkan, beras merah juga mengandung Magnesium yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan tulang serta otak si Kecil. Hal tersebut dikarenakan Magnesium yang terdapat dalam ASI tidak memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Maka dari itu, diperlukan Magnesium lainnya seperti yang terkandung dalam beras merah ini.

Kini, bahkan banyak tersedia MPASI bentuk instan dengan bahan beras merah yang manis dan enak. Tentunya si Kecil akan menyukai MPASI tersebut dan memakannya dengan lahap. Moms juga dapat memberikan MPASI menggunakan berbagai alat makan dari Dr. Brown’s dengan warna cerah yang menjadi favorit si Kecil.

  • Melancarkan Proses Pencernaan

MPASI dengan bahan beras merah dapat melancarkan pencernaan si Kecil dan mencegah dari sembelit. Si Kecil dapat melakukan buang air besar dengan lancar setiap harinya ketika mengonsumsi beras merah tersebut. Si Kecil pun tidak akan rewel dan mudah menangis karena sembelit yang membuat Moms khawatir.

Serat yang terkandung dalam beras merah sendiri memiliki fungsi sebagai berikut.

  • Melancarkan pencernaan sehingga si Kecil dapat buang air besar selama dua kali.
  • Tubuh si Kecil dapat merasakan kenyang lebih lama.

Kedua fungsi tersebut tentunya sangat membantu selama proses adaptasi tubuh dari cairan ASI menuju makanan yang lebih padat seperti beras merah. Meskipun bertekstur padat, namun beras merah ini dapat melancarkan sistem pencernaan si Kecil.

  • Merasa Kenyang Dalam Waktu yang Lama

Seperti yang telah diketahui, beras merah sendiri memiliki kandung Serat yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan beras putih. Jadi, ketika Moms menyuapi si Kecil MPASI dengan bahan utama beras merah akan membuatnya mudah merasa kenyang. Sehingga Karbohidrat yang kaya Serat ini sering digunakan sebagai bahan MPASI setiap harinya.

Dengan demikian, si Kecil tidak akan mudah merengek serta menjadikan proses metabolisme di tubuhnya berjalan lancar. Hal ini tentunya menghindarkan si Kecil dari berbagai penyakit perut atau berat badan berlebih selama masa pertumbuhannya. Moms dapat mencampurkan beras merah tersebut dengan bahan lainnya agar MPASI terasa enak dan gurih.

 

 

Apakah Beras Merah Bagus untuk Bayi?

Sebelum menyajikan beras merah, mungkin Moms masih sedikit meragukan apakah beras merah ini aman dikonsumsi oleh bayi atau tidak. Seorang ahli kesehatan bernama dokter Amadeo Basfiansa telah menjelaskan bahwa beras merah ini cukup aman untuk dikonsumsi, namun tentu saja pemberian beras tersebut harus dalam porsi yang seimbang dan jangan terlalu berlebihan.

Lebih lanjut lagi, dokter tersebut menyarankan pada orang tua untuk mengolah beras merah tersebut dengan menggunakan langkah yang sesuai agar nutrisi yang ada di dalamnya tetap utuh dan si Kecil pun bisa menelannya dengan lebih mudah. Moms bisa membuat beras merah ini sebagai menu MPASI dengan cara menghancurkan teksturnya terlebih dahulu agar bentuknya menjadi lebih halus.

 

Berapa Jam Merendam Beras Merah untuk Si Kecil?

Ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan terlebih dahulu sebelum memilih untuk mengolah beras merah. Salah satunya yaitu Moms harus merendam beras merah ke dalam air selama beberapa saat sebelum memasaknya. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa merendam beras merah adalah hal penting, seperti:

  • Beras merah memiliki kandungan asam fitat yang cukup banyak. Kandungan tersebut dipercaya mampu mengganggu proses penyerapan zinc, kalsium, dan zat besi yang ada di dalam tubuh si Kecil.
  • Selain kandungan asam fitat, beras merah juga memiliki kandungan logam arsenik yang cukup berbahaya. Logam arsenik dapat membuat tubuh si Kecil mengalami permasalahan tertentu, sehingga alangkah lebih baik untuk melindungi tubuh mereka dari jejak logam arsenik yang ada di dalam beras merah

Semua alasan tersebut menjadi penyebab mengapa kita harus merendam beras merah terlebih dahulu sebelum menyajikannya pada si Kecil. Untuk durasi perendamannya sendiri, alangkah lebih baik apabila kita merendamnya dalam waktu yang cukup lama yakni sehari sebelum dimasak. Hal tersebut dipercaya mampu menghilangkan kandungan berbahaya  yang ada di dalam beras merah.

Dengan merendam dalam waktu yang lama, tentu saja si Kecil bisa terhindar dari bahaya yang tidak diinginkan. Moms juga harus merendam beras tersebut menggunakan air yang sangat bersih dan tutup wadah yang Moms gunakan untuk merendamnya.

 

Kandungan yang Ada di Dalam Beras Merah

Ada berbagai macam kandungan bermanfaat yang ada di dalam beras merah, salah satu di antaranya yaitu:

  • Fosfor yang membantu membuat kesehatan sistem otot menjadi lebih baik.
  • Thiamine yang sangat bagus untuk perkembangan jantung bayi.
  • Serat yang membantu organ pencernaan tubuh si Kecil.
  • Kalsium yang bisa membantu tulang si Kecil menjadi kokoh.
  • Mangan yang berperan besar dalam proses produksi asam lemak pada tubuh bayi dan juga menjaga kekuatan sistem syarafnya.
  • Vitamin B3, B6, dan B1. Seperti yang sudah menjadi informasi umum, ketiga vitamin ini sangat ampuh untuk membantu si Kecil mengalami perkembangan yang pesat baik itu otaknya maupun fisiknya.

 

Langkah Membuat Tepung Beras Merah untuk MPASI

Ketika ingin menggunakan beras merah, ada salah satu cara yang sangat praktis dan bisa Moms terapkan agar Moms tidak perlu memakan waktu lama untuk mengolahnya. Salah satunya yaitu dengan membuat tepung beras merah terlebih dahulu. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu:

  • Rendam beras merah selama kurang lebih 24 jam hingga kulitnya pecah.
  • Cuci beras merah lalu tiriskan.
  • Ulek beras merah hingga hancur.
  • Saring menggunakan saringan plastik hingga mendapat tepung yang sudah halus.

 

Moms, itulah penjelasan mengenai manfaat yang akan diperoleh ketika si Kecil memakan MPASI dari beras merah setiap harinya. Namun, sebaiknya Moms tidak memberikan MPASI dengan bahan beras merah dalam setiap waktu agar asupan nutrisinya seimbang. Tidak hanya membuat tubuh sehat, si Kecil pun dapat bergerak aktif tanpa merasa khawatir terhadap berbagai virus, bakteri atau kuman di sekitarnya.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019