Larangan Saat Hamil Muda

Pada saat hamil, pastinya ibu hamil akan mencari informasi yang banyak tentang kebiasan serta larangan dari ibu hamil. Akan tetapi, masih ada kesalahan yang tidak disadari oleh ibu hamil pada saat hamil. Hal ini sangat penting agar tidak berdampak pada janin, sehingga anda perlu untuk selalu menerapkan pola hidup sehat.

 

Apa Saja Larangan Saat Hamil?

Dengan memperhatikan hal-hal apa saja yang dilarang oleh ibu hamil, dengan menghindari produk, gaya hidup yang optimal untuk keselamatan ibu dan janin yang ada didalam kandungan. Maka dari itu, ibu hamil agar menghindari melakukan aktivitas yang berat dan selalu menjaga kesehatan agar janin yang ada didalam kandungan berkembang dengan baik. Ada beberapa larangan pada saat hamil muda yang perlu diketahui, yaitu:

  • Makan berlebih

Kesalahan saat hamil muda yang sering dilakukan oleh ibu hamil, yakni karena merasa ada janin yang ada didalam perut, sehingga ibu hamil akan menambah porsi makannya untuk dua orang. Padahal kebutuhan kalori untuk harian kira-kira sekitar 1800 sampai 2000 kalori. Larangan untuk ibu hamil muda yaitu dengan tidak makan berlebihan pada saat mengkonsumsi makanan pada masa kehamilan.

  • Mengobati penyakit sendiri

Pengobatan sendiri seperti menggunakan parasetamol maupun menggunakan krim jerawat, bisa berdampak pada kehamilan anda. Karena kesalahan yang tanpa disadari oleh ibu hamil ini juga tidak baik untuk bayi. Dengan menggunakan obat yang dijual dengan bebas, pengobatan sendiri maupun menjalani perawatan kecantikan bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan pada bayi.

  • Kurang tidur

Larangan untuk ibu hamil yang selanjutnya yakni tidak boleh kurang tidur. Karena perubahan hormone serta fisik yang terjadi didalam tubuh ibu hamil pada saat kehamilan, maka menuntutnya untuk lebih banyak istirahat. Kurang tidur justru bisa membuat kelelahan. Tidur yang cukup serta berkualitas, dan tubuh bugar menjadi hal yang sangat penting agar tubuh ibu hamil dapat mempersiapkan diri.

  • Mengkonsumsi kafein berlebih

Larangan untuk ibu hamil yang selanjutnya yakni mengkonsumsi kafein. Meski mungkin berfungsi baik, namun tidak berlaku untuk janin yang sedang berkembang. Maka sebaiknya ibu hamil menghindari mengkonsumsi kafein.

  • Tidak mengajak berbicara bayi yang ada dikandungan

Kehamilan dapat membuat letih dan kehabisan energi. Semua kepenatan ini dapat mengalihkan perhatian dari bayi yang berada di dalam kandungan, terkecuali ibu hamil mengalami tendangan dari si bayi. Larangan untuk ibu hamil yaitu tidak mengajak berbicara bayi, caranya dengan meletakkan tangan pada perut dan sambil mengusap dengan lembut serta seringlah berbicara dengan bayi.

  • Menggantikan kotoran dari kucing

Larangan untuk ibu hamil yaitu dengan menghindari membersihkan kotoran kucing. Apabila ibu hamil harus mengganti kotoran kucing, maka sebaiknya menggunakan sarung tangan dan cuci tangan dengan baik. Kotoran kucing bisa membawa toksoplasmosis ialah penyakit parasit yang langka.

  • Tidak rutin berolahraga

Larangan untuk ibu hamil yakni tidak berolahraga secara teratur. Apabila ibu hamil tidak suka berolahraga, maka ibu hamil akan cenderung mencari alasan agar bisa duduk santai dan juga relaks. Padahal olahraga bisa membantu meningkatkan sirkulasi, mempersiapkan tubuh untuk persalinan dan melahirkan dan juga membantu pertumbuhan perkembangan janin.

  • Terburu-buru memutuskan rencana persalinan

Larangan untuk ibu hamil yakni terburu-buru untuk merencanakan persalinan. Sebelum memutuskan untuk rencana persalinan di rumah sakit maupun klinik, maka sebaiknya tanyakan pada diri sendiri apakah jenis persalinan yang disukai, apakah dokter serta rumah sakit tersebut sudah mempunyai sarana yang mendukung keputusannya.

  • Mengecat kamar bayi

Larangan untuk ibu hamil yakni dengan mengecat kamar bayi. Tidak ada cara yang dapat mengukur toksisitas dari paparan cat yang sebenarnya, sehingga rekomendasi tersebut didasarkan pada kemungkinan toksisitas. Toksisitas cat tergantung dari pelarut individu serta bahan kimia yang ada pada cat, dan paparannya.

  • Menggunakan sepatu hak tinggi

Selain itu, larangan untuk ibu hamil yakni menggunakan sepatu hak tinggi. Maka sebaiknya sebelum menggunakan perlu dipikirkan sepatu hak seperti wedges, dan yang dilengkapi platform maupun alas.

  • Berendam di sauna atau hot tub

Apabila ibu hamil merasakan sakit dan nyeri pada masa kehamilan, bersantai pada bak mandi air panas mungkin akan terlihat ideal. Namun, suhu tubuh yang meningkat pada trimester pertama bisa mengganggu tumbuh kembang janin. Maka dari itu, larangan untuk ibu hamil sebaiknya dihindari.

  • Merokok serta menghirup asap rokok orang lain

Merokok sangat tidak baik untuk ibu hamil dan bayi, namun asap rokok juga mempunyai hal buruknya. Karena terdapat sekitar 4.000 bahan kimia untuk perokok pasif. Selain itu, larangan untuk ibu hamil yakni merokok. Wanita harus berhenti merokok segera setelah mengetahui jika hamil. Ibu hamil yang berjuang untuk berhenti merokok bisa berbicara dengan dokter agar mendapat bantuan dan sumber tambahan yang tersedia.

  • Melakukan gerakan crunches

Berolahraga pada saat hamil memang dianjurkan, namun ada sejumlah bentuk latihan yang perlu diperhatian ataupun dihindari sama sekali pada saat hamil. Gerakan crunches menjadi salah satu larangan untuk ibu hamil. Selain itu, sit-up juga bisa memberikan tekanan yang tidak perlu pada bagian leher, fleksor pinggul, serta punggung.

  • Berpergian menggunakan pesawat sebelum usia kandungan 12 minggu

Waktu yang terbaik pada kehamilan untuk bepergian menggunakan pesawat yakni di tengah kehamilan. Maka dari itu, larangan untuk ibu hamil muda perlu ditaati. Bepergian pada bulan-bulan terakhir kehamilan dapat membuat kelelahan dan tidak nyaman, sehingga menjadi bagian dari larangan untuk ibu hamil.

  • Menghirup aromaterapi

Menghirup aromaterapi menjadi hal yang dihindari untuk ibu hamil. Karena minyak esensial tertentu bisa mengganggu janin. Apabila berencana ibu hamil ingin menggunakan minyak esensial secara oral, ada baiknya melakukannya dengan di bawah bimbingan ahli yang sudah terlatih.

  • Terlalu banyak berpikir

Berpikir terlalu keras menjadi salah satu larangan untuk ibu hamil dan sebaiknya perlu diperhatikan. Karena berpikir terlalu keras bisa mengganggu kesehatan. Maka dari itu, anda harus menghindari banyak pikiran dengan melakukan aktivitas yang dapat menyegarkan pikiran.

  • Membatasi makan atau diet

Membatasi makan atau diet tidak baik untuk kesehatan ibu hamil serta janin. Gizi ibu hamil yang seimbang pada masa kehamilan sangatlah penting untuk kesehatan ibu, maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga pola makan yang baik untuk perkembangan janin yang optimal.

  • Minum alkohol

Larangan untuk ibu hamil yang selanjutnya yakni meminum alkohol. Minum alkohol pada masa kehamilan bisa menyebabkan masalah untuk bayi yang sedang berkembang dan termasuk beberapa hari serta minggu sebelum seorang wanita tersebut mengetahui dirinya sedang hamil.

 

Bagi anda yang belum mengetahui tentang larangan saat hamil muda, mungkin beberapa penjelasan diatas dapat membantu anda untuk menambah pengetahuan. Jika kekurangan peralatan kelahiran anak, maka anda bisa melihat produk yang menarik dari dr.browns.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019