Kelebihan Butternut Squash untuk MPASI

Butternut squash atau labu madu memang sudah lama dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang sangat superior. Hal tersebut karena labu jenis ini terdiri atas beragam kandungan yang sangat bermanfaat bagi pertahanan tubuh manusia, dan mampu membantu proses perkembangan bayi agar selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Tidak hanya itu, labu madu juga menyimpan beragam kelebihan yang mampu membuatnya menjadi bahan sempurna untuk pembuatan MPASI.

 

Apa Itu Butternut Squash?

Beberapa waktu belakangan ini, masyarakat tengah menggemari butternut squash atau yang lebih dikenal sebagai labu madu. Sebenarnya, labu madu masih termasuk ke dalam keluarga buah-buahan, akan tetapi akhir-akhir ini bergeser menjadi golongan sayur-sayuran. Bentuknya hampir menyerupai kacang tanah dan rasanya sangat manis sehingga disukai oleh banyak orang.

 

Labu madu pun juga termasuk ke dalam golongan melon, mentimun, dan labu kuning. Karena kulitnya cukup keras, labu madu membutuhkan sedikit tenaga ekstra untuk membuka dan melihat daging berwarna oranye yang ada di dalamnya. Meskipun begitu, buah yang kaya manfaat ini tetap terasa nikmat meskipun diolah dalam bentuk yang berbeda-beda.

 

Apakah Butternut Squash Baik untuk Bayi?

Selain memiliki cita rasa yang lezat, butternut squash juga sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai bahan utama pembuatan MPASI. Kandungan yang dimilikinya terdiri atas beta karoten, antioksidan, vitamin A dan B yang komples, serta serat yang sangat tinggi.

 

Tekstur dagingnya yang tidak terlalu keras juga menjadi hal yang patut diperhitungkan ketika memberikannya pada bayi. Si kecil yang masih belum terbiasa mencerna makanan bertekstur padat bisa diajak beradaptasi dengan memperkenalkannya pada labu madu yang sudah dihancurkan terlebih dahulu.

 

Manfaat Butternut Squash untuk MPASI Anak

Apabila si kecil sudah memasuki periode untuk mengonsumsi makanan selain ASI, maka Moms tentu harus menggunakan sumber makanan lain yang mampu membantu si kecil untuk senantiasa terpenuhi kebutuhannya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan butternut squash, yang menawarkan beberapa manfaat seperti:

  • Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Sudah banyak yang memahami bahwa buah yang memiliki warna kuning atau oranye sangat bagus untuk kesehatan mata. Warna tersebut berasal dari kandungan beta karoten yang banyak di dalam daging buah, dan hal tersebutlah yang juga menjadi ciri khas dari labu madu.

 

Beta karoten tersebut apabila dikonsumsi oleh tubuh manusia akan diubah menjadi vitamin A, yang mana vitamin ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas mata. Selain itu, kandungan vitamin A juga mampu melindungi mata dari serangan penyakit dan membantu cahaya masuk ke dalam mata dengan mudah.

 

  • Mengurangi Tingkat Peradangan

Selain vitamin A, labu madu juga memiliki kandungan lemak omega-3 yang sangat tinggi. Dengan bentuk asam alpha-linolenic, hal tersebut membuatnya mampu membantu mengurangi tingkat peradangan di dalam tubuh sehingga akan lebih baik apabila buah ini dikonsumsi secara rutin sehingga si kecil tidak akan mengalami peradangan apapun di tubuhnya.

 

  • Bermanfaat untuk Obat Cacing Alami

Penyakit cacingan seringkali mengintai anak-anak, sehingga penting untuk mencari sumber makanan yang mampu mencegah hal tersebut. Salah satu alternatif terbaik yang bisa dipilih sebagai jalan keluar adalah dengan memberi si kecil olahan butternut squash, sebab buah ini sudah terbukti ampuh untuk digunakan sebagai obat cacing alami terlebih ketika dikonsumsi dengan lebih sering.

 

  • Meningkatkan Imun Tubuh

Organ tubuh bayi masih belum terbentuk dengan sempurna dan harus diberi makanan yang penuh oleh kandungan bergizi agar imun tubuh mereka senantiasa terjaga dengan baik. Labu madu memiliki kandungan beta karoten dan vitamin C yang sangat melimpah, dan hal tersebut mampu membantu tubuh si kecil agar terjaga dari beragam ancaman penyakit berbahaya yang mampu mengancam kesehatannya.

 

  • Menurunkan Kadar Radikal Bebas

Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, labu madu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan labu jenis lainnya. Kandungan tersebut memiliki peran penting untuk menurunkan kadar radikal bebas, sehingga sel tubuh akan selalu terjaga keamanannya.

 

  • Membuat Si Kecil Tidur Lebih Nyenyak

Terkadang, akan ada masa di mana si kecil sering rewel dan menangis di malam hari sebab mereka kesulitan untuk tidur. Meskipun hal tersebut bisa diatasi dengan membuat mereka merasa nyaman dan aman dengan menenangkannya, namun Moms pun bisa mencoba cara lain yaitu memberi mereka olahan labu madu.

 

Butternut squash, hampir mirip dengan jenis labu lainnya juga memiliki kandungan trytophan. Kandungan tersebut mampu membantu tubuh si kecil untuk memproduksi hormon serotoni, yang mampu mengelola suasana hati mereka sehingga si kecil pun bisa merasa senang dan tenang serta tidak akan kesulitan untuk tidur lagi.

 

  • Melancarkan Pencernaan Bayi

Manfaat terakhir yang ditawarkan oleh labu madu adalah khasiatnya yang mampu melancarkan pencernaan bayi. Karena labu ini memiliki banyak serat dan karbohidrat kompleks, maka hal tersebut mampu membantu bayi untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuhnya dengan lebih baik lagi sehingga mereka tidak akan mengalami sembelit.

 

Resep Butternut Squash untuk MPASI

Bagi Moms yang masih bingung tentang bagaimana mengolah butternut squash, tidak perlu khawatir sebab sudah ada beberapa resep yang bisa Moms coba di bawah ini.

 

Sup Butternut Squash dan Wortel

 

Bahan:

  • Daun ketumbar
  • 1 sendok teh minyak zaitun
  • 2 wortel berukuran kecil
  • 1 sendok makan jahe
  • Setengah labu madu berukuran sedang
  • 4 siung bawang putih berukuran kecil

 

Cara membuat:

  • Cuci wortel dan labu sampai bersih, kemudian potong dalam bentuk dadu.
  • Cacah daun ketumbar dan bawang putih sampai halus.
  • Tumis labu madu, wortel, jahe, minyak zaitun, dan bawang putih selama kurang lebih 2 menit.
  • Masukkan tumisan sayur ke dalam rice cooker kemudian tambahkan air secukupnya.
  • Masak sampai sayur terlihat lembut.
  • Pindahkan sayur yang sudah dikukus ke dalam blender, kemudian hancurkan sampai halus.
  • Tumis sekali lagi dalam waktu singkat kemudian taburi daun ketumbar.
  • Sajikan kepada si kecil selagi masih hangat.

 

Puree Butternut Squash

 

Bahan:

  • 2 sampai 3 sendok teh susu formula
  • 30 gram labu madu

 

Cara membuat:

  • Bersihkan labu madu lalu potong dadu.
  • Kukus di rice cooker dalam waktu 15 menit.
  • Hancur dan saring kukusan labu madu sehingga mendapat tekstur yang lembut.
  • Tambahkan susu formula.
  • Sajikan puree kepada si kecil.

 

Hal Penting Sebelum Memberi Butternut Squash pada Anak

Sebelum Moms memberi buah ini kepada anak, alangkah lebih baik untuk mencari kesukaan dan alergi yang dimiliki oleh si kecil terlebih dahulu. Meskipun manfaatnya sangat banyak, namun apabila si kecil memiliki alergi maka jangan berikan makanan ini pada mereka agar terhindar dari bahaya tertentu.

 

Untuk itu, Moms bisa mencoba mengkonsultasikannya dengan dokter sebelumnya. Selain itu, Moms pun bisa mencoba resep-resep di atas ketika ingin mengenalkan buah ini pada si kecil untuk pertama kalinya.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019