Kacang-kacangan untuk MPASI Bayi

Membuat menu MPASI harus disertai beragam sumber makanan yang sehat dan bergizi sehingga si kecil bisa merasa sehat selalu. Kacang-kacangan adalah salah satu sumber makanan yang bisa digunakan untuk membuat menu utama MPASI sebab memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah. Inilah beberapa manfaat dan jenis kacang yang bisa Moms gunakan untuk membuat MPASI!

 

Manfaat Kacang-kacangan untuk MPASI

Kacang-kacangan seringkali direkomendasikan oleh ahli kesehatan untuk dijadikan sebagai makanan pertama yang membuat bayi mengenal makanan padat lainnya. Hal tersebut tidak terlalu mengherankan sebab kacang-kacangan memang memiliki gizi yang sangat banyak meskipun bentuknya cenderung kecil. Berikut adalah manfaat yang dihasilkan oleh kacang-kacangan untuk bayi:

  • Mampu Memperkuat Imunitas Bayi

Manfaat pertama ketika bayi mengonsumsi kacang-kacangan yaitu sistem imunitas di dalam tubuh bayi akan semakin meningkat. Karena hampir semua jenis kacang terlebih kacang kedelai memang sangat kaya oleh kandungan vitamin C.

 

Seperti yang sudah lama diketahui, vitamin C memiliki fungsi yang sangat berguna untuk tubuh yakni meningkatkan sistem kekebalan sehingga bayi bisa terhindar dari bahaya kesehatan yang mengintai. Selain itu, antioksidannya pun mampu mencegah radikal bebas berbahaya yang menyerang bayi sehingga bayi pun bisa bergerak dengan aktif tanpa harus takut akan serangan masalah lainnya.

 

  • Membuat Perkembangan Otot Menjadi Meningkat

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Dengan begitu, kebutuhan protein yang begitu penting pada tubuh bayi pun bisa segera terpenuhi tanpa harus membeli bahan makanan lain yang cenderung lebih mahal.

 

  • Mampu Mengontrol Nafsu Makan

Kandungan serat di dalam kacang-kacangan memang tidak bisa diremehkan begitu saja. Serat adalah nutrisi yang berperan besar untuk mengontrol nafsu makan bayi sehingga si kecil tidak akan merasa terlalu kekenyangan dan membuat sistem pencernaan mereka menjadi lancar.

 

  • Membantu Perkembangan Otak Bayi

Folat merupakan kandungan yang harus dipenuhi di dalam tubuh bayi sebab kandungan ini mampu membantu perkembangan otak bayi. Moms dapat menemukan kandungan folat yang begitu melimpah di dalam kacang-kacangan.

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengenalkan Kacang pada Bayi?

Meskipun kacang menawarkan beragam manfaat yang baik, namun Moms juga harus tahu bahwa makanan ini cenderung menimbulkan reaksi alergi pada anak kecil. Karena itulah, memberi kacang-kacangan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan harus sesuai dengan petunjuk atau arahan para ahli kesehatan sebelumnya.

 

Berdasarkan hasil penelitian, sumber makanan yang mampu menimbulkan reaksi alergi yang cukup tinggi seperti kacang hanya boleh diberikan pada si kecil ketika umurnya sudah menginjak lebih dari 6 bulan. Apabila Moms masih belum terlalu yakin dan khawatir si kecil akan mengalami alergi, maka lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberi mereka kacang-kacangan.

 

Cara Ampuh untuk Mengenalkan Kacang pada Si Kecil

Ketika ingin mengenalkan kacang untuk pertama kali pada bayi, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan sehingga mereka segera terbiasa untuk memakan kacang. Beberapa cara tersebut di antaranya adalah:

  • Sajikan Kacang dengan Formula Khusus

Cara pertama yang bisa ditempuh ketika ingin mengenalkan kacang pada anak adalah dengan menyajikannya bersama formula khusus. Formula tersebut dapat dibuat dengan mencampur telur, ikan, kerang, dan ikan lalu ditambahi dengan kacang. Apabila menggunakan cara ini, maka kemungkinan si kecil mengalami alergi pun akan semakin kecil daripada menyajikan kacang apa adanya.

 

  • Sajikan dalam Bentuk Bubuk Kacang

Karena si kecil mudah tersedak ketika memakan benda yang terlalu keras dan padat, maka Moms harus menghancurkan kacang terlebih dahulu. Moms bisa memanfaatkan alat penghancur makanan seperti food processor agar tidak mengerahkan tenaga terlalu banyak untuk menghancurkan kacang sampai berubah menjadi bubuk.

 

Jenis Kacang-Kacangan yang Bisa Digunakan untuk MPASI

Terdapat beragam jenis kacang-kacangan yang masing-masing memiliki kelebihannya tersendiri. Inilah beberapa jenis kacang-kacangan terbaik yang bisa Moms gunakan untuk MPASI:

  • Kacang Hijau

Jenis kacang pertama yang bisa dicoba adalah kacang hijau. Kacang yang satu ini sudah lama terkenal sebagai bahan utama untuk membuat bubur kacang hijau yang lezat, dan selain itu kacang ini pun terdiri atas beragam nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh bayi seperti mineral, kalsium, fosfor, zat besi, protein nabati, serat, dan lain-lain.

 

Beragam kandungan tersebut sangat ampuh untuk membuat tubuh bayi dan semua organ yang ada di dalamnya berada dalam kondisi sempurna, sehingga mereka tidak akan merasa sakit terlalu sering. Moms bisa menyajikan jenis kacang ini dalam bentuk agar-agar, puree, nasi tim, atau bubur.

 

  • Almond

Almond adalah jenis kacang lain yang sangat direkomendasikan untuk menu MPASI. Terdiri atas kandungan riboflavin, hal itu membuat almond berperan penting untuk mencegah bayi mengalami Alzheimer ketika mereka sudah tumbuh dewasa. Tidak hanya itu, jenis kacang ini pun mampu membantu proses perkembangan bayi sehingga mereka bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas.

 

  • Kacang Merah

Kacang merah yang warnanya mencolok ini juga mengandung manfaat yang bervariasi. Moms bisa mengolahnya sebagai jus ataupun bubur agar si kecil bisa melahapnya dengan mudah dan tidak mengalami kesulitan apapun. Teksturnya yang empuk dan lembut dapat membantu si kecil menikmati kacang ini dengan lebih mudah.

 

Tidak hanya itu, kacang merah juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk membuat tubuh si kecil senantiasa sehat. Hal tersebut karena kacang merah terdiri atas kandungan seperti serat, zat besi, dan protein nabati yang membuatnya sangat menguntungkan ketika dikonsumsi.

 

  • Kacang Tanah

Bisa dibilang, jenis kacang ini sangat populer sebab tidak sulit untuk menemukannya. Kacang yang biasa dijadikan sebagai camilan ini juga memiliki kandungan yang sangat berharga, dan Moms bisa menyajikannya ketika sudah dihancurkan atau direbus sebab kacang ini memiliki tekstur yang cukup keras.

 

Aturan Tambahan Ketika Menyajikan Kacang-Kacangan pada Bayi

Pada periode awal memberi menu MPASI, kemampuan anak untuk mengunyah masih belum terlalu sempurna. Untuk itu, Moms bisa menyajikan kacang-kacangan dengan memperhatikan hal berikut:

  • Apabila keluarga Moms memiliki riwayat alergi, maka pilihlah kacang setelah berkonsultasi dengan dokter.
  • Hindari memberi kacang dalam bentuk yang utuh sebab bisa membuat anak kesulitan untuk melahapnya.
  • Hindari memberi kacang yang sudah dilembutkan sampai teksturnya berubah menjadi lengket, karena anak masih belum terlalu siap untuk mengonsumsi makanan yang terlalu kental sehingga kemungkinan mereka tersedak pun tinggi.

 

Nah, begitulah informasi mengenai kacang-kacangan dan beberapa jenis yang bisa Moms pilih ketika ingin mengenalkan makanan ini pada bayi yang masih belum terbiasa untuk mengonsumsi makanan berat. Pilihlah menu kacang-kacangan yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan si kecil sehingga mereka bisa memakannya tanpa harus merasa kesulitan atau pilih-pilih makanan lagi.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019