Ini Cara Merawat Rambut dan Kepala Bayi, Hasil Maksimal Biaya Minimal

Merawat rambut dan kepala bayi adalah salah satu tugas Moms ketika menginginkan perawatan terbaik untuk si Kecil. Kadang kala, beberapa Moms sengaja memilihkan produk yang mahal hanya untuk membuat rambut bayi terlihat indah. Padahal, produk mahal tidak selalu menjamin Moms. Jika Moms mau, Moms bisa mencoba merawat rambut si kecil dengan cara alami dan bahan-bahan yang berasal dari alam. Selain biayanya yang tak menguras kantong, bahan alami juga tak akan menimbulkan efek samping bagi rambut dan kepala bayi. Mau tahu bagaimana caranya?

 

Ciri Rambut dan Kepala Bayi yang Butuh Perawatan

  1. Rambut Rontok

Rambut bayi dikatakan sehat apabila rambut tidak mengalami kerontokan yang parah. Rontok sebenarnya masih dibilang normal apabila kerontokan hanya beberapa helai saja per harinya. Tetapi, jika kerontokan sampai tak terhitung jumlahnya, barulah rontok dapat dikatakan sebagai permasalahan rambut yang harus segera di atasi. Apabila bayi mengalami kerontokan rambut, Moms tak harus langsung panik. Moms bisa melihat dulu seberapa kerontokan rambutnya. Jika memang parah, Moms bisa memberi bayi perawatan lebih baik lagi agar kerontokan rambut bisa segera teratasi.

  1. Ada craddle crap

Craddle crap sering sekali muncul pada bayi. Ada yang mengatakan bahwa craddle crap atau ketombe pada bayi itu muncul karena hormon. Craddle crap akan hilang dengan sendirinya seiring bayi yang tumbuh besar. Selain karena hormon, ketombe bisa juga muncul karena kulit kepala yang kurang bersih. Parahnya, craddle crap pada bayi bisa menimbulkan kerak yang membuat bayi merasakan gatal yang teramat sangat. Adanya craddle crap tersebut menandakan bahwa kulit kepala bayi tidak sehat. Makanya, Moms bisa segera mencari cara untuk mengatasi apabila craddle crap tak kunjung juga hilang dengan sendirinya.

  1. Muncul Ruam Merah

Pernahkah Moms menjumpai ruam merah pada kepala bayi? Ruam merah tersebut tak kunjung hilang sampai berhari-hari. Moms tidak boleh menyepelekan adanya ruam merah pada kepala bayi karena ruam merah menunjukkan bahwa bayi mengalami alergi, entah alergi dari produk perawatan rambutnya, alergi makanan atau alergi terhadap suhu. Ruam-ruam yang muncul pada kepala bayi juga mengindikasikan bahwa kepala bayi sedang tidak sehat. Jadi, Moms bisa segera melakukan pengobatan agar ruam kepala bisa segera hilang.

 

Cara Merawat Rambut dan Kepala Bayi Secara Alami

  1. Mengeramasi Bayi Secara Teratur

Moms pastinya menginginkan rambut bayi tumbuh sehat dan lebat. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan rutin mengeramasi rambut bayi. Moms tidak perlu mengeramasi bayi setiap hari. Moms cukup melakukannya dua hari sekali. Agar kegiatan keramas tidak merusak rambut dan kepala, Moms bisa menggunakan air yang hangat supaya kepala bayi tidak kering. Di samping itu, bayi juga akan merasa lebih nyaman. Ketika Moms mengeramasi bayi, moms bisa sembari memijat kepala bayi agar nutrisi yang terkandung pada shampo bayi bisa terserap dengan baik sehingga pertumbuhan rambut bayi juga semakin lebat.

  1. Menggunakan Handuk yang Lembut

Merawat rambut dan kepala bayi bisa Moms lakukan dengan memilihkan handuk yang lembut untuk bayi. Handuk yang lembut ternyata bisa menentukan kesehatan rambut. Saat Moms menggunakan handuk kasar saat mengeringkan rambut bayi, handuk yang kasar akan rentan merusak folikel-folikel rambut sehingga rambut bayi akan mudah rontok. Apalagi jika Moms menggosok rambut dan kepala secara kasar, efek sampingnya bisa merusak rambut. Makanya, mulai sekarang, jika Moms ingin melihat rambut bayi sehat dan jauh dari rontok, Moms bisa memilih handuk kering saat mengeringkan rambut bayi.

  1. Menggerai Rambut Bayi

Jika Moms tak ingin rambut bayi rontok, salah satu cara yang bisa Moms lakukan adalah membiarkan rambutnya tergerai. Apalagi jika bayi memiliki tekstur rambut yang keriting. Mengucir rambut malah akan membuat rambut bayi menyimpul dan saat Moms menyisirnya, rambut akan rontok satu per satu. Sebenarnya tak hanya rambut keriting, rambut bayi luruspun, jika Moms sering mengucir rambutnya, rambut bayi akan mudah patah dan rontok. Oleh karena itu, Moms lebih baik menggerai rambut bayi walau mungkin rambut bayi yang dikucir dengan model-model lucu akan membuat bayi semakin menggemaskan. Tetapi, demi kesehatan rambutnya, Moms mau kan melakukannya?

  1. Memberinya Makanan yang Mengandung Zat Besi

Perawatan rambut bayi tak hanya bisa Moms lakukan lewat pemberian produk perawatan rambut bayi dari luar. Agar hasilnya maksimal, Moms bisa memberikan nutrisi dari dalam yang membuat rambut bayi sehat. Salah satu makanan yang dipercaya dapat menyehatkan rambut adalah makanan yang mengandung zat besi, seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, darah yang bertugas menyalurkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar bekerja maksimal sampai kepala. Makanya, rontok pada bayi pun dapat diatasi dan kepala bayi pun juga lebih lembut.

 

Cara Merawat Rambut Bayi dengan Bahan Alami

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Salah satu bahan alami yang bisa melebatkan rambut si Kecil adalah lidah buaya. Moms, bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai perawatan rambut alami untuk bayi. Pertama-tama, Moms bisa mengambil gel pada lidah buaya dan campur dengan sedikit air. Lalu, Moms bisa mengoleskan secara merata pada rambut bayi. Supaya lidah buaya bisa bekerja secara optimal, Moms perlu mendiamkannya beberapa saat. Setelah sekitar 15 menit, Moms bisa membilas rambut si kecil dengan air hangat kuku kuku. Jika Moms mau melakukan perawatan rambut dengan lidah buaya secara rutin, rambut bayi pastilah lebih sehat.

  1. Menggunakan Seledri

Moms pastinya pernah mendengar bahwa seledri juga bisa digunakan untuk merawat rambut, termasuk rambut bayi. Apabila Moms melihat rambut bayi kurang dapat tumbuh dengan baik atau rambut bayi rontok, Moms bisa melakukan perawatan rambut bayi dengan seledri. Moms tinggal memilih seledri yang masih segar dan menumbuknya sampai halus. Atau, lebih mudahnya, Moms bisa memblender seledri sampai halus. Seledri yang halus tersebut Moms gunakan sebagai masker rambut bayi. Diamkan beberapa saat dan Moms bisa bilas rambut dengan air hangat sampai bersih.

  1. Menggunakan Minyak Kemiri

Moms ingin melihat rambut dan kepala bayi tampak sehat? Salah satu yang bisa Moms lakukan adalah merawat rambut dan kepala bayi dengan minyak kemiri. Minyak kemiri bisa Moms buat sendiri dengan menumbuk kemiri dan menggorengnya tanpa minyak sampai minyaknya keluar. Atau, jika dirasa terlalu merepotkan, Moms bisa membeli minyak kemiri di toko atau apotek terdekat. Moms bisa mengoleskan minyak kemiri secara merata setelah bayi mandi. Hasilnya, rambut bayi akan terlihat hitam dan lebat. Jadi, ibu yang ingin memberikan perawatan rambut yang berkualitas, tak harus mengandalkan pada produk mahal bukan? Semoga bermanfaat!

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019