Hal yang Dirasakan saat Hamil 7 Bulan

Masa kehamilan adalah masa yang dinanti para wanita. Walaupun terasa melelahkan, tapi ada banyak kebahagiaan yang dirasakan. Merasakan tumbuh kembang janin didalam kandungan. dari mulai berbentuk telur, hingga berbentuk bayi sempurna dan bisa menendang perut. Memasuki trimester ketiga, bunda semakin merasa bahagia. Karena waktu bertemu dengan si kecil tinggal sebentar lagi. usia 7 bulan merupakan awal dari trimester tiga. Janin sudah berbentuk bayi manusia, namun ada beberapa organ yang belum bekerja dengan maksimal. Di hamil 7 bulan ini,ada banyak hal yang dirasakan bunda.

Tidur mulai tidak nyaman,ingin rasa buang air kecil terus menerus, dan lainnya. di usia ini, bunda juga harus tahu posisi bayi.  Karena bisa menentukan tahapan persalinan. Apakah bisa lahiran normal atau harus operasi caesar.

 

Gejala Yang Dirasakan Saat Hamil 7 Bulan

Di tahapan kehamilan ini, berat bayi sekitar 900-1800 gram. Dan panjangnya sekitar 36 cm. sistem pendengaran bayi sudah berkembang dengan baik. dia bisa merespon suara, cahaya dan rasa nyeri. Oleh karena itu sering menendang bunda, bila merasakan rangsangan. Berikut ini beberapa hal yang dirasakan bunda saat mengalami kehamilan 7 bulan.

 

Sembelit

Pada ibu hamil kadar zat besi dan hormon progesteronnya tinggi. sehingga bisa memperlambat sistem pencernaan dan membuat ibu hamil sembelit atau susah buang air besar. bahkan pada beberapa perempuan juga mengalami gejala wasir, anemia, mulas, sakit perut, dan keram perut di usia 7 bulan. untuk mengatasi hal ini, bunda bisa konsumsi lebih banyak air putih. Jangan lupa konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. seperti pepaya, pisang, kacang-kacangan dan lainnya.

 

Braxton Hicks atau Kontraksi Palsu

Di usia kehamilan 7 bulan, bunda juga bisa merasakan kontraksi palsu atau braxton hicks.  Ketika terjadi kontraksi palsu, perut akan terasa kenceng dan sedikit sakit. Namun rasa sakit itu akan hilang ketika bunda mengubah posisi atau sedikit bergerak. Kontraksi palsu ini biasanya terjadi setelah melakukan aktivitas fisik atau berhubungan badan dengan suami. Dan lebih sering terjadi di malam hari daripada siang hari. bunda harus bisa memahami apa perbedaan kontraksi palsu dan asli, sehingga bisa lebih waspada.

 

Kelelahan

Memasuki trimester ketiga ini, bunda akan lebih mudah mengalami kelelahan. Apalagi ukuran janin semakin besar. bunda juga akan mengalami gangguan tidur di malam hari. jangan paksaan diri melakukan semua aktivitas. Jika mengalami kelelahan lebih baik istirahat terlebih dahulu. Pada siang hari cobalah untuk tidur siang. Ini bisa membantu mengembalikan energi bunda.

 

Bercak Darah

Bercak darah ringan atau pendarahan bisa terjadi di kehamilan 7 bulan. bukan termasuk hal serius, sehingga bunda tidak perlu khawatir. Namun bila bercak darahnya sangat banyak lebih baik langsung konsultasikan ke dokter kandungan. karena pendarahan juga bisa terjadi karena adanya masalah di kandungan anda. apalagi buat anda yang mengalami plasenta previa. Pendarahan memang sering terjadi dan harus dikonsultasikan ke dokter.

 

Kesulitan Tidur

Kesulitan tidur menjadi masalah yang sering dihadapi oleh ibu hamil. Perut yang semakin besar membuat ibu hamil susah untuk bergerak. Apalagi saat malam hari, janin didalam kandungan selalu aktif bergerak. Ini membuat bunda semakin tidak nyaman untuk tidur. Sistem metabolisme juga semakin meningkat. Sehingga tubuh lebih hangat. Bunda mudah merasakan kegerahan walaupun cuacanya dingin. Gunakan baju yang nyaman, supaya bunda bisa tidur dengan lebih nyenyak.

 

Nafas Pendek

Pada sebagian wanita, hamil 7 bulan bisa mengalami napas pendek. Janin yang tumbuh didalam perut, akan menekan bagian diafragma dan paru-paru, sehingga bunda akan mengalami  sulit bernafas. Saat bayi bergerak dan menendang, bunda akan merasa lebih sesak. Ukuran bayi yang semakin berat juga menekan kandung kemih, sehingga bunda sering buang air kecil. Ada beberapa wanita yang mengalami bengkak dan sulit berjalan. Hal ini karena kaki mendapatkan tekanan yang lebih besar. untuk mengatasinya, mom bisa mengangkat kaki ke atas. Untuk membantu melancarkan peredaran darah.

 

Nyeri Tubuh

Anda juga bisa mengalami nyeri tubuh, yang menganggu aktivitas sehari-hari. nyeri tubuh terjadi karena perubahan hormon dan fluktuasi dalam tubuh. Buat wanita yang hamil anak kembar, masalah ini akan semakin terasa berat. Kepala bayi dan rahim yang semakin besar, memberikan tekanan besar di saraf anda. terutama dibagian punggung. Sehingga menyebabkan rasa nyeri atau sakit yang luar biasa di bagian punggung, bokong bagian bawah dan kaki. Cobalah untuk melakukan yoga, peragangan, berjalan kaki atau pijat prenatal untuk membantu mengatasinya.

 

Perubahan Payudara

Payudara merupakan bagian tubuh wanita yang pasti berubah selama masa kehamilan. Di usia 7 bulan ini payudara akan semakin kencang. Bahkan pada sebagian wanita sudah menghasilkan kolostrum. Yaitu asi berwarna kuning yang muncul pertama kali. Kolostrum merupakan makanan pertama dan sangat penting bagi si kecil setelah lahir ke dunia. payudara juga akan terasa semakin berat, lebih lembut dan padat. bagian putting akan menghitam. Cobalah menggunakan bra yang nyaman dan ukuran longgar, sehingga tidak merasa sesak. Selain itu bersihkan payudara secara rutin, supaya kotoran yang menempel hilang.

 

Gangguan Pencernaan

Saat masa kehamilan, bunda bisa mengalami masalah pencernaan. Janin yang berada di dalam perut, akan semakin menekan perut anda. sehingga menganggu sistem pencernaan dalam tubuh. Organ pencernaan akan ikut tertekan. Ini akan membuat bunda bisa mengalami kembung dan susah buang air besar. perut terasa seperti banyak gas yang tertimbun. Untuk mengatasinya, bunda bisa makan sedikit demi sedikit namun teratur. Sehingga perut tidak langsung terasa penuh kekenyangan.

 

Restless Leg Syndrome

Kaki kita berfungsi sebagai penyangga tubuh. Saat ukuran perut semakin besar, maka beban kaki pun semakin besar. hal ini bisa membuat kaki terasa kesemutan dan sulit digerakan. Masalah ini dikenal dengan nama restless leg syndrome. Cobalah untuk sering meregangkan kaki anda dan memijatnya. Perbanyak jalan kaki, untuk membantu mengatasi masalah di kaki. Kurangi konsumsi kafein dan berikan tambahan suplemen zat besi.

 

Stretch mark

Strecth mask menjadi masalah yang ditakutkan banyak wanita. Karena membuat penampilan menjadi kurang menarik. Strecth mark muncul karena adanya peregangan di kulit. Biasanya akan timbul garis-garis berwarna putih di sekitar perut, paha dan punggung. Strecth mark ini juga terasa gatal. walaupun terasa gatal, jangan pernah menggaruknya. Karena akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Lebih baik oleskan essential oli atau losion, ini bisa membantu kulit lebih lembab.

 

Semua masalah diatas, pasti dialami oleh sebagian ibu hamil 7 bulan.. Walaupun ada beberapa yang hanya mengalami sebagian saja. untuk menjaga tumbuh kembang anak, pastikan nutrisi tercukupi dengan baik. banyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi dan asam folat. Sehingga bayi didalam kandungan tumbuh dengan baik

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019