Cara Meningkatkan Sel Telur

Faktanya, seorang istri akan membutuhkan waktu 90 hari agar sel telur matang sebelum memasuki masa ovulasi. Mungkin istri akan merasa khawatir karena tidak kunjung hamil seperti yang telah diharapkan. Namun, istri dapat mempertimbangkan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam waktu 90 hari terakhir untuk dapat mempersiapkan kehamilan.

Tanpa di sadari, anda justru sudah mengabaikan sistem reproduksi anda dengan berbagai cara seperti melakukan KB selama bertahun-tahun, kerja lembur, kurang nutrisi, kurang tidur, juga karena terlalu banyak pikiran. Waktu terbaik untuk pembuahan sel telur yakni pada saat masa subur ataupun ovulasi. Menghitung masa subur menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui kapan waktu yang terbaik terjadinya pembuahan sel telur pada seorang wanita.

Patut diketahui dengan baik bahwa sel telur matang hanya bisa hidup 24 jam, sedangkan untuk sperma dapat hidup 48 sampai 72 jam didalam tubuh wanita. Maka dari itu, berhubungan intim sebelum masa ovulasi akan menjadi lebih baik agar dapat meningkatkan peluang hamil dibandingkan sehari ataupun dua hari sesudahnya.

Masa subur menjadi masa di mana sel telur matang akan dilepas dari indung telur, lalu tersimpan dengan aman yang ada di saluran indung telur sampai sperma datang serta membuahinya. Apabila pembuahan sel telur oleh sperma tersebut tidak terjadi, maka sel telur akan mati. Sehingga, rahim yang telah siap menerima hasil pembuahan akan luruh, serta keluar yang menjadi darah menstruasi.

Menurut penelitian, untuk tingkat keberhasilan IVF akan jauh lebih tinggi dan tingkat kegagalan jauh lebih rendah pada saat seorang wanita membutuhkan waktu agar bisa mempersiapkan kehamilan pada masa 3 bulan sebelumnya. Karena, sebagian besar wanita karier yang sedang berusaha agar bisa hamil secara alami, akan membagikan kabar baik tes positif pada waktu 3 hingga 6 bulan berikutnya.

Hanya jumlah sel telur yang matang serta yang paling sehat, bagus yang akan bergerak maju pada seleksi siklus menstruasi selama 3 sampai 6 bulan. Selama waktu ini, sel telur matang akan saling bersaing agar bisa mendapat kesempatan ovulasi. Sehingga, siklus menstruasi selama 3 hingga 6 bulan itu sangat krusial.

Maka dari itu, perlu meluangkan waktu untuk beristirahat, misalnya dengan membaca, meditasi, mendengarkan musik, mengobrol dengan orang yang dicintai, bermain dengan hewan peliharaan, berjalan di alam terbuka, dan mengerjakan semua hobi yang disukai.

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Sel Telur?

Apa yang dapat istri lakukan selama 90 hari agar bisa meningkatkan kualitas sel telur terbaik. Ada beberapa cara untuk meningkatkan sel telur yang tepat untuk agar dapat membantu memperbaiki kualitas sel telur, yaitu:

  1. Mengurangi banyak pikiran

Banyak pikiran dapat datang dalam berbagai macam bentuk seperti kerja lembur, pikiran emosional, tidak cukup tidur serta tekanan fisik. Banyak pikiran bisa membatasi aliran darah, memengaruhi metabolisme dan juga siklus tubuh manusia, serta dapat mengganggu produksi hormon reproduksi, sehingga bisa memicu gaya hidup yang tidak sehat.

  1. Terapi pijat kesuburan

Selain bisa meningkatkan kesuburan, terapi pijat kesuburan juga menjadi cara alami agar dapat membantu meredakan stres, melacnarkan peredaran darah, serta dapat membantu menjaga keseimbangan hormon serta sistem reproduksi. Terapi pijat ini sangat aman serta praktis, sehingga dapat melakukannya sendiri dirumah pada saat sedang bersantai.

  1. Pola hidup sehat

Kurangnya gizi juga berarti darah kekurangan nutrisi dan juga hormone yang dibutuhkan untuk bisa meningkatkan kualitas sel telur dan bisa mendukung proses pematangannya. Apabila materi genetik sel telur lema, maka juga dapat berpengaruh pada menurunnya fungsi reproduksi serta hormonal. Maka dari itu, menerapkan pola hidup sehat sangat penting untuk kesehatan tubuh serta menjaga kekebalan tubuh.

 

Apa Saja Makanan dan Minuman yang Alami?

Agar sel telur dapat berkualitas baik, maka hal yang perlu diketahui untuk makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi, yakni dari sumber yang alami karena hal ini menentukan untuk kualitasnya, berikut makanan  dan minuman yang alami agar bisa meningkatkan kualitas sel telur yaitu:

  1. Alpukat

Buah alpukat ini memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga dapat membantu untuk meningkatkan kualitas sel telur. Alpukat sendiri kaya akan lemak yang tak jenuh tunggal atau lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa membantu menjaga kesehatan organ reproduksi. Selain memiliki rasa yang enak, alpukat juga mudah untuk dikonsumsi secara langsung, atau dapat mengolahnya menjadi berbagai menu.

  1. Kacang-kacangan

Makanan dari kacang-kacangan ini untuk membantu untuk mengatasi kekurangan zat besi yang ada didalam tubuh, karena bisa mengganggu masalah proses ovulasi. Maka anda dapat memperbanyak konsumsi kacang-kacangan untuk makanan sehari-hari. Karena kacang salah satu sumber zat besi, vitamin, dan juga mineral lain yang sangat penting untuk kesehatan kesuburan. Selain itu, kacang juga dapat dijadikan sebagai cemilan.

  1. Buah kering

Salah satu sumber protein, mineral, dan vitamin yang baik pada untuk kualitas dari sel telur. Salah satunya yakni kacang brazil, karena jenis kacang ini memiliki kandungan tinggi selenium yaitu mineral yang bisa mengurang kerusakan kromosom pada sel telur. Selenium ialah antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta memungkinkan sel telur agar tetap berada pada kualitas yang terbaik.

  1. Biji wijen

Makanan yang dapat dikonsumsi pada saat program hamil dan baik untuk dikonsumsi yakni biji wijen, karena memiliki kandungan kaya akan seng serta dapat membantu produksi hormone yang bertanggung jawab untuk meningkatkan dari kualitas sel telur. Selain itu, biji wijen juga memiliki kandungan kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Biji wijen dapat mudah diolah serta dikonsumsi, salah satunya bisa ditambahkan pada sereal dan salad sarapan.

  1. Buah-buahan

Buah beri yang memiliki sifat antioksidan yang kuat dan diyakini mampu melindungi sel telur dari radikal bebas serta dapat menjaga kualitas sel telur. Buah beri dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat menjadi minuman yang segar seperti smoothie. Selain itu, anda juga bisa mencampurnya kedalam yogurt, salad, maupun sereal. Namun, disarankan memakan setidaknya tiga porsi setiap minggu.

  1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran juga dapat membantu menjaga sel telur. Sayuran yang berdaun hijau seperti kangkung dan bayam yang tinggi akan folat, zat besi, vitamin A, kalsium, dan mangan. Agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal maka konsumsi setidaknya dua porsi sayuran hijaun untuk makanan sehari-hari.

  1. Jahe

Jahe juga salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi, agar bisa mendapatkan manfaat untuk kesehatan. Anda bisa memasukkan jahe pada menu sehari-hari dengan minum teh yang dicampurnya dengan jahe.

  1. Kayu manis

Selain untuk masak, kayu manis juga dapat dimanfaatkan agar menjaga kualitas sel telur. Kayu manis yang dikenal dapat meningkatkan fungsi ovarium serta mendorong produksi sel telur dengan tepat dan merangsang resistensi insulin.

 

Bagi anda yang belum mengetahui cara meningkatkan sel telur, mungkin beberapa penjelasan diatas dapat membantu anda untuk menambah pengetahuan serta wawasan. Apabila anda kekurangan peralatan untuk kelahiran anak, maka anda bisa menyiapkan dengan segera dan juga melihat produk-produk yang menarik dari dr.browns.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019