Buah Pepaya untuk MPASI Si Kecil

Usia 6 bulan adalah usia ideal untuk si Kecil memulai makan makanan pendamping ASI atau MPASI. Ada beragam bahan makanan yang cocok untuk dijadikan MPASI, salah satunya adalah buah. Buah pepaya merupakan salah satu buah yang aman dikonsumsi untuk si Kecil karena memiliki tekstur yang lunak dan rasa yang manis.

 

Kandungan Nutrisi pada Buah Pepaya

Dilansir dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), si Kecil boleh diperkenalkan dengan MPASI dari bahan buah-buahan dan sayuran secara bersamaan. Buah ini populer dengan efektivitasnya dalam melancarkan buang air besar pada orang dewasa maupun bayi sekalipun. Buah pepaya aman dikonsumsi bayi karena teksturnya lunak, rasanya manis, dan kaya akan kandungan nutrisi.

 

Terdapat beragam kandungan nutrisi baik vitamin maupun mineral dalam buah pepaya yang berukuran sedang. Kandungan nutrisi tersebut antara lain 0,6mg vitamin B1 atau tiamin, 2185 IU vitamin A, 6mcg vitamin K, 140,1mg vitamin C, 0,7mg vitamin B2 atau riboplavin, 419mg potasium, 23mg fosfor, 48mg magnesium, 46mg kalsium, 82mg niasin, 18mg sodium, 1mcg folat, dan 57mg zat besi.

 

Pepaya juga mengandung tembaga, seng, dan mangan. Setiap 100gr buah pepaya mengandung 1,8gr serat yang dapat membantu melancarkan buang air besar. Jika si Kecil belum bisa mengunyah buah ini secara utuh, pepaya bisa diolah dalam bentuk puree atau jus. Moms tidak perlu khawatir karena pepaya kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membangun imunitas bayi.

 

Waktu Terbaik untuk Si Kecil Mengonsumsi Pepaya

Buah pepaya mengandung beragam nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Memberikan buah pepaya pada bayi melalui MPASI bisa dengan diberikan secara tunggal tanpa campuran buah lainya maupun dicampur dengan berbagai macam buah yang lain. Buah yang cocok dijadikan campuran dengan buah pepaya antara lain buah persik, pisang, alpukat, apel, dan wortel.

 

Moms bisa memberikan buah pepaya sebagai MPASI di samping pemberian sayuran untuk makanan pertama si Kecil ketika usianya sudah mencapai 6 bulan. Di usia tersebut Moms bisa memberikan buah yang cenderung ‘netral’ untuk MPASI si kecil seperti pepaya. Netral yang dimaksud yakni jenis buah yang aman dikonsumsi oleh bayi, tidak mengandung glukosa tinggi, gas tinggi, dan lain-lain.

 

Porsi Pemberian MPASI Buah Pepaya yang Tepat untuk Si Kecil

Ketika ingin mengenalkan buah pepaya untuk bayi, sebaiknya Moms mengenalkannya dengan hati-hati dan perlahan. Moms bisa mulai mengenalkannya dalam jumlah kecil dan kemudian meningkatkan jumlahnya selama beberapa hari berikutnya. Pemberian buah pepaya pada bayi tidak boleh sembarangan. Moms harus memastikan kematangan buah pepaya yang akan diberikan pada bayi.

 

Pastikan buah pepaya sudah cukup matang karena pepaya yang masih mentah dapat menyebabkan si kecil mengalami kram dan sakit perut. Selain itu, Moms harus membatasi jumlah pemberian buah pepaya sebanyak dua sendok makan karena jika terlalu banyak porsinya menyebabkan gangguan pencernaan pada tubuh bayi.

 

 

Bayi berusia 6 bulan memang sudah boleh dikenalkan dengan buah pepaya yang diolah sebagai MPASI dengan catatan si Kecil sudah diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan penuh. Meskipun aman dikonsumsi oleh bayi, akan tetapi Moms tetap harus memperhatikan porsi pemberiannya, jangan sampai terlalu berlebihan karena buah pepaya mengandung serat tunggal inulin yang tinggi.

 

Baik orang dewasa maupun bayi tidak boleh mengonsumsi buah pepaya lebih dari 15 gram dalam sehari karena kandungan seratnya dapat mengakibatkan perut mual dan kembung. Jika terlalu berlebihan, intensitas BAB bayi menjadi lebih sering dan fesesnya menjadi lebih encer. Agar pencernaan si kecil lancar, sebaiknya Moms memberikan sekitar 2-3 ons pepaya saja dalam sehari.

 

Selain memperhatikan porsi pemberian buah pepaya untuk MPASI si Kecil, Moms juga harus selalu melihat bagaimana reaksi si kecil setelah mengonsumsinya. Meskipun kaya akan nutrisi, rasanya manis, dan teksturnya lembut, akan tetapi pepaya merupakan salah satu penyebab alergi pada bayi. Moms harus segera menghentikan pemberian buah pepaya apabila timbul reaksi alergi pada bayi.

 

Manfaat Buah Pepaya untuk MPASI Si Kecil

Selain kaya akan nutrisi, buah pepaya juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Dengan Moms memberikan MPASI buah pepaya pada si Kecil dengan porsi yang tepat, maka si Kecil akan memperoleh beberapa manfaat baik yang didapatkan dari mengonsumsi buah pepaya. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari MPASI buah pepaya untuk si Kecil:

  • Menyembuhkan luka kulit

Kulit bayi masih sangat sensitif dan lembut sehingga bayi kerap mengalami masalah kulit. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah pepaya bisa membuat kulit bayi terlindungi dari beragam permasalahan kulit seperti bisul, luka bakar, maupun luka lainnya. Pulpa atau kulit pepaya bisa dioleskan pada ruam atau luka bakar ringan agar mengurangi rasa panas di kulit.

 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang cenderung lebih lemah dibandingkan dengan orang dewasa. Hal tersebut menyebabkan bayi sangat rentan terhadap penyakit dan infeksi. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga dapat membantu menghindarkannya dari berbagai macam penyakit.

 

  • Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan papain atau enzim dalam buah pepaya berfungsi dalam memecah struktur makanan yang kompleks. Oleh sebab itu para chef restoran banyak yang menggunakan buah pepaya untuk melunakkan daging. Buah pepaya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan pada bayi asalkan Moms memberikan porsi yang tepat, misalnya 2-3 ons per hari.

 

Resep MPASI Buah Pepaya

Dengan tekstur yang lembut, buah pepaya sangat mudah untuk diolah sebagai MPASI. Kandungan nutrisinya memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang dan kesehatan si Kecil sehingga banyak dipilih sebagai bahan makanan MPASI. Moms bisa menyajikannya tunggal maupun dicampur dengan buah lainnya serta yoghurt.

 

Moms bisa mencoba membuat campuran buah dan yoghurt dengan menyiapkan ½ cangkir buah pepaya yang telah dihaluskan, ½ cangkir buah persik atau pir yang telah dihaluskan, dan yoghurt. Cara membuatnya yakni campur semua bahan kemudian ratakan. Selanjutnya tambahkan yoghurt sampai mencapai konsistensi yang diinginkan.

 

Selain buah persik atau pir, Moms juga bisa mencoba menambahkan buah-buahan lainnya yang segar dengan dicincang halus atau menambahkan sereal untuk melengkapi MPASI pepaya. Rasanya yang enak pasti membuat si Kecil doyan makan.

 

Kesimpulannya, buah pepaya adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk dijadikan MPASI. Moms bisa membuat buah pepaya secara tunggal dalam bentuk puree maupun dicampur dengan bahan lainnya dalam bentuk olahan sajian menu yang lain. Buah pepaya sangat cocok dikonsumsi oleh bayi karena mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan si Kecil.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019