Apakah Vitamin E Penting untuk Ibu Hamil?

Saat menjalani proses kehamilan, Moms perlu menjaga kesehatan tubuh karena berpengaruh pada kesehatan bayi. Mengkonsumsi vitamin E adalah salah satu cara untuk meningkatkan kondisi kesehatan. Apa saja manfaat vitamin E untuk ibu hamil? Yuk, Moms, cari tahu disini.

 

Apakah Vitamin E Baik untuk Ibu Hamil?

Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Vitamin E yang diserap baik oleh tubuh akan membantu melindungi jaringan tubuh dari serangan radikal bebas, utamanya yang muncul dari paparan sinar matahari.

Moms, perlu mengkonsumsi makanan bernutrisi dan buah – buahan yang mengandung vitamin E. Kandungan vitamin E sangat baik untuk ibu hamil. Oleh karena itu, di usia kehamilan, sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin tubuh dengan sempurna.  

Vitamin E membantu memberikan perlindungan pada sel – sel tubuh dari radikal bebas dan berbahaya. Selain itu, mengkonsumsi makanan dan buah – buahan yang mengandung vitamin khususnya vitamin E ini dapat mencegah tekanan darah tinggi dan komplikasi saat kehamilan.

Seperti yang Moms tahu, ada begitu banyak sayuran dan buah – buahan yang mengandung vitamin E. Kira – kira makanan apa saja yang baik untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan? Makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi bagi ibu hamil? Cek ulasan berikut ini.

  • Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Bahan makanan yang memiliki kandungan vitamin E yang baik adalah kacang Almond. Apakah Moms tahu bahwa kacang almond mengandung 37% vitamin E hanya dengan mengkonsumsi sekitar 20 biji almond setiap hari?

Selain itu, susu yang terbuah dari Almond juga sangat baik untuk tubuh. Kandungan antioksidan yang ada pada susu mampu memberikan perlindungan yang menyeluruh untuk kulit tubuh. Kandungan poifenol yang ada susu Almond juga sangat baik untuk pertumbuhan si buah hati.

  • Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi buah alpukat sangat baik untuk tubuh. Hanya dengan mengkonsumsi setengah potong buah alpukat, Moms akan mendapatkan asupan gizi vitamin E sebanyak 2 mg. Jumlah ini setara dengan 14% kebutuhan vitamin setiap hari.

Alpukat adalah buah yang sangat baik untuk tubuh karena tidak hanya mengandung vitamin  E tetapi juga mengandung mineral dan nutrisi lainnya. Bila Moms tidak sempat untuk mengkonsumsi buah alpukat maka Moms bisa mengatasinya dengan memasak menggunakan minyak alpukat.

  • Sayur Brokoli untuk Ibu Hamil

Sayur – sayuran sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Kandungan serat dan nutrisi yang ada pada sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh Moms dan sang calon buah hati. Salah satu jenis sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi semasa hamil adalah sayur brokoli.

Moms dapat mengkonsumsi sayuran brokoli dengan cara direbus atau digabung dengan bahan makanan lain. Sayur ini mengandung vitamin sebanyak 4% yang baik untuk tubuh. Gizi yang terkandung pada brokoli baik untuk kesehatan Moms dan calon buah hati.  

Setelah mengetahui beberapa jenis makanan yang terdiri dari kacang – kacangan, buah – buahan, dan sayuran, manfaat apa saja yang bisa Moms dapatkan dari mengkonsumsi vitamin E secara rutin? Yuk, cari tahu dibawah ini Moms!   

 

Manfaat Vitamin E untuk Ibu Hamil

Vitamin E baik untuk ibu hamil. Manfaat vitamin E untuk ibu hamil dapat membantu perkembangan janin dalam rahim. Pada masa awal – awal pembentukan jaringan dan sistem saraf pada embrio, dibutuhkan nutrisi dan vitamin yang tepat.

Jumlah vitamin yang tepat dapat membantu perkembangan tubuh dan otak pada embrio. Selain memberikan efek yang baik untuk janin, vitamin E juga membantu mengatasi anemia pada ibu hamil dan mengurangi resiko terpapar virus dan bakteri.

Vitamin E memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bagi ibu hamil, vitamin E dapat memberikan tambahan nutrisi yang membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Meski demikian, disarankan untuk mengkonsumsi vitamin E secara seimbang agar tidak menimbulkan efek samping.

 

Efek Samping dari Konsumsi Vitamin E Secara Berlebihan

Mengkonsumsi vitamin E memang baik untuk tubuh tetapi bila Moms mengkonsumsi vitamin E tanpa rekomendasi dari dokter, dan dikonsumsi secara berlebih maka bisa menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk tubuh. 

Bila Moms mengkonsumsi vitamin E dalam bentuk pil maka Moms disarankan untuk melakukan konsultasi kepada dokter kehamilan terlebih dahulu. Bila Moms ingin mengkonsumsi vitamin E dari bahan – bahan alami, Moms dapat berkonsultasi dengan dokter nutrisi.

Kadar vitamin E yang dikonsumsi secara berlebihan tanpa panduan dari dokter dapat memberikan dampak yang tidak baik untuk tubuh. Kira – kira efek samping apa saja, ya, Moms yang dapat timbul dari konsumsi secara berlebih? 

 

Vitamin E Berlebih dapat Berpengaruh ke Janin

Kelebihan vitamin E pada tubuh dapat berakibat tidak baik untuk tubuh Moms dan sang calon buah hati. Terlalu banyak mengkonsumsi dosis vitamin E tanpa takaran yang tepat dan dalam jumlah yang banyak maka kandungan yang terlalu tinggi pada tubuh dapat memberikan resiko buruk pada janin.  

Salah satu efek buruk dari konsumsi berlebih adalah adanya kemungkinan janin lahir dengan cacat. Selain itu, konsumsi yang terlalu berlebihan dan tidak seimbang dapat meningkatkan resiko pendarahan otak.

Kemudian, resiko lain dari konsumsi vitamin E berlebih dapat meningkatkan resiko cacat jantung pada bayi. Inilah efek buruk dari konsumsi vitamin E secara berlebihan. Oleh karena itu, Moms, konsumsi vitamin E dengan baik, seimbang, dan aman. 

 

Dukung Perkembangan Janin dengan Konsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan yang bernutrisi dapat meningkatkan perkembangan janin dengan baik. Konsumsi makanan bergizi dan bervitamin yang dikonsumsi secara teratur dapat memberikan efek yang baik untuk pertumbuhan sang calon buah hati. 

Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang disarankan untuk dikonsumsi dengan kadar yang tepat dan seimbang. Kebutuhan vitamin yang tepat dapat meningkatkan kesehatan janin. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi. 

Konsumsi vitamin E yang seimbang dapat mencegah serangan radikal bebas. Kandungan antioksidan yang ada pada vitamin E dapat membantu melindungi jaringan tubuh dari radikal bebas yang dapat berbahaya bagi tubuh dan perkembangan janin.  

 

Efek Baik dari Makanan Bergizi dan Bernutrisi dengan Kandungan Vitamin E

Vitamin E yang dikonsumsi secara teratur dan seimbang dapat membantu terbentuknya sel darah merah dengan baik pada janin. Ibu hamil yang memiliki anemia disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi serta yang memiliki kandungan vitamin E.  

Vitamin E yang tercukup dapat membantu pembentukan sel darah merah sehingga dapat mengatasi anemia. Kebutuhan sel darah merah yang terpenuhi dapat mencegah resiko keguguran. Perkembangan janin akan berjalan dengan baik bila Moms menjaga kesehatan dengan baik.

 

Itulah beberapa efek baik dan manfaat vitamin E untuk ibu hamil yang bias didapatkan dari konsumsi vitamin E dari makanan yang bernutrisi dan bergizi. Konsumsi yang seimbang dapat memberikan efek yang sangat baik untuk tubuh dan tentunya perkembangan janin.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019