Tips Membuat Bayi Semakin Gemuk

Ketika berhadapan dengan bayi yang lucu dan menggemaskan, setiap orang tua tentu akan berharap bahwa bayi yang mereka miliki juga mengharapkan hal yang sama. Semakin usianya bertambah, maka sudah pasti berat badan mereka juga semakin naik namun hal ini kemungkinan terjadi dengan tidak stabil. Ada beberapa hal yang bisa membantu Moms membuat berat badan si Kecil naik, seperti berikut.

Jenis Makanan yang Ampuh untuk Menambah Berat Badan Bayi

Ada beberapa makanan penuh kandungan nutrisi yang bisa Moms coba untuk diberikan pada si Kecil. Semua makanan yang ada di bawah ini penuh oleh lemak baik dan kalori yang bisa membantu proses perkembangan dan pertumbuhan si Kecil.

  • Yoghurt

Yoghurt adalah pilihan yang tepat ketika Moms ingin memberikan makanan yang memiliki tekstur lembut namun tetap memberi manfaat luar biasa pada tubuh si Kecil. Makanan yang satu ini sudah lama terkenal memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat melimpah sehingga mampu membantu tubuh si Kecil untuk semakin gemuk.

Tidak hanya itu saja, namun yoghurt juga bisa dijadikan makanan alternatif ketika si Kecil ingin mengkonsumsi sesuatu yang gampang dicerna. Yoghurt mampu meningkatkan kinerja organ pencernaan si Kecil dan membantu mengatasi permasalahan yang ada di dalam lambung mereka dengan baik.

  • Minyak Zaitun

Selanjutnya ada minyak zaitun yang sudah lama populer sebagai minyak sehat dan mampu menghasilkan berbagai khasiat pada bayi. Hal itu tidak mengherankan sebab minyak zaitun memiliki kandungan kalori dan protein yang begitu kaya dan bisa membuat pertambahan berat badan bayi menjadi lebih optimal.

  • Selai Kacang

Kacang memang terkadang menimbulkan alergi pada anak-anak, namun apabila si Kecil tidak memiliki alergi maka kacang bisa membantu berat badan bayi menjadi lebih banyak. Moms bisa mencoba untuk mengolah kacang ini ke dalam bentuk selai. Dengan begitu, si Kecil bisa melahapnya dengan lebih mudah tanpa takut tersedak.

  • Kacang Polong

Kacang polong merupakan salah satu jenis sayuran yang paling bermanfaat dan mudah untuk dikenalkan pada si Kecil. Kacang polong memiliki kandungan B6, vitamin A, fosfor, vitamin C, magnesium, dan lain-lain. Moms bisa mengolah makanan ini ke dalam bentuk puree atau olahan lainnya yang memang bisa dikonsumsi oleh mulut si Kecil.

  • Kentang

Makanan yang mampu digunakan untuk menambah berat badan yang lainnya adalah kentang. Kentang memang membawa begitu banyak manfaat pada anak, sebab dagingnya bisa dihancurkan dengan mudah. Karbohidrat yang ada di dalamnya termasuk cukup tinggi, sehingga banyak pihak yang beranggapan bahwa kentang sangat cocok untuk digunakan menjadi pengganti nasi.

  • Gandum Utuh

Gandum utuh yang seringkali digunakan untuk makanan MPASI biasanya disajikan ke dalam bentuk bubur. Selain lezat, gandum utuh mampu membantu proses pencernaan bayi agar berjalan dengan lebih lancar sehingga kemungkinan si Kecil terkena sembelit pun bisa dihindari sebisa mungkin. Apabila Moms tidak memiliki waktu banyak, maka belilah kemasan tepung gandum utuh di toko.

  • Oat

Banyak ahli kesehatan yang sudah menguji kekhasiatan oat, dan hasil penelitian mereka telah menunjukkan bahwa oat termasuk ke dalam jenis sumber makanan yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit umum. Oat pun juga sangat ampuh untuk membuat si Kecil agar semakin gemuk namun tidak sampai membuat dia mengalami obesitas.

  • Pisang

Tidak salah lagi, buah yang terkenal karena warna kuning cerahnya ini sangat cocok untuk dikenalkan pada bayi yang sedang berada pada tahap MPASI awal. Pisang memiliki kandungan kalori yang cukup jauh dibandingkan dengan buah yang lain sehingga sangat praktis untuk dijadikan menu MPASI si Kecil.

  • Telur

Telur memiliki tekstur yang gampang dilahap oleh anak kecil, selain itu telur juga memiliki kandungan yang sangat melimpah. Beberapa kandungan tersebut di antaranya yaitu mineral, protein, lemak jenuh, vitamin, dan lain-lain. Seluruh kandungan yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk memaksimalkan proses peningkatan berat badan anak.

  • Alpukat

Terakhir ada buah alpukat yang sudah lama terkenal sebagai buah dengan daging lembut dan berkhasiat. Rasanya yang cukup ringan dan tidak terlalu manis dapat membuat alpukat menjadi menu yang sangat cocok untuk diberikan pada si Kecil yang masih belum bisa membedakan rasa makanan. Kandungan lemak baiknya pun cukup tinggi dan bisa membuat tubuh si Kecil semakin sehat.

Apa Alasan Bayi Tidak Bisa Gemuk?

Bayi memiliki proses pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda, ada yang cepat namun ada pula yang membutuhkan waktu cukup lama untuk membuat badan mereka menjadi gemuk. Selain faktor nutrisi, ada pula beberapa faktor yang bisa menjadi alasan mengapa bayi kesulitan dalam menambahkan berat badannya.

Seorang ahli dari New Canaan bernama Jill Castle mengungkapkan bahwa bayi membutuhkan kandungan lemak yang cukup besar, dan hal itu tidak bisa didapat dengan memberi ASI atau susu formula semata. Mereka harus diberi makanan tambahan yang mampu membantu si Kecil untuk mendapat asupan lemak agar tubuh mereka bisa menyerap vitamin penting dengan lebih baik.

Berapakah Berat Badan Normal bagi Bayi 6 Bulan?

Seiring bertambahnya usia si Kecil, mereka akan semakin mengalami perubahan berat badan yang cukup drastis. Terkadang kita dibuat bertanya-tanya, sebenarnya seberapa besar berat badan normal untuk bayi yang berusia 6 bulan?

Pada dasarnya, bayi dikatakan normal jika mereka lahir dengan berat badan 3 kilogram. Kemudian, pada saat sudah bertambah sekitar 6 bulanan, maka mereka akan dikatakan normal jika berat badannya bertambah sekitar 400 gram.

Apa yang Harus Dikonsumsi Ibu Agar Berat Badannya Bertambah?

Tidak hanya si Kecil saja yang harus diberi makanan bergizi, Moms pun harus bisa menyeimbangkan makanan yang dikonsumsi agar bisa membantu berat badan si Kecil agar semakin bertambah. Beberapa makanan yang bisa Moms konsumsi adalah:

  • Buah berry
  • Salmon
  • Produk susu yang lemaknya rendah
  • Daging sapi yang bebas dari lemak
  • Telur
  • Jeruk
  • Beras merah
  • Kacang-kacangan
  • Dada ayam
  • Sayuran hijau
  • Keju 

Apa Saja Cara Menaikkan Berat Badan Bayi yang Mengkonsumsi Susu Formula?

Terkadang, ada bayi yang lebih cocok untuk diberi susu formula dibandingkan dengan ASI. Hal tersebut akan membuat Moms mencoba cara yang lebih efektif agar berat badan si Kecil bisa lebih terkontrol. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Moms lakukan ketika memberi susu formula:

  • Perhatikan terlebih dahulu komposisi susu formula yang diberikan.
  • Gunakan susu formula yang terbuat dari bahan yang aman untuk dikonsumsi.
  • Pastikan Moms memberi susu secara teratur.
  • Pastikan Moms memberinya hingga si Kecil merasa kenyang.

Bayi yang gemuk dan sehat tentu membuat kita merasa aman dan mereka pun bisa terhindar dari bahaya. Untuk itu, Moms bisa memberikan mereka makanan yang tepat agar berat badan mereka selalu terjaga dan masih berada dalam batas wajar.

 

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019