Resep Puree Buah yang Mudah Dibuat

Resep puree buah adalah salah satu hal yang harus Moms kuasai. Apalagi akan memiliki anak yang memasuki masa pemberian MPASI. Dengan adanya puree buah ini maka anak bisa mendapatkan banyak sekali jenis makanan yang memiliki rasa enak. Jadi mereka tidak akan mengalami kebosanan.

Selama ini banyak sekali orang tua yang jarang memberikan puree dari buah. Pada makanan ini bisa membuat anak jadi semangat untuk makan. Untuk itu coba simak beberapa tips membuat puree buah di bawah ini supaya anak tidak mogok makan atau GTM.

Tips Membuat Puree Buah

Membahas tentang cara membuat puree buah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Dengan menggunakan tipe di bawah ini, Moms bisa membuat buah dalam bentuk lembut yang enak dan disukai oleh anak.

·        Masak Buah yang Keras

Tips pertama yang harus dilakukan adalah dengan memasak terlebih dahulu beberapa jenis buah yang sangat keras. Misal saat akan membuat puree buah apel. Tentu tidak akan langsung dihancurkan begitu saja tetapi dimasak terlebih dahulu di dalam air hingga matang.

Buah yang terlalu keras biasanya memiliki tekstur yang sulit sekali diterima oleh bayi. Meski nantinya sudah dihancurkan dengan food processor kemungkinan besar akan ada tekstur yang sedikit kasar dan membuat anak akhirnya malas untuk mengunyah. Hasilnya makanan itu akan dimuntahkan.

Saat memasak buah diharapkan tidak terlalu lama asalkan makanan itu sudah matang. Setelah itu bisa langsung dihancurkan untuk diolah lebih lanjut sebelum diberikan secara langsung ke bayi.

·        Buah Lunak Langsung Diolah

Pada beberapa buah yang sudah lunak dan mudah sekali dicerna tidak disarankan untuk dimasak dengan cara apapun. Saat direbus atau dibakar terlebih dahulu. Jadi setelah dikupas bisa langsung digunakan untuk membuat puree buah sesuai dengan keinginan.

Buah yang terlalu lembek apabila direbus atau dimasak dengan cara lain akan menjadi terlalu lembek. Bahkan jadi tidak nyaman jika nanti dihancurkan lagi dengan menggunakan food processor. Jadi lebih baik untuk langsung diolah secara segar asalkan sudah dikupas dan dibersihkan.

Beberapa buah yang tidak perlu dimasak terlebih dahulu adalah pisang, kiwi, beberapa buah lainnya. Jadi bisa langsung dihancurkan lalu ditambahkan beberapa bahan. Selanjutnya anak bisa langsung diberikan puree buah itu saat mereka membutuhkan cemilan.

·        Konsistensi yang Meningkat

Konsistensi saat membuat resep puree buah harus diperhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dengan memperhatikan konsistensi dari puree yang awal-awal lebih banyak menggunakan air lalu seiring dengan berjalannya waktu dikurangi perlahan-lahan agar memiliki tekstur yang lebih keras.

Hal ini perlu dilakukan untuk membantu anak meningkatkan kemampuan menerima tekstur. Apabila tekstur tidak ditingkatkan anak akan terbiasa mengonsumsi makanan yang terlalu cair sehingga mereka selalu menolak makanan padat apapun yang diberikan.

·        Pakai Blender untuk Menghaluskan

Saat membuat puree buah disarankan selalu menggunakan blender atau food processor. Hindari memanfaatkan parutan biasa lalu diperas secara langsung. Apabila melakukan cara itu maka tekstur dari puree tidak akan sempurna bahkan sering sekali yang diberikan pada anak hanya airnya saja.

Apabila menggunakan food processor, kemungkinan besar apa yang diterima oleh anak lebih lengkap. Tekstur yang sedikit keras dan mengandung serat akan diterima sehingga pencernaan anak akan terbantu. Tidak akan ada lagi yang namanya anak sulit buang air besar.

Saat menggunakan blender disarankan untuk selalu membersihkan setelah dipakai. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya bekas makanan yang tertinggal di dalam wadah ini. Apabila hal itu terjadi bisa saja mempengaruhi rasa sehingga anak jadi malas untuk makan.

·        Buat dalam Kondisi Segar

Apabila ingin membuat kulit buah disarankan untuk selalu memperhatikan kondisi dari bahan yang dipakai. Meskipun nantinya ada buah yang akan dimasak terlebih dahulu, akan lebih baik jika buah yang dibuat menjadi puree dalam kondisi yang segar.

Apabila dibuat dalam kondisi segar maka tidak akan ada bagian dari buah yang busuk. Selain itu nutrisi dari buah yang nantinya akan dibuat menjadi makanan juga tidak akan berkurang.

Aneka Resep Puree Buah Enak

Berikut beberapa jenis resep puree buah yang bisa dimanfaatkan dicoba untuk diberikan ke anak mulai usia 6 bulan ke atas.

·        Puree Apel

Cara membuat puree apel sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Sayangnya Masih banyak orang yang membuat dengan cara yang salah. Cara yang benar di bawah ini.

Bahan:

  • Apel yang sudah dikupas secukupnya.
  • Susu formula atau ASI.
  • Bubuk kayu manis secukupnya.

Cara Membuat:

  • Kupas terlebih dahulu apel yang memiliki ukuran sedang lalu buang bagian tengahnya.
  • Selanjutnya kukus apel ini sampai matang dan empuk.
  • Masukkan apel yang sudah matang dicampur dengan susu formula atau ASI ke dalam blender.
  • Setelah itu segera hancurkan.
  • Tambahkan bubuk kayu manis jika dibutuhkan.
  • Sajikan secara langsung kepada anak.

●       Puree Pisang

Pisang sering sekali dibuat tidak digoreng karena cukup mudah. Ikuti resep di bawah ini agar pembuatan berjalan dengan lancar.

Bahan:

  • Pisang yang sudah matang dan memiliki rasa manis.
  • ASI secukupnya.
  • Susu formula secukupnya.
  • Air secukupnya.

Cara membuat:

  • Kupas terlebih dahulu pisang lalu masukkan ke dalam blender atau food processor. Setelah itu hancurkan hingga lembut.
  • Tambahkan air untuk mendapatkan tekstur tertentu.
  • Tambahkan juga sedikit ASI dan susu formula.
  • Selanjutnya bisa diaduk lagi hingga merata dan langsung diberikan pada anak dalam kondisi segar.
  • Hindari menyimpan puree ini di dalam kulkas lalu diberikan lagi beberapa jam kemudian karena bisa memiliki perubahan rasa.

●       Puree Mangga

Mangga juga bisa dibuat menjadi puree asalkan diolah dengan tepat. Berikut beberapa cara mengolah mangga.

Bahan:

  • 1 Buah mangga yang manis.
  • Yoghurt secukupnya.

Cara Membuat:

  • Kupas terlebih dahulu mangga yang sudah matang sempurna dan cenderung memiliki rasa manis.
  • Setelah itu bisa dimasukkan ke dalam blender atau food processor. 1 buah mangga cukup untuk membuat puree untuk anak.
  • Hancurkan dan apabila teksturnya sudah sesuai bisa ditambahkan dengan sedikit yogurt.
  • Setelah itu bisa langsung diberikan kepada anak dalam kondisi segar.
  • Apabila ingin memberikannya lagi disarankan untuk membuat lagi dalam kondisi segar dan tidak memasukkannya ke dalam lemari es sisa yang sudah dibuat.

Resep puree buah enak ternyata cukup mudah untuk dibuat. Tidak perlu melakukan banyak hal dan juga menyiapkan banyak bahan. Jadi Moms  bisa membuatnya setiap hari tanpa merasa malas. Akhirnya anak jadi suka sekali mengkonsumsi makanan apapun.

Puree buah yang memiliki rasa segar juga cocok sekali diberikan pada anak yang masih mengalami masalah dengan tekstur pada MPASI-nya.

 

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019