Resep MPASI 7 Bulan yang Mudah Dibuat

Resep MPASI 7 bulan sebenarnya sangat mudah dan tidak perlu dibuat terlalu rumit. Beberapa orang biasanya membuat resep yang menggunakan ide sendiri tetapi akhirnya membuat rasa dan teksturnya tidak sempurna. Akhirnya anak jadi malas untuk makan dan lebih memilih memuntahkannya.

Sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan membuat resep MPASI. Apalagi Si Kecil memang baru pertama kali untuk menerimanya. Harus menerima penyesuaian yang lebih baik dan tidak perlu menggunakan terlalu banyak bahan yang membuat mereka jadi tidak familiar.

Tips Membuat Menu MPASI 7 Bulan

Ada beberapa tips yang harus dilakukan untuk membuat Resep MPASI 7 bulan. Di bawah ini bisa digunakan secara maksimal selalu berubah-ubah seiring dengan usia dari anak.

·        Jangan Pakai Banyak Bahan

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan membuat menu MPASI adalah tidak menggunakan bahan yang terlalu banyak. Artinya Moms bisa menggunakan satu atau dua bahan saja lalu diolah dan dihaluskan sesuai dengan tekstur yang dimiliki oleh anak.

Apabila menggunakan bahan yang terlalu banyak dikhawatirkan rasanya tidak akan sesuai dengan keinginan dari anak. Bisa saja anak malah mengalami mual dan akhirnya muntah karena rasanya yang terlalu tidak enak bahkan membuat mereka jadi trauma.

Sebenarnya tidak masalah jika akan menggunakan protein nabati atau protein hewani yang dicampur. Namun apabila masih berusia 7 bulan lebih baik dikenalkan terlebih dahulu dengan tekstur. Selanjutnya barulah diberikan tambahan protein sesuai dengan kebutuhan.

·        Ketahui Apa yang Disukai

Moms harus mengetahui terlebih dahulu apa yang disukai dan apa yang tidak disukai oleh Si Kecil. Dengan begitu bahan yang nantinya diberikan sebagai makanan pendamping ASI tidak akan membuat mereka menjadi muntah dan akhirnya tidak mau mengkonsumsi makanan lagi.

Biasanya anak suka sekali dengan makanan yang memberikan rasa gurih dan juga manis. Bisa makanan yang memberikan rasa gurih alami adalah berbagai jenis protein hewani seperti ikan atau ayam. Selanjutnya yang memberikan rasa manis adalah beberapa jenis sayuran seperti jagung manis.

·        Tingkatkan Tekstur

Selalu tingkatkan tekstur dari makanan yang nantinya diberikan pada anak sedikit demi sedikit. Saat mereka masih berusia 7 bulan tentu tekstur yang diberikan tidak boleh kasar dan halus halus. Mengapa harus halus? Karena anak baru saja melakukan transisi dari ASI eksklusif ke ASI dengan ada pendamping.

Apabila diberikan makanan yang terlalu kasar dikhawatirkan akan ada refleks yang membuat bayi langsung memuntahkannya. Biasanya refleks ini terjadi secara otomatis. Jadi akan sulit bagi anak untuk menelannya. Bahkan bisa memicu terjadinya tersedak. Apabila menggunakan tekstur yang cukup baik. Kemungkinan anak mengalami tersedak akan kecil.

·        Pahami Alergen Anak

Resep MPASI 7 Bulan  yang nantinya dibuat harus sesuai dengan kondisi kesehatan dari anak. Artinya makanan tersebut tidak akan membuat anak memunculkan gejala alergi seperti gatal ataupun sesak nafas yang cukup mengganggu aktivitas harian mereka.

Untuk mengetahui apakah anak memiliki alergi atau tidak adalah dengan mengetahui kondisi dari orang tuanya. Moms dan suami harus mengetahui apakah kedua belah pihak memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Apabila ada makanan itu harus dihindari terlebih dahulu.

Meski alergi bisa saja tidak muncul pada anak lebih baik menghindari alergen yang bisa berpotensi menyebabkan masalah yang cukup berat. Selanjutnya apabila sudah udah cukup dewasa anak bisa diajak ke dokter untuk melakukan pengecekan alergi sehingga bisa mencegah jenis makanan tertentu.

·        Variasikan Setiap Hari

Selalu variasikan makanan setiap hari, ini sangat penting untuk membuat anak menjadi lebih semangat untuk menerima makanan padat. Bila menu yang diberikan itu-itu saja bisa saja mereka bosan dan akhirnya memuntahkan apa saja yang diberikan.

Contoh Menu MPASI 7 Bulan

Ada banyak sekali contoh Menu MPASI 7 bulan yang bisa dibuat. Berikut beberapa yang cukup direkomendasikan untuk dicoba.

·        Menu MPASI 7 Bulan Buah

Bahan:

  • Satu buah alpukat
  • Satu sendok perasan lemon
  • Yoghurt secukupnya

Cara Mengolah:

  • Pilih terlebih dahulu alpukat yang sudah matang dengan sempurna dan tidak terasa pahit saat dimakan.
  • Kupas terlebih dahulu lalu hancurkan dengan menggunakan blender atau food processor.
  • Apabila sudah hancur bisa ditambahkan perasan lemon secukupnya.
  • Setelah itu tambah juga dengan yoghurt.
  • Campur lagi semua bahan menjadi satu.
  • Lakukan koreksi rasa dan apabila sudah sesuai dengan keinginan bisa langsung diberikan pada bayi.

●       Menu MPASI 7 Bulan Sayuran

Bahan:

  • Kola tau brokoli atau bunga kol

Cara Mengolah:

  • Kupas terlebih dahulu salah satu dari sayuran di atas. Apabila menggunakan brokoli atau bunga kol bisa direndam terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat yang diberi sedikit garam untuk membunuh ulat yang ada di dalamnya.
  • Setelah itu bisa dicuci hingga bersih lalu dimasukkan ke dalam air yang mendidih.
  • Masak hingga benar-benar matang dan empuk.
  • Setelah itu masukkan ke dalam food processor atau Tambahkan unsalted butter untuk memberikan rasa lebih enak.
  • Hancurkan lalu inginkan terlebih dahulu.
  • Setelah Siap bisa langsung diberikan kepada bayi.

Sebagai catatan semua jenis sayuran bisa diberikan asalkan memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu berserat. Selain itu hindari menggunakan sayuran yang memberikan rasa pahit karena bisa membuat bayi menjadi trauma dan akhirnya tidak mau makan.

●       Menu MPASI 7 Bulan Campuran

Bahan:

  • ¼ cup lentil yang terdiri dari campuran beberapa biji-bijian.
  • Tempe atau tahu
  • Kaldu sayuran atau kaldu dari ayam kampung yang mengandung sodium atau garam yang rendah.

Cara Mengolah:

  • Cuci bersih terlebih dahulu lentil yang nantinya akan digunakan sebagai bahan utama.
  • Selanjutnya didihkan terlebih dahulu kabu lalu masukkan lentil ke dalamnya beserta dengan salah satu protein nabati.
  • Masak hingga benar-benar matang lalu diamkan hingga dingin.
  • Setelah itu hancurkan dengan menggunakan food processor lalu siap diberikan kepada anak.

Apabila tidak ingin menggunakan tahu atau tempe bisa memilih protein hewani asalkan tidak menyebabkan alergi pada anak. Misal dengan menggunakan ayam kampung ataupun telur ayam kampung sebagai campuran lain agar memiliki rasa yang lebih bervariasi.

Resep MPASI 7 bulan harus dibuat dengan baik agar anak menerima makanan dengan sempurna. Jadi mereka akan mendapatkan pengalaman pertama yang baik dan akhirnya mau menerima makanan pada secara perlahan-lahan hingga akhirnya bisa makan nasi seperti orang dewasa.

Pemberian makanan pada bayi diberikan secara bertahap seiring dengan berjalannya waktu. Pertama dengan memberikan makanan yang halus. Selanjutnya naikkan teksturnya secara betahap sesuai dengan usia dan kemampuan Si Kecil.

 

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019