Persiapan MPASI Untuk Bayi dan Manfaatnya

Selama 6 bulan pertama kehidupannya, bayi memang disarankan untuk mengonsumsi ASI. Setelah bayi memasuki usia 6 bulan atau lebih, Moms  sudah harus mulai mengatur persiapan MPASI untuk bayi sesuai kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Lantas, apa saja yang dibutuhkan untuk MPASI 6 bulan? Bahan makanan apa saja yang bagus untuk dijadikan makanan padat perdana bagi Si Kecil? Untuk mengetahui persiapan MPASI dan manfaatnya bagi tumbuh kembang Si Kecil, berikut ini penjelasan selengkapnya.

Tanda Bayi Siap Mendapatkan MPASI Perdana

Sebelum memberikan MPASI untuk bayi 6 bulan, pastikan terlebih dahulu apakah Si Kecil sudah siap menerima makanan padat atau belum. Ada beberapa tanda bayi sudah siap menerima makanan pendamping ASI (MPASI) antara lain sebagai berikut ini.

·         Usia Bayi Antara 4 – 6 Bulan

Untuk bisa menerima MPASI perdana, bayi setidaknya sudah berusia 4 bulan atau lebih agar sistem pencernaan Si Kecil siap menerima makanan padat. Di usia ini, sistem pencernaan bayi sudah mulai memproduksi enzim-enzim yang berguna untuk mencerna makanan.

Meski begitu, banyak ahli yang menyarankan untuk memberikan MPASI ketika bayi sudah berusia 6 bulan saja agar sistem pencernaan mereka lebih kuat dan siap menerima makanan padat.

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif sampai usia 6 bulan akan memiliki sistem imunitas yang lebih kuat sehingga meminimalisir risiko alergi, obesitas, diabetes, dan penyakit lainnya.

·         Bayi Sudah Berhenti Menjulurkan Lidah

Setiap bayi pasti sering melakukan kebiasaan mendorong lidahnya keluar dari mulut alias menjulurkan lidah. Kebiasaan ini adalah gerak refleks yang dilakukan oleh bayi untuk mencegah bayi tersedak dengan cara mendorong makanan atau benda-benda padat lainnya agar keluar dari mulut.

Apabila Si Kecil sudah mulai berhenti melakukan gerakan refleks tersebut, berarti tandanya bayi tersebut sudah siap menerima MPASI atau makanan padat. Untuk mengetesnya, bisa dilakukan dengan mencoba meletakkan sepotong makanan bayi (potongan kecil) ke dalam mulut Si Kecil.

Apabila makanan didorong kembali ke luar mulut, hal tersebut menandakan bahwa Si Kecil belum siap menerima MPASI karena refleks menjulurkan lidah masih ada. Namun, jika potongan makanan berhasil ditelan, hal tersebut menandakan kalau bayi sudah siap menerima makanan padat.

·         Sudah Bisa Duduk Tegak

Apabila Si Kecil sudah bisa duduk sendiri dengan kepala dan badan yang tegak tanpa sanggahan, hal tersebut menjadi tanda bahwa bayi siap menerima makanan padat. Dengan begitu, Moms  sudah bisa memulai persiapan MPASI untuk bayi.

·         Bayi Lapar dan Sering Menangis

Ketika bayi merasa lapar, mereka biasanya akan rewel dan sering menangis. Apabila Si Kecil sudah diberi ASI atau susu formula namun tetap rewel, kemungkinan mereka membutuhkan makanan padat atau MPASI.

·         Sudah Mulai Tertarik Dengan Makanan

Ketika ada orang lain yang makan dan Si Kecil terus memperhatikannya, maka menjadi pertanda bahwa mereka sudah mulai tertarik dengan makanan dan siap diberi MPASI.

Persiapan MPASI Untuk Bayi

·         Perhatikan Tekstur Makanan

Ketika bayi akan mendapatkan makanan padat untuk pertama kalinya, sebaiknya berikan Si Kecil satu jenis makanan saja atau menu tunggal berbentuk puree dengan tekstur lembut dan agak cair. Nantinya, setelah beberapa minggu, Moms  bisa membuat puree dengan tekstur yang lebih kental.

Kekentalan dan kepadatan makanan untuk Si Kecil bisa terus ditingkatkan seiring dengan perkembangan keterampilan bayi saat makan.

·         Jangan Tambahkan Garam dan Gula

Untuk membuat MPASI atau puree untuk Si Kecil, sebaiknya hindari penggunaan garam dan gula. Lalu, bahan apa saja yang dibutuhkan untuk MPASI agar aman dikonsumsi bayi?

Moms  bisa menggunakan bahan makanan berupa sayur dan buah yang memiliki rasa manis dan gurih alami seperti alpukat, apel, labu, ubi, kentang, atau bisa juga menggunakan daging ayam dan ikan.

·         Pilih Makanan yang Minim Risiko Alergi

Ketika akan memberikan makanan padat untuk bayi 6 bulan, pilihlah bahan makanan yang tidak menimbulkan alergi. Untuk mengecek apakah bayi memiliki alergi terhadap salah satu jenis makanan, maka bisa dilakukan dengan memberikan makanan tersebut dan perhatikan reaksinya.

Apabila Si Kecil dapat menerima makanan tersebut dan tidak mengalami reaksi alergi seperti gatal atau muntah, berarti makanan tersebut aman dan bisa diberikan kepada bayi secara berulang-ulang.

·         Siapkan Porsi yang Sesuai

Bayi yang baru saja diberi makanan padat sebaiknya dalam bentuk puree yang halus dengan porsi sebanyak 1 – 2 sendok makan bayi saja. Pemberian MPASI ini bisa dilakukan setelah bayi minum ASI atau susu formula.

·         Buat Jadwal MPASI

Persiapan MPASI untuk bayi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan jadwal MPASI. Pemberian MPASI bisa dilakukan sebanyak 1 kali sehari saja dan bisa ditingkatkan seiring dengan bertambahnya usia bayi.

Manfaat MPASI Untuk Bayi 6 Bulan

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) mengatakan bahwa ASI sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan asupan nutrisi bagi bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, bayi 6 bulan ke atas bisa diberi makanan padat atau MPASI. MPASI memiliki banyak manfaat bagi bayi antara lain sebagai berikut.

·         Menambah Berat Badan

Manfaat utama dari pemberian MPASI adalah untuk menambah berat badan bayi. Dengan memberikan makanan padat, asupan nutrisi yang dibutuhkan bayi akan tercukupi dan tumbuh kembang Si Kecil menjadi lebih optimal.

·         Menambah Tinggi Badan

Selain menambah berat badan, MPASI juga bisa membuat Si Kecil tumbuh tinggi. Untuk menambah tinggi badan bayi, berikan MPASI yang mengandung vitamin D, zat besi, protein, dan nutrisi lainnya agar tumbuh kembang Si Kecil lebih optimal.

·         Mencegah Bayi Mengalami Busung Lapar

Manfaat lainnya dari MPASI adalah untuk mencegah busung lapar. Dengan memberikan MPASI yang bergizi, asupan nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil akan tercukupi.

·         Mengoptimalkan Pertumbuhan Tulang

Seiring dengan bertambahnya usia bayi, maka asupan gizi yang dibutuhkan juga ikut meningkat. Dengan memberikan MPASI yang kaya akan kandungan protein, zat besi, dan vitamin D, maka akan membantu pertumbuhan tulang bayi menjadi lebih optimal.

·         Merangsang Pertumbuhan Gigi

Memberikan MPASI untuk bayi usia 6 bulan bisa membantu merangsang pertumbuhan gigi. Pemberian makanan padat ini akan melatih Si Kecil untuk mengunyah, menelan, dan mengenali berbagai tekstur makanan.

·         Menciptakan Kedekatan Antara Ibu dan Anak

Pemberian MPASI untuk bayi 6 bulan dapat membantu menciptakan dan meningkatkan kedekatan antara ibu dengan anak. Momen quality time ini bisa membuat Si Kecil menjadi lebih nyaman dan tidak mudah rewel.

Agar suasana makan semakin menyenangkan dan Si Kecil lebih semangat untuk makan, Moms  bisa menggunakan peralatan makan Dr. Brown’s sebagai langkah awal persiapan MPASI untuk bayi. Ada berbagai produk yang ditawarkan mulai dari mangkok, gelas, hingga sendok garpu.

Dr. Brown’s juga memiliki produk unggulan yaitu botol susu anti kolik dan peralatan bayi lainnya yang bisa didapatkan melalui https://drbrowns.id/ seperti teether, pacifier, humidifier, dan lain sebagainya. Moms  juga bisa bergabung dengan Dr. Brown’s Parents Club untuk berbagi informasi.

 

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019