MPASI Instan vs Homemade

 

MPASI Instan vs Homemade

MPASI merupakan makanan wajib bagi si Kecil sehingga Moms harus mengetahui berbagai kandungan gizi di dalamnya. Namun, banyak Ibu yang masih merasa bingung ketika harus memilih jenis MPASI terbaik bagi bayi. Maka dari itu, Moms harus lebih pintar dalam menyeimbangkan pemberian MPASI yang dibuat sendiri di rumah ataupun dalam bentuk instan.

 

Kelebihan MPASI Homemade dan Instan

Sebenarnya, baik MPASI instan ataupun buatan sendiri di rumah sama-sama memiliki kelebihan dalam penggunaannya. Jadi, Moms diperbolehkan untuk menggunakan kedua jenis MPASI tersebut untuk diberikan pada si Kecil setiap harinya. Namun, World Health Organization menyarankan Moms untuk memberikan lebih banyak MPASI Homemade dengan beberapa alasan berikut ini.

  • Bahan MPASI Mudah Ditemukan

Ketika Moms membuat MPASI di rumah, tentu menggunakan bahan yang didapatkan dari pasar. Ini akan menjadikan si Kecil mulai terbiasa dengan masakan sehari-hari dari rumah yang akan ia konsumsi hingga dewasa nanti. Moms tidak perlu repot lagi karena si Kecil sudah terbiasa dengan menu keluarga yang rutin diberikan.

  • Dapat Memilih Bahan MPASI

Moms mengetahui dengan jelas setiap bahan MPASI yang dimasak dari segi keamanan ataupun kebersihannya. Selain itu, Moms dapat memperkirakan gizi yang masuk pada tubuh si Kecil setiap harinya.

Tidak hanya Homemade, MPASI Instan juga diperlukan oleh si Kecil dengan beberapa kelebihan sebagai berikut.

  • Mudah Menakar Pemberian MPASI

MPASI instan telah dikemas dalam sebuah bungkus yang telah disesuaikan takarannya untuk setiap jam makan si Kecil. Moms tidak perlu repot membagi MPASI ke dalam beberapa wadah untuk setiap waktu makan. MPASI tidak mudah basi karena berbentuk bubuk dan dapat diseduh kapan saja sesuai kebutuhan dengan mudah.

  • Biaya MPASI Tergolong Murah

Harga MPASI instan jauh lebih murah dibandingkan Moms membeli berbagai bahan makanan dan mengolahnya sendiri di rumah. Moms memiliki cara penyajian yang praktis karena tidak menggunakan blender, oven, dan alat lainnya.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan MPASI Instan

Ketika Moms ingin memberikan MPASI Instan pada si Kecil, tentunya harus memperhatikan beberapa hal dalam penyajiannya seperti berikut ini.

  • Sesuai Umur dan Mengandung Banyak Gizi

Sebelum membeli MPASI, Moms wajib melihat terlebih dahulu umur bayi yang diperbolehkan untuk mengkonsumsinya. Diusahakan tidak memilih MPASI berbahan madu jika si Kecil masih dibawah satu tahun. Menurut Australian Dietary Guidelines, sebaiknya Moms memilih MPASI yang mengandung zat besi agar nutrisi si Kecil tercukupi.

  • Tanpa Pengawet dan Pemanis Buatan

Pastikan bahwa dalam kemasan MPASI Instan tidak tercantum bahan pengawet atau pemanis buatan lainnya. Gunakan MPASI yang tidak mengandung bahan penyebab alergi pada si Kecil. Hal tersebut sangat perlu untuk dilakukan agar kesehatan si Kecil tetap terjaga dengan baik meskipun mengkonsumsi MPASI Instan.

  • Perhatikan Expire Date Pada Kemasan

Selain melihat zat yang digunakan, Moms harus memperhatikan tanggal kadaluwarsa pada kemasan MPASI. Ketika MPASI instan ini tidak habis saat dikonsumsi si Kecil, sebaiknya buang seluruh sisa makanan tersebut dan jangan menyimpannya dalam lemari pendingin.

 

 

Tips Memasak MPASI Homemade Terbaik

Moms dapat memberikan MPASI buatan sendiri di rumah dengan beberapa tips tertentu agar si Kecil merasa nyaman saat memakannya. Selain memilih bahan yang bersih, Moms harus memperhatikan beberapa hal penting lainnya seperti berikut ini.

  • Gunakan Bahan yang Mengandung Banyak Gizi

Semua bahan makanan tentu mengandung beberapa gizi di dalamnya. Namun, tidak seluruh gizi tersebut dibutuhkan oleh si Kecil dengan terdapatnya beberapa buah ataupun sayur yang tidak diperbolehkan sebagai bahan MPASI. Moms dapat menggunakan bahan ataupun gizi yang diperlukan selama masa pertumbuhan si Kecil.

  • Kurangi Pemberian Gula ataupun Garam

Moms dapat memilih buah-buahan atau bahan lainnya agar tidak menaburkan garam ataupun gula pada sebuah MPASI. Puree dari buah-buahan tertentu biasanya akan menghasilkan rasa manis alami yang aman dikonsumsi si Kecil.

  • Gunakan Peralatan Makanan Khusus

Selain bahan, peralatan makan yang tersedia khusus untuk si Kecil ini sangat diperlukan. Pastikan bayi tidak menggunakan sendok ataupun bowl yang sama dengan anggota keluarga lainnya. Moms dapat menggunakan peralatan makan bayi terbaik dari Dr. Brown’s yang aman untuk si Kecil.

 

Berikan Bentuk MPASI yang Bervariasi

Setelah mengetahui beberapa keunggulan serta cara penyajiannya, Moms dapat memberikan kedua jenis MPASI ini secara bergantian. Hal ini akan membuat si Kecil senang karena ia dapat menerima MPASI yang bervariasi setiap harinya. Inilah beberapa cara dalam penyajian kedua MPASI tersebut.

  • Sajikan MPASI Instan bersama Buah Favorit Si Kecil

Selain memasukkan daging, Moms dapat menambahkan beberapa buah favorit si Kecil pada MPASI instan seperti alpukat ataupun pisang. Penambahan beberapa buah ini dapat menambah rasa pada MPASI yang tidak mengandung pemanis buatan di dalamnya.

  • Campurkan Sereal Dengan Yoghurt Buatan Sendiri

Perlu diketahui bahwa Moms tidak diperbolehkan mencampur sereal dengan susu formula jika si Kecil belum masuk usia satu tahun. Sebaiknya Moms memasak yoghurt buatan di rumah yang akan dicampur dengan sereal favorit si Kecil.

 

Kekurangan Penyajian MPASI dalam Satu Bentuk

MPASI bentuk instan ataupun Homemade sebaiknya diberikan secara bergantian ataupun melakukan pencampuran bahan di dalamnya. Hal ini dilakukan karena terdapat beberapa kekurangan jika Moms hanya menyajikan MPASI dalam satu bentuk saja. Untuk kekurangan pemberian MPASI instan secara terus menerus adalah sebagai berikut.

  • Bayi Tidak Ingin Belajar Makan dan Mengunyah

Pemberian MPASI instan akan membuat si Kecil malas untuk belajar mengunyah bubur karena terbiasa makan dalam bentuk puree. Si Kecil hanya ingin menelan MPASI dengan cepat tanpa harus menggigitnya terlebih dahulu.

  • Rusaknya Gigi atau Bahaya Lainnya

Terlalu sering memberikan MPASI instan dapat menjadikan gigi si Kecil rusak karena jarang digunakan untuk mengunyah. Terdapatnya pewarna atau pengawet berbahaya pun akan membuat tubuh si Kecil mengalami berbagai masalah.

Meskipun dibuat di rumah, MPASI Homemade memiliki beberapa kekurangan jika diberikan secara rutin. Kekurangan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Lamanya Waktu Penyajian

Moms tentu akan lebih sibuk setiap harinya jika memasak MPASI Homemade secara rutin. Banyaknya proses pengolahan bahan akan memerlukan waktu berjam-jam yang membuat Moms kesulitan melakukan aktivitas lainnya.

  • Hilangnya Kandungan Gizi

MPASI Homemade bahkan akan kehilangan seluruh kandungan gizi ketika salah dalam teknik memasak atau pengolahannya. Beberapa sayuran atau buah yang mengandung pestisida akan menjadikan MPASI kurang sehat. Hal tersebut membuat Moms tidak mengetahui secara pasti nutrisi yang masuk ke dalam tubuh si Kecil.

 

Itulah beberapa informasi mengenai pentingnya menyeimbangkan pemberian MPASI pada si Kecil. MPASI instan ataupun Homemade sama-sama memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Sehingga akan lebih baik jika Moms menyajikannya secara bergantian ataupun mencampurkan beberapa bahan dari kedua MPASI. Si Kecil pun akan merasa senang karena kelezatan rasa yang dihasilkan MPASI.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019