Cara Penyajian Sayuran Hijau untuk MPASI

Sayuran memiliki kandungan mineral dan multivitamin yang sangat penting dan dibutuhkan untuk pertumbuhan serta perkembangan bayi. Oleh sebab itu, menyajikan sayuran hijau untuk MPASI pada bayi yang usianya sudah mencapai 6 bulan atau lebih adalah hal yang bagus.

Menurut keterangan di situs Parents, disebutkan bahwa semakin banyak buah serta sayur yang dikonsumsi oleh bayi sebelum usianya mencapai 1 tahun, maka semakin besar kemungkinannya bayi tersebut tidak pilih-pilih makanan setelah usianya mencapai 6 tahun.

Sayuran Apa Saja yang Baik Untuk MPASI?

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menerangkan bahwa bayi yang usianya 6 – 24 bulan mulai dikenalkan dengan MPASI atau Makanan Pendamping ASI di samping pemberian ASI yang terus dilanjutkan hingga usianya mencapai 2 tahun.

Akan tetapi, MPASI harus diberikan secara bertahap pada Si Kecil, mulai dari yang halus, lembut hingga makanan yang sama seperti yang dimakan anggota keluarga lainnya. Pemberian MPASI secara bertahap ini harus menyesuaikan dengan usia Si Kecil.

Lalu apa saja MPASI pertama? Untuk ini jawabannya beragam namun umumnya bisa berisi makanan pokok dengan sayur, buah dan lauk hewani. Kemudian untuk jenis sayuran yang aman untuk masa awal MPASI, daftarnya sebagai berikut.

·         Kacang dan Lentil

Lentil serta kacang-kacangan adalah jenis sayuran yang kaya protein, folat, zinc dan zat besi yang tentunya bagus untuk tumbuh kembang Si Kecil. Agar lentil dan kacang ini ramah untuk bayi, sebaiknya rendam dulu dalam waktu yang lama atau kalau bisa semalaman.

Baru setelah itu bilas dan tiriskan lalu masak sampai benar-benar lunak. Khusus untuk lentil merah, Moms tidak perlu merendamnya terlalu lama mengingat lentil merah bisa matang dengan cepat.

·         Brokoli

Salah satu sayuran hijau dan termasuk makanan super ialah brokoli. Dalam brokoli terdapat kandungan vitamin C, beta karoten, kalium, zat besi, fitonutrien anti kanker serta asam folat. Untuk mengolahnya, brokoli dapat dikukus atau bisa juga dimasak menggunakan microwave.

Sedangkan untuk merebusnya kurang begitu disarankan karena dapat berdampak pada berkurangnya setengah kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Kalau ternyata Si Kecil kurang begitu suka dengan rasanya, sayuran satu ini bisa dicampur dengan sayuran lain dengan citarasa manis.

Bagi Si Kecil, brokoli akan membantu menyehatkan pencernaannya, membantu pembentukan jaringan tulang dan tubuh, sebagai antioksidan dan sekaligus memaksimalkan kandungan protein dalam makanan.

·         Bayam

Bayam juga termasuk sayuran yang baik untuk diberikan pada Si Kecil, Moms. Jika awal mengenalkannya pada bayam, wajar bila bayi menunjukkan rasa tidak suka. Namun sebaiknya Moms membiasakannya untuk mengkonsumsi bayam karena bayam baik untuk kesehatannya.

·         Buncis

Buncis diketahui mengandung zat besi, vitamin K, vitamin C, vitamin A, sodium dan serat yang membuatnya bisa dijadikan pilihan saat akan menyajikan MPASI bagi Si Kecil. Dengan kandungan tersebut, buncis akan membantu melancarkan saluran pencernaan Si Kecil.

Selain itu, buncis juga akan meningkatkan fungsi tulang dan meningkatkan perkembangan kognitif. Tidak hanya bagus dikonsumsi oleh bayi, buncis juga bagus dikonsumsi oleh orang dewasa. Jadi, jangan dilewatkan ya Moms.

Cara Menyajikan Sayuran Hijau untuk MPASI Usia 7 Bulan

Sayuran hijau memang bagus untuk kesehatan Si Kecil. Akan tetapi, cara penyajiannya harus diperhatikan dengan betul. Pasalnya, tekstur MPASI untuk bayi yang usianya 6 bulan akan berbeda dengan tekstur MPASI untuk bayi yang usianya sudah 1 tahun atau lebih.

Selanjutnya mengenai  cara menyajikan sayuran hijau untuk MPASI bagi bayi yang usianya sudah 7 bulan adalah sebagai berikut.

·         Nugget Bunga Kol Panggang

  1. Siapkan berbagai bahan yang diperlukan, antara lain:
  • Daun bawang segar segenggam
  • Telur 1 butir
  • Tepung panir 200 gram
  • Keju cheddar parut 120 gram
  • Bawang putih 5 siung
  • Kembang kol 1 saja yang ukuran kecil sampai sedang
  1. Campurkan bawang putih dan daun kol dengan minyak zaitun.
  2. Panggang kedua bahan ini di dalam oven kurang lebih selama 20 menit hingga 25 menit atau sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan dan bagian tepinya terasa renyah.
  3. Biarkan bahan ini dingin sejenak.
  4. Untuk sisa bahan lainnya dimasukkan ke dalam blender atau food processor dan pastikan membentuk adonan yang tidak terlalu lembek, namun cukup lembab sehingga dapat menempel di tangan.
  5. Dinginkan bahan tersebut dalam kulkas selama beberapa jam hingga terasa benar-benar dingin.
  6. Kembali panaskan oven lagi sampai dengan 200 derajat Celcius.
  7. Ambil kertas roti untuk dijadikan pelapis loyang lalu oleskan sedikit minyak zaitun di atasnya.
  8. Gunakan tangan untuk membentuk adonan Ukurannya sebenarnya tergantung selera, namun pastikan supaya Si Kecil tidak kesulitan saat memegang dan menggigitnya nanti.
  9. Sapukan minyak zaitun ke dalamnya di bagian atas nugget lalu panggan ke dalam oven kira-kira selama 15 menit baru angkat.

·         Keju Kembang Kol

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:
  • Mentega ½ ons
  • Tepung garut 2 sendok teh
  • Keju parut ½ gelas
  • Susu ¾ gelas
  • Kuntum bunga kol ¾ gelas
  1. Lunakkan kembang kol dengan cara dikukus selama kurang lebih 10 menit.
  2. Lelehkan mentega dalam panci kecil untuk membuat saus kejunya. Tambahkan tepung garut lalu masak sebentar.
  3. Masukkan susu dan keju ke dalam panci, jangan lupa diaduk-aduk supaya semua bahan tercampur merata dan saus keju mengental.
  4. Masukkan kembang kol tadi ke dalam saus keju, aduk-aduk sebentar dan matikan api. Dinginkan MPASI keju kembang kol ini lalu sajikan pada Si Kecil.

 

·         Patty Ayam dengan Sayuran Hijau

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, antara lain:
  • Sayuran rebus yang terdiri atas kembang kol, wortel, selada dan kacang polong ½ cangkir
  • Kentang rebus 1 buah, dihaluskan
  • Bawang merah 1 butir, dipotong dadu
  • Lada hitam ¼ sendok teh
  • Garam ½ sendok teh
  • Daging ayam giling 100 gram
  1. Campurkan lada hitam dan ayam giling.
  2. Lumasi tangan lalu bagi adonan tersebut menjadi 4 bagian. Masing-masing bagian dibentuk menjadi seperti roti bundar lalu ratakan menggunakan kedua telapak tangan.
  3. Panaskan wajan menggunakan api sedang, tuangkan minyak secukupnya lalu tumis bawang merah.
  4. Masukkan roti di atas tumisan bawang merah tadi lalu masak kurang lebih antara 3 menit hingga 4 menit di kedua sisinya. Sebaiknya permukaan wajan jangan dipenuhi karena ini hanya akan membuat proses pematangan menjadi lambat.
  5. Angkat patty ayam ini lalu letakkan di atas tisu supaya minyak sisa menggoreng bisa ikut terserap.
  6. Potong patty ayam menggunakan cetakan lalu susun di atas piring yang sebelumnya sudah dihias dengan daun selada.
  7. Tata sayur rebus yang telah dipotong di atas patty ayam agar rasanya lebih bervariasi.

Bagaimana Moms, ingin menyajikan sayuran hijau untuk MPASI yang mana? Atau Moms punya kreasi sendiri? Boleh juga dibuat sekarang lalu sajikan untuknya. Akan tetapi, dalam penyajiannya nanti pastikan untuk menggunakan peralatan yang aman dan ramah untuk Si Kecil ya.

Supaya Si Kecil tidak kesulitan dan tidak enggan untuk makan. Ada baiknya Moms menggunakan Silicone Starter Spoon dari Dr. Brown’s saat memberikan MPASI ini pada Si Kecil. Sendok ini akan membantu melegakan gusi yang nyeri selama masa MPASI.

Atau Moms bisa juga menggunakan TempCheck Spoon yang dapat berubah warna ketika terdeteksi suhu panas. Dengan begini Moms dapat menyajikan MPASI yang tidak membakar mulut Si Kecil. Dr. Brown’s masih punya banyak produk lainnya yang bisa dipilih loh Moms.

Kunjungi saja website  https://drbrowns.id untuk mendapatkan informasinya. Selain itu, semua produk botol susu dari Dr. Brown’s dibuat dari bahan yang aman untuk Si Kecil ya, jadi Moms tidak perlu ragu lagi untuk mengoleksinya di rumah.

 

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019