Buah Bit untuk MPASI Si Kecil

 

Buah Bit untuk MPASI Si Kecil

 

Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang direkomendasikan oleh IDAI untuk diolah sebagai makanan MPASI. Beragam jenis sayuran tersedia di pasaran, namun ada beberapa sayuran yang belum boleh diberikan untuk bayi berusia di bawah 1 tahun. Buah bit termasuk jenis sayuran yang mengandung beragam nutrisi dan boleh diberikan pada si Kecil ketika usianya menginjak 8 bulan.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Bit

Buah yang memiliki nama latin beta vulgaris ini mengandung beragam nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi. Buah bit mempunyai berbagai kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, zat besi, kalsium, vitamin B kompleks, vitamin K, vitamin E, vitamin C, kalium, dan magnesium. Kandungan vitamin dan mineral tersebut sangat baik untuk tubuh bayi.

Buah bit kaya akan kandungan magnesium, zat besi, folat dan vitamin C yang berfungsi dalam menjaga kesehatan tubuh si Kecil. Warna merah pada buah bit yang kuat dihasilkan oleh adanya kandungan betacyanin yang merupakan antioksidan dan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Buah bit juga merupakan sumber serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Buah bit juga memiliki kandungan nitrat dalam jumlah tinggi sehingga Moms harus mengetahui kapan buah bit boleh diberikan pada si Kecil dan seberapa takaran yang tepat. Kandungan nitrat yang tinggi dalam buah bit dapat menyebabkan methemoglobinemia atau kelainan darah yang bisa mengganggu sirkulasi oksigen dalam darah si Kecil jika diberikan di waktu dan takaran yang tidak tepat.

Kapan Bayi Boleh Diberi MPASI Buah Bit?

Sebelum Moms mulai mengenalkan buah bit pada si Kecil, Moms wajib tahu kalau buah bit baru boleh diberikan ketika si Kecil memasuki usia 8-10 bulan. Karena buah bit memiliki kandungan nitrat yang tinggi dan dapat menyebabkan sistem pencernaan bayi menjadi sulit untuk mencerna, maka Moms disarankan untuk menyajikan olahan buah bit dalam 1-2 sendok teh dahulu.

Ketika usia bayi memasuki 1 tahun, Moms baru boleh menambahkan porsi MPASI buah bit lebih banyak dari sebelumnya. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah Moms harus memberi jeda pemberian MPASI buah bit selama 4 hari saat si Kecil pertama kali diberikan buah tersebut. Hal ini dilakukan supaya Moms bisa memantau ada atau tidaknya reaksi alergi ketika bayi mengonsumsinya.

Memberikan buah bit pada si Kecil yang masih berusia di bawah 6 bulan dapat menyebabkan hilangnya sel-sel darah janin yang melekat pada bayi hilang. Oleh karena itu, Moms sebaiknya memberikan MPASI buah bit ketika si Kecil sudah terbiasa dengan makanan padat, usia 8 bulan adalah usia paling tepat untuk memberikan MPASI dari bahan buah bit.

Awal kali si Kecil dapat menerima makanan padat yakni ketika memasuki usia 6 bulan dimana lambung bayi di usia tersebut menjadi asam dan resiko hilangnya sel-sel darah janin jauh lebih menurun. Buah bit aman dikenalkan untuk bayi setelah Moms mengenalkan makanan padat yang lain terlebih dahulu. Sehingga si Kecil sebaiknya mengenal makanan lain dahulu sebelum mengenal buah bit.

Tips Mengenalkan MPASI Buah Bit pada Bayi

Ketika awal memberikan MPASI buah bit, Moms bisa mencampurnya dengan bahan makanan lain seperti kentang dan wortel supaya rasa buah bit yang khas seperti tanah dapat tersamarkan. Jika Moms memberikan buah bit pertama kalinya pada si Kecil tanpa campuran sayuran lain, besar kemungkinan si Kecil tidak akan menyukainya karena aroma buah bit sangat kuat.

Untuk mengurangi kandungan nitrit yang terdapat dalam buah bit, Moms harus mengupas kulitnya, mencuci bersih buah bit dengan air mengalir, kemudian merebusnya hingga tekstur buah bit menjadi lunak. Sebelum memberikannya pada si Kecil, Moms harus memasak buah bit terlebih dahulu. Hal ini bisa membuat bayi mendapat beragam khasiat buah bit dan tidak mengonsumsi nitrat terlalu banyak.

Buah bit atau beetroot merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai berbagai khasiat dan manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Biasanya, buah bit dimasak, dipanggang atau direbus seperti jenis sayuran lainnya. Buah bit juga biasanya dijadikan sebagai tambahan dalam beberapa salad. Namun, Moms tetap harus membatasi jumlah pemberian buah bit pada si Kecil sebelum usia 1 tahun.

 

Cara Mengolah Buah Bit untuk MPASI

Ketika masih mentah, buah bit mempunyai tekstur yang keras. Moms dapat mengolahnya dengan cara dikukus, dimasak, direbus, atau dipanggang. Agar rasa manisnya keluar, Moms dapat memanggangnya terlebih dahulu selama 40-60 menit di dalam oven. Buah bit panggang menjadi favorit si Kecil karena ada rasa manis yang keluar dan rasa khas tanahnya menjadi tidak begitu terasa.

Moms juga tidak perlu repot mengupas buah bit karena Moms bisa mengukus atau merebus buah bit yang sudah dibersihkan sebelumnya selama 30-40 menit. Apabila buah bit sudah matang dan empuk, Moms dapat membersihkan kulitnya dengan cara diusap menggunakan tisu dapur atau tangan. Setelah buah bit matang dan empuk, Moms bisa mengolahnya menjadi salad, puree atau campuran sup.

Khasiat MPASI Buah Bit untuk Si Kecil

  • Menyehatkan mata

Buah bit mengandung zeaxanthin dan lutein yang dapat membantu kemampuan penglihatan si Kecil semakin sempurna. Karena mata sebagai indera penglihatan memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang bayi. Sehingga buah bit dapat dipilih sebagai asupan nutrisi agar kedua mata si Kecil selalu sehat dan penglihatan semakin jernih.

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Ketika bayi mengalami pilek atau badan sedang kurang sehat, buah bit merupakan sayuran yang direkomendasikan untuk dijadikan MPASI. Karena kandungan antioksidan dan vitamin C pada buah bit memiliki kemampuan dalam menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit yang dapat mengganggu proses tumbuh kembang si Kecil.

  • Mengurangi resiko anemia

Bayi yang kekurangan zat besi dapat mengalami resiko anemia yang bisa mengancam kesehatan bayi. Oleh karena itu, Moms bisa mencegahnya dengan memberikan MPASI buah bit karena memiliki kandungan zat besi tinggi di dalamnya. Zat besi dalam buah bit dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan memproduksi sel-sel darah merah.

  • Memperbaiki saluran pencernaan

Buah bit mengandung serat dan vitamin C sehingga memberikan buah bit sedikit saja dapat membantu melancarkan saluran pencernaan si Kecil. Jika saluran pencernaannya tidak bermasalah, maka bayi akan terhindar dari resiko sembelit. Oleh karena itu, Moms perlu memasukkan buah bit ke dalam menu MPASI si Kecil.

Kesimpulannya, buah bit boleh diberikan untuk si Kecil ketika usianya sudah mencapai 8 bulan. Karena buah bit mengandung nitrat yang tinggi, maka Moms sebaiknya memberikannya dengan jarak selama 4 hari sebelum memberikan MPASI buah bit lagi. Buah bit memiliki beragam khasiat yang bermanfaat untuk tumbuh kembang si Kecil.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019