6 Penyebab Kelainan Rahim Sulit Hamil dan Tips

Memiliki keturunan dan hadirnya buah hati membuat hubungan setelah pernikahan menjadi impian pasangan suami istri. Tetapi harapan dan impian tersebut terkadang sulit untuk diwujudkan, karena mengalami kondisi kelainan rahim yang bikin sulit hamil. Salah satunya penyebab serius yang membuat kehamilan akan sulit adalah infertilitas.

Gejala infertilitas ini tidak dapat disembuhkan. Untuk memastikan kondisi kesehatan mom, alangkah lebih baik untuk langsung periksakan kondisi kesehatan rahim, sehingga mengetahui kelainan rahim yang bikin sulit hamil. Berikut ini ada beberapa gangguan rahim yang menyebabkan sulit hamil yang perlu diketahui, yuk simak ulasannya mom.

 

1. Gangguan Fibroid Rahim

Gejala yang ada timbul adanya pertumbuhan sel yang tidak normal pada area rahim, kondisi ini dikenal sebagai uterus fibroid, fibromioma, dan miom. Gangguan ini biasanya muncul atau tumbuh pada beberapa area luar dinding pada rahim. Sehingga mom perlu waspada dan memperhatikan kondisi area sekitar kemaluannya.

Terdapat beberapa gejala yang terjadi apabila terjadi gangguan fibroid ini, gejala tersebut bermacam-macam dan yang paling sering atau gejala umumnya adalah merasakan sensasi nyeri yang luar biasa ketika mengalami menstruasi. Apabila mom sering merasakan gejala tersebut langsung periksakan ke dokter kandungan dan nantinya akan dicek menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk informasi selengkapnya.

 

2. Gangguan Hidrosalping

Penyebab penghambatan kehamilan berikutnya adalah adanya gangguan pada pembengkakan saluran tuba falopi. Kondisi ini menyebabkan toksik akan bercampur nanah, karena terjadi akibat infeksi kronis pada saluran indung telur. Paling umum terjadi gejala ini diakibatkan oleh penyakit gejala menular.

Beberapa gangguan yang disebabkan oleh hidrosalping ini membutuhkan proses yang relatif panjang, pastikan mom harus menjaga dan memperhatikan kondisi rahimnya.

 

3. Gangguan Endometriosis

Endometriosis dapat dikatakan juga sebagai salah satu penyebab gangguan sulit hamil, karena hampir 50 persen wanita yang mengidapnya akan sulit untuk mendapatkan keturunan. Kondisi ini diakibatkan oleh jaringan untuk melapisi rahim tersebut tumbuh pada area luar rahim, sehingga membuat kehamilan akan sulit untuk didapatkan.

Gejala umum yang sering terjadi apabila mengalaminya itu biasanya akan merasakan kesakitan atau kram saat menstruasi, darah yang keluar relatif banyak, dan durasi menstruasi sangat lama, bahkan muncul beberapa gejala mual. Gangguan ini juga mengakibatkan permasalahan pada kandung kemih dan usus, serta saat melakukan hubungan intim akan terasa sakit.

 

4. Terdapat Gangguan Pada Mulut dan Leher Rahim

Adanya penyumbatan pada mulut dan leher rahim mengakibatkan akan sulit untuk mendapatkan keturunan. Hal ini disebabkan oleh lendir yang ada pada mulut rahim tidak seperti biasanya atau normal. Sehingga mengakibatkan penyumbatan dan sperma terhambat untuk masuk ke rahim, karena adanya lendir yang terlalu cair atau kental.

Permasalahan ini dapat untuk diobati dengan langsung diperiksakan pada dokter kandungan , sehingga akan ada tindakan medis yang dapat dilakukan. Tetapi jika permasalahannya terjadi pada bentuk rahimnya, tentunya harus melakukan proses pembedahan agar kondisi rahim dapat kembali normal dan membuat saluran sperma dapat langsung menuju rahim.

 

5. Gangguan Infertilitas

Beberapa penyebab gangguan sulit untuk hamil tidak hanya pada wanita, tetapi mom harus memperhatikan dan melakukan komunikasi yang baik dengan pasangannya. Karena gejala sulitnya mendapatkan keturunan bisa jadi dari ketidaksuburan (infertilitas) pada pria. Penyebab seperti ini hampir 30 persen terjadi pada pria, sehingga perlu untuk memperhatikannya.

Penyebab yang sering terjadi dan mengakibatkan sulit untuk mendapatkan keturunan itu terjadi pada gerak sperma yang rendah, genetik, penyakit tertentu, psikologis, dan pengaruh dari pola hidup yang tidak sehat. Dengan demikian penting untuk melakukan konsultasi dan bimbingan kepada dokter kesehatan dan kandungan untuk cepat dalam mendapatkan keturunan.

 

6. Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup yang sembarangan dan tidak sehat memberikan sumbangsih besar dan menyebabkan sulit untuk hamil. Beberapa kegiatan atau kebiasaan tersebut seperti sering konsumsi minuman alkohol, merokok, dan narkoba. Tentunya ini salah satu penyebab yang membuat sulit untuk hamil.

Kandungan pada rokok dan minuman alkohol akan menyebabkan pembuahan akan mengalami penurunan, lalu menggunakan narkoba atau obat-obat terlarang menyebabkan gerak dan jumlah sperma akan menurun. Tentunya mom harus memperhatikannya dan menjaga pola hidup yang sehat bersama pasangan agar mendapatkan momongan.

 

Tips Menjaga Rahim Tetap Sehat

1. Jangan Lama Duduk

Terkadang beberapa pekerjaan membuat banyak aktivitas yang mengharuskan untuk duduk, tetapi tetap untuk rutin berdiri dan melakukan jalan ringan. Karena apabila mom terlalu lama dalam duduk membuat organ reproduksi tidak baik dan mengalami beberapa gejala atau gangguan kesehatan nantinya.

Penyebab dari duduk terlalu lama mengakibatkan aliran darah terhambat, terutama pada daerah panggul. Jika kegiatan ini terus dilakukan dalam waktu yang lama, maka dinding rahim akan mengalami penebalan dan menyebabkan endometriosis. Dengan demikian penting untuk mengatur berdiri dan bergerak, meskipun di tengah kesibukan pekerjaan.

Tidak perlu waktu yang begitu lama dalam melakukannya, pastikan setiap satu jam sekali melakukan perenggangan dengan berdiri dan jalan ringan selama 5 menit saja.

 

2. Mengatur Pola Makan

Memilih makanan sehat yang bernutrisi dan bergizi akan mendapatkan banyak manfaat, bahkan untuk tetap menjaga rahim tetap selalu sehat dan subur. Apabila mom ingin terus menjaga kesehatan rahim dapat memenuhi beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan, untuk memenuhi kebutuhannya dengan asam folat dan beta karoten.

Beberapa nutrisi tersebut dapat Anda temukan atau dapatkan pada asparagus, brokoli, wortel, dan gandum. Mom juga dianjurkan untuk konsumsi buah jeruk, sereal, dan roti untuk memenuhi kebutuhan lainnya, seperti vitamin C dan E. Bahkan, beberapa ahli kesehatan memberikan rekomendasi terbaik dengan rutin konsumsi sayuran hijau agar rahim tetap sehat.

 

3. Tidak Menunda Buang Air Kecil

Usahakan untuk tidak menunda dalam membuang air kecil, karena menahan urine dalam jumlah yang besar akan mengakibatkan infeksi. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang menumpuk, sehingga infeksi tersebut akan menjalar ke vagina, karena bakteri dan racun yang terdapat pada urine akan kembali diserap dan memicu munculnya beberapa penyakit.

Sering menunda dalam membuang air kecil akan membuat kantong kemih membesar, sehingga menyebabkan tekanan pada rahim. Jika terus berlangsung dalam waktu yang relatif lama akan membuat posisi dari rahim akan bergeser dan berpindah dari posisi seharusnya. Untuk itu jangan sering menunda buang air kecil, karena akan menyebabkan beberapa penyakit muncul.

 

4. Hindari Begadang

Mengatur pola tidur dan menghindari kegiatan begadang akan membuat hormon dalam tubuh akan stabil, sehingga akan berpengaruh pada hormon reproduksi. Dengan begitu membuat fungsi rahim akan lebih sehat dan kondisi prima. Jika terpaksa harus begadang, pastikan untuk tidak dilakukan terlalu sering dan mengatur pola tidur yang baik antara 7-8 jam per harinya.

 

Beberapa gejala kelainan rahim yang bikin sulit hamil tentu ada jalan keluarnya, apabila mom dan pasangan lebih dari satu tahun dan rutin melakukan hubungan seks, tetapi belum ada hasilnya tidak perlu menunggu lama untuk konsultasi dan pemeriksaan pada dokter kandungan.

Lifestyle_Options_Bottle_Wide-Neck_O16A8869
Apa itu Dr. Brown's Options™ Bottle?
Tips Menyendawakan Bayi
Lifestyle_Gia_Blue_Elephants_O16A1167
5 Tips Memilih Kantong ASI Terbaik 2019